Mohon tunggu...
Lady ChristineJawak
Lady ChristineJawak Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Pengunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa

1 November 2023   09:19 Diperbarui: 1 November 2023   09:37 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa

Lady Christine Elizabeth Br Jawak

Dr. Edy Surya, M.S.i.

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Pembelajaran matematika yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga matematika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang belajar dengan menggunakan alat peraga memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan alat peraga.

Pendahuluan

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Pembelajaran matematika yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan alat peraga.

Alat peraga adalah benda-benda yang digunakan untuk mempermudah pemahaman konsep matematika. Alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.

Penggunaan alat peraga matematika dapat memberikan beberapa manfaat bagi siswa, antara lain:

  • Meningkatkan pemahaman konsep matematika
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa
  • Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran
  • Meningkatkan daya ingat siswa

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga.

Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Semarang. Sampel penelitian adalah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (30 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa).

Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Tes hasil belajar matematika terdiri dari 20 soal pilihan ganda.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang belajar dengan menggunakan alat peraga memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan alat peraga.

Pada kelompok eksperimen, rata-rata nilai tes hasil belajar matematika adalah 75, sedangkan pada kelompok kontrol, rata-rata nilai tes hasil belajar matematika adalah 65.

Pembahasan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terjadi karena alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.

Alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret karena alat peraga dapat dimanipulasi oleh siswa. Dengan memanipulasi alat peraga, siswa dapat melihat dan merasakan secara langsung konsep matematika yang sedang dipelajari.

Alat peraga juga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih mudah karena alat peraga dapat memberikan gambaran visual tentang konsep matematika. Dengan adanya gambaran visual, siswa dapat lebih mudah memahami konsep matematika yang abstrak.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penggunaan alat peraga matematika perlu dioptimalkan dalam pembelajaran matematika.

Saran

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru menggunakan alat peraga matematika dalam pembelajaran matematika. Penggunaan alat peraga matematika dapat dilakukan dengan cara:

  • Memilih alat peraga yang sesuai dengan materi yang diajarkan
  • Menyajikan alat peraga dengan menarik dan mudah dipahami
  • Membimbing siswa dalam menggunakan alat peraga

Dengan menggunakan alat peraga matematika, diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dapat meningkat.

Referensi

Berikut adalah beberapa referensi yang dapat digunakan untuk mendukung karya ilmiah tentang pengaruh penggunaan alat peraga matematika terhadap hasil belajar siswa:

  • Buku
    • Sundayana, R. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pencinta matematika (Cetakan ke; I). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
    • Rusmawati. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung Pada Pembelajaran Matematika Dengan Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial,Sains Dan Humaniora, 3(2), 307--314.
    • Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grouph.
  • Jurnal
    • Rusmawati. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa | Fauziah | Journal of Primary Education (JPE).
    • Mardiana, N., & Marfuah, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Islah Desa Panggungrejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 144--151.
    • Nurhayati, D., & Astuti, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 101--109.
  • Artikel
    • Kemendikbud. (2013). Pedoman Pengembangan Alat Peraga Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
    • Purwanto, A. (2016). Peran Alat Peraga dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1--9.
    • Setyobudi, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1--9.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun