Mohon tunggu...
Sanad
Sanad Mohon Tunggu... Mahasiswa/Pelajar -

Penulis Cerita Pendek

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Artikel Utama

Cerpen | Gincu ini Merah, Sayang!

15 April 2017   18:48 Diperbarui: 16 April 2017   12:00 1401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Ilsutrasi: http://1.bp.blogspot.com

Pada  suatu  malam,  seperti  malam  -  malam  sebelumnya  Komaruddin  berpamitan  untuk  masuk  ke  dalam  hutan,  Liyan  melepas  suaminya  dengan  senyum  merekah  juga  dada  yang  berdebar  -  debar.  Bersama  dua  rekannya  mereka  menerobos  kegelapan,  mencari  buruan  yang  tertidur  dimalam  hari,  entah  apa  yang  diburu  tak  ada  yang  tahu  persis,  karena  berburu  adalah  kebiasaan  para  lelaki  dewasa  dikampung  itu,  hingga  dua  hari  kemudian  mereka  tak  kunjung  pulang.  

Warga  kampung  yang  gaduh  berombong  memasuki  hutan  yang  ganas  untuk  mencari  Komaruddin  dan  rombongannnya,  bersama  -  sama  agar  mereka  bisa  terhindar  dari  marabahaya  dan  malapetaka  yang  bersumber  dari  binatang  -  biantang  buas,  hingga  mereka  menemukan  Komaruddin  meringkuk  di  antara  mayat  kawan  -  kawannya,  dengan  baju  sobek  penuh  darah  dan  senapan  ditangannya,  gambaran  dirinya  waktu  itu  serupa  bekas  perkelahian  antara  dua  binatang  buas.  

Komaruddin  hampir  gila  karena  kejadian  mengerikan  itu,  sementara  kawan  -  kawannya  dimakamkan,  ia  hanya  diam  meringkuk  di  rumah  Deysi.  Ia  tak  ingin  pulang,  juga  karena  ia  merasa  tak  memiliki  rumah  di  kampung  itu,  dan  ia  memilih  Deysi  dan  rumahnya  untuk  dijadikan  tempat  pemulihan  luka  -  lukanya.  Sementara  disisi  lain  ada  luka  yang  perlahan  semakin  menganga  di  hati  Liyan,  ia  tahu  suaminya  sedang  kehilangan  ingatan,  dan  tak  mengingat  Liyan  dan  anak  -  anak  mereka  sama  sekali,  tapi  mengapa  harus  Deysi,  janda  kembang  belum  beranak  itu  yang  ia  sambangi  ketika  sedang  terluka.  Betapa  luka  itu  semakin  menganga  ketika  berbulan  -  bulan  kemudian,  Komaruddin  tak  kunjung  memperlihatkan  tanda  -  tanda  ingin  pulang  atau  mengingat  istri,  bahkan  Komaruddin  tiba  -  tiba  dengan  sumringah  mengumumkan  bahwa  ia  akan  mempersunting  Deysi.  Komaruddin  teramat  bahagia,  Deysipun  sama  karena  tak  pernah  merasa  merebut  suami  orang,  Komaruddin  hanya  tanpa  sengaja  mengisi  kekosongan  hatinya  selama  beberapa  bulan  ini,   meskipun  ia  tahu  lelaki  itu  adalah  Komaruddin,  namun  itu  masa  lalu  baginya,  karena  sekarang  namanya  Amir,  dan  yang  terpenting  Komaruddinlah  yang  mengaku  untuk  mempersuntingnya.

~~~~

Putus  asa,  beberapa  bulan  kemudian  Liyan  nekat  memasuki  hutan  tempat  suaminya  terakhir  menjatuhkan  kenangan  mereka.  Sendiri,  ia  menerjang  rimbunan  rumput  liar,  mencari  -  cari  tempat  Komaruddin  tanpa  sengaja  kehilangan  harta  berharga  dalam  hidupnya  itu,  namun  yang  ia  dapatkan  hanya  secarik  kertas,  tersembunyi  dibalik  daun  keladi,  terlindung  dari  panas  dan  hujan,  hingga  ia  masih  bisa  membacanya  dengan  jelas.  

Setelah  membaca  surat  itu,  Liyan  terjatuh  di  antara  rerumputan  seperti  yang  di  alami  Komaruddin  beberapa  bulan  sebelumnya,  ia  tak  pulang  kerumahnya  selama  tiga  hari,  dan  orang  -  orang  kampung  yang  mencari,  kembali  menemukannya  hampir  gila  di  tengah  rimbunan  semak  belukar,  tapi  kini  tanpa  mayat  kawan  -  kawannya  seperti  mayat  kawan  -  kawan  Komaruddin,  hanya  dirinya  seorang  dengan  tangan  mengggenggam  secarik  kertas.  

Sesampainya  di  perkampungan,  Liyan  tak  ingin  pulang  kerumahnya,  ia  juga  merasa  tak  punya  rumah  dikampung  itu,  dan  memilih  singgah  dirumah  salah  satu  duda  tanpa  anak,  menetap  sebentar  untuk  menyembuhkan  luka  -  luka  ditubuhnya,  terutama  dihatinya.  

~~~~

Semua  orang  kampung  berpikir  bahwa  kutukan  dari  para  dedemit  telah  menyambar  ubun-  ubun  perempuan  malang  itu,  hingga  ia  lupa  nama,  rumah,  kampung,  bahkan  termasuk  suaminya  sendiri,  Komaruddin.  

Beberapa  bulan  kemudian  ia  tak  menampakan  tanda  -  tanda  ingin  pulang,  juga  tak  ada  tanda  -  tanda  kembali  menemukan  nama  dan  kenangannya  bersama  Komaruddin.  Ia  akhirnya  memutuskan  untuk  menikah  dengan  Duda  tanpa  anak  itu,  meski  sempat  mendapat  menolak,  pada  akhirnya  tangan  halus,  kerling  mata,  dan  senyum  manis  Liyanlah  yang  menentukan  hasilnya.

Mereka  menikah,  dan  untuk  pertama  kalinya  bibirnya  kembali  berwarna. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun