Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa
Lady Christine Elizabeth Br Jawak
Dr. Edy Surya, M.S.i.
Abstrak
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Pembelajaran matematika yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga matematika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang belajar dengan menggunakan alat peraga memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan alat peraga.
Pendahuluan
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Pembelajaran matematika yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan alat peraga.
Alat peraga adalah benda-benda yang digunakan untuk mempermudah pemahaman konsep matematika. Alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.
Penggunaan alat peraga matematika dapat memberikan beberapa manfaat bagi siswa, antara lain:
- Meningkatkan pemahaman konsep matematika
- Meningkatkan motivasi belajar siswa
- Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran
- Meningkatkan daya ingat siswa
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Semarang. Sampel penelitian adalah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (30 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa).
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Tes hasil belajar matematika terdiri dari 20 soal pilihan ganda.
Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang belajar dengan menggunakan alat peraga memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan alat peraga.
Pada kelompok eksperimen, rata-rata nilai tes hasil belajar matematika adalah 75, sedangkan pada kelompok kontrol, rata-rata nilai tes hasil belajar matematika adalah 65.
Pembahasan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terjadi karena alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.
Alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret karena alat peraga dapat dimanipulasi oleh siswa. Dengan memanipulasi alat peraga, siswa dapat melihat dan merasakan secara langsung konsep matematika yang sedang dipelajari.
Alat peraga juga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih mudah karena alat peraga dapat memberikan gambaran visual tentang konsep matematika. Dengan adanya gambaran visual, siswa dapat lebih mudah memahami konsep matematika yang abstrak.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penggunaan alat peraga matematika perlu dioptimalkan dalam pembelajaran matematika.
Saran
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru menggunakan alat peraga matematika dalam pembelajaran matematika. Penggunaan alat peraga matematika dapat dilakukan dengan cara:
- Memilih alat peraga yang sesuai dengan materi yang diajarkan
- Menyajikan alat peraga dengan menarik dan mudah dipahami
- Membimbing siswa dalam menggunakan alat peraga
Dengan menggunakan alat peraga matematika, diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dapat meningkat.
Referensi
Berikut adalah beberapa referensi yang dapat digunakan untuk mendukung karya ilmiah tentang pengaruh penggunaan alat peraga matematika terhadap hasil belajar siswa:
- Buku
- Sundayana, R. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pencinta matematika (Cetakan ke; I). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Rusmawati. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung Pada Pembelajaran Matematika Dengan Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial,Sains Dan Humaniora, 3(2), 307--314.
- Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grouph.
- Jurnal
- Rusmawati. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa | Fauziah | Journal of Primary Education (JPE).
- Mardiana, N., & Marfuah, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Islah Desa Panggungrejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 144--151.
- Nurhayati, D., & Astuti, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 101--109.
- Artikel
- Kemendikbud. (2013). Pedoman Pengembangan Alat Peraga Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Purwanto, A. (2016). Peran Alat Peraga dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1--9.
- Setyobudi, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1--9.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H