"Keputusan adalah kunci yang membuka pintu menuju masa depan."Â
Begitulah pepatah yang menggambarkan betapa pentingnya pengambilan keputusan dalam kehidupan kita. Dari keputusan sederhana sehari-hari hingga keputusan strategis dalam bisnis, proses pengambilan keputusan melibatkan serangkaian tahapan yang kompleks dan mendalam.Â
Terutama bagi seorang manajer, Seorang manajer tidak hanya diharapkan untuk membuat keputusan yang tepat, tetapi juga mampu memahami tahapan-tahapan kritis yang melandasi proses pengambilan keputusan yang efektifÂ
Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 6 tahapan dalam pengambilan keputusan yang tidak hanya relevan dalam konteks bisnis, tetapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Â
Mari kita mulai menyelami kisah di balik setiap keputusan yang kita buat, dan mengungkap rahasia di balik proses pengambilan keputusan yang bijaksana.
1. Pemahaman dan Perumusan Masalah
Jika seorang manajer akan memperbaiki situasi, maka manajer harus mampu menemukan masalah apa yang sedang terjadi, kemudian menentukan bagian masalah yang harus dipecahkan, para manajer sering kali mengindentifikasi gejala masalah, bukan penyebab yang mendasar.Â
terdapat cara mudah untuk mengidentifikasi masalah salah satunya adalah dengan cara sebab-akibat,
dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut, dapat membantu kamu untuk mengindetifikasi masalah :
- kenapa masalah ini bisa muncul?
- siapakah pelakunya?
- bagaimana masalah ini bisa muncul?
setelah kita mengidentifikasi masalah kita bisa berkonsultasi dengan pihak lain yang mampu memberikan pandangan dan wawasan tentang masalah yang sedang kita dialami
2. Pengumpulan dan Analisi Data Yang RelevanÂ
setelah menentukan dan merumuskan masalah, manajer harus mulai menentukan data apa yang akan dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat, dan kemudian mengembangkan informasi tersebut
3. Pengembangan keputusan
untuk keputusan yang pernah terjadi dalam organisasi/perusahaan biasanya sudah tersedia dalam peraturan dan prosedur organisasi/perusahaan
namun untuk keputusan yang tidak pernah terjadi mengharuskan adanya pengembangan pengambilan keputusan baru yang dapat menjawab masalah perusahaan/organisasi
bagi keputusan yang berada pada ketidakpastian seorang manajer dapat mengambil satu sampai dua solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang ada
namun, penelitian menunjukkan bahwa membatasi pencarian alternatif merupakan sebab utama gagalnya pengambilan keputusan di organisasi/perusahaan
4. Evaluasi Keputusan Yang Didapat
evaluasi perlu dilakukan untuk menilai keefektivitasan setiap keputusan. keputusan tersebut efektif jika sesuai dengan tujuan dan nilai keseluruhan organisasi, serta mencapai hasil yang dikehendakiÂ
5. Pemilihan Keputusan Terbaik
tahapan ini merupakan hasil evaluasi berbagai solusi yang ada. solusi terpilih akan didasarkan pada jumlah informasi yang tersedia bagi manajer dan juga pilihan keputusan yang paling menjanjikanÂ
manajer harus memilih satu solusi yang bisa digunakan untuk menjawab masalah yang adaÂ
6. Implementasi KeputusanÂ
implementasi keputusan menyangkut banyak hal manajer harus menetapkan angaran atau jadwal kegiatan, mengadakan dan mengalokasikana sumber daya sumber daya yang diperlukan, serta menuangkan tanggung jawab dan wewenang pelaksanaan tugas tugas tertentu.Â
Implementasi Keputusan akan menuntut adanya diskusi dengan orang-orang yang terkena dampak dari masalah yangterjadiÂ
keahlian dalam berkomunikasi dan mempimpin dapat mewujudkan hasil yang diinginkanÂ
Dan itulah enam cara mengambil keputusan yang dapat membantu organisasi atau perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan dengan penuh percaya diri.Â
Ingatlah, setiap keputusan membawa peluang untuk belajar dan tumbuh, jadi jangan ragu untuk menjelajahi berbagai pendekatan dan terus mengasah keterampilan pengambilan keputusan Anda.Â
Dengan sedikit kreativitas dan semangat petualangan, Anda akan menjadi ahli dalam mengambil keputusan yang tepat dalam waktu singkat. Semoga artikel ini memberikan wawasan yang bermanfaat dan membantu Anda dalam menghadapi proses pengambilan keputusan dengan lebih menyenangkan!
sumber :Â
Novitasari, Erna S.E 2021 Dasar Dasar Ilmu Manajemen UNICORN
L. Richard Daft 2020 Era Baru Manajemen Salemba Empat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H