Mohon tunggu...
Lailatul Fitriani
Lailatul Fitriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya | beberapa konten yang aku buat tentang hiburan dan ada beberapa tugas kuliah ku | have nice day :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

6 Cara Mengambil Keputusan di Organisasi/Perusahaan

3 April 2024   14:47 Diperbarui: 4 April 2024   14:35 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Keputusan adalah kunci yang membuka pintu menuju masa depan." 

Begitulah pepatah yang menggambarkan betapa pentingnya pengambilan keputusan dalam kehidupan kita. Dari keputusan sederhana sehari-hari hingga keputusan strategis dalam bisnis, proses pengambilan keputusan melibatkan serangkaian tahapan yang kompleks dan mendalam. 

Terutama bagi seorang manajer, Seorang manajer tidak hanya diharapkan untuk membuat keputusan yang tepat, tetapi juga mampu memahami tahapan-tahapan kritis yang melandasi proses pengambilan keputusan yang efektif 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 6 tahapan dalam pengambilan keputusan yang tidak hanya relevan dalam konteks bisnis, tetapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Mari kita mulai menyelami kisah di balik setiap keputusan yang kita buat, dan mengungkap rahasia di balik proses pengambilan keputusan yang bijaksana.

1. Pemahaman dan Perumusan Masalah

Jika seorang manajer akan memperbaiki situasi, maka manajer harus mampu menemukan masalah apa yang sedang terjadi, kemudian menentukan bagian masalah yang harus dipecahkan, para manajer sering kali mengindentifikasi gejala masalah, bukan penyebab yang mendasar. 

terdapat cara mudah untuk mengidentifikasi masalah salah satunya adalah dengan cara sebab-akibat,

dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut, dapat membantu kamu untuk mengindetifikasi masalah :

  • kenapa masalah ini bisa muncul?
  • siapakah pelakunya?
  • bagaimana masalah ini bisa muncul?

setelah kita mengidentifikasi masalah kita bisa berkonsultasi dengan pihak lain yang mampu memberikan pandangan dan wawasan tentang masalah yang sedang kita dialami

2. Pengumpulan dan Analisi Data Yang Relevan 

setelah menentukan dan merumuskan masalah, manajer harus mulai menentukan data apa yang akan dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat, dan kemudian mengembangkan informasi tersebut

3. Pengembangan keputusan

untuk keputusan yang pernah terjadi dalam organisasi/perusahaan biasanya sudah tersedia dalam peraturan dan prosedur organisasi/perusahaan

namun untuk keputusan yang tidak pernah terjadi mengharuskan adanya pengembangan pengambilan keputusan baru yang dapat menjawab masalah perusahaan/organisasi

bagi keputusan yang berada pada ketidakpastian seorang manajer dapat mengambil satu sampai dua solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang ada

namun, penelitian menunjukkan bahwa membatasi pencarian alternatif merupakan sebab utama gagalnya pengambilan keputusan di organisasi/perusahaan

4. Evaluasi Keputusan Yang Didapat

evaluasi perlu dilakukan untuk menilai keefektivitasan setiap keputusan. keputusan tersebut efektif jika sesuai dengan tujuan dan nilai keseluruhan organisasi, serta mencapai hasil yang dikehendaki 

5. Pemilihan Keputusan Terbaik

tahapan ini merupakan hasil evaluasi berbagai solusi yang ada. solusi terpilih akan didasarkan pada jumlah informasi yang tersedia bagi manajer dan juga pilihan keputusan yang paling menjanjikan 

manajer harus memilih satu solusi yang bisa digunakan untuk menjawab masalah yang ada 

6. Implementasi Keputusan 

implementasi keputusan menyangkut banyak hal manajer harus menetapkan angaran atau jadwal kegiatan, mengadakan dan mengalokasikana sumber daya sumber daya yang diperlukan, serta menuangkan tanggung jawab dan wewenang pelaksanaan tugas tugas tertentu. 

Implementasi Keputusan akan menuntut adanya diskusi dengan orang-orang yang terkena dampak dari masalah yangterjadi 

keahlian dalam berkomunikasi dan mempimpin dapat mewujudkan hasil yang diinginkan 

Dan itulah enam cara mengambil keputusan yang dapat membantu organisasi atau perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan dengan penuh percaya diri. 

Ingatlah, setiap keputusan membawa peluang untuk belajar dan tumbuh, jadi jangan ragu untuk menjelajahi berbagai pendekatan dan terus mengasah keterampilan pengambilan keputusan Anda. 

Dengan sedikit kreativitas dan semangat petualangan, Anda akan menjadi ahli dalam mengambil keputusan yang tepat dalam waktu singkat. Semoga artikel ini memberikan wawasan yang bermanfaat dan membantu Anda dalam menghadapi proses pengambilan keputusan dengan lebih menyenangkan!

sumber : 

Novitasari, Erna S.E 2021 Dasar Dasar Ilmu Manajemen UNICORN

L. Richard Daft 2020 Era Baru Manajemen Salemba Empat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun