Mohon tunggu...
Sanad
Sanad Mohon Tunggu... Mahasiswa/Pelajar -

Penulis Cerita Pendek

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Artikel Utama

Cerpen | Sepasang Kekasih yang Dipertemukan Setelah Kematian

1 Maret 2017   14:01 Diperbarui: 2 Maret 2017   06:00 2425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilsutrasi Pertemuan Sepasang Kekasih. Sumber: www.vemale.com

Ia  sendiri  tidak  percaya  bahwa  seseorang  yang  bangkit  dari  kuburan  memiliki  kesaktian,  beberapa  kali  ia  belajar  terbang  namun  gagal  dan  bertobat  untuk  tidak  lagi  melompat  dari  dahan  pohon  sambil  mengepakan  sayap  seperti  seekor  burung.  Tangannya  masih  mengarah  ke  jalanan,  beberapa  kendaraan  yang  lewat  dan  berhenti  di  dekatnya  tiba  -  tiba  saja  melaju  kembali  tanpa  peduli  dengan  permohonannya  untuk  di  bawa  ke  kota.  Beberapa  sepeda  motor  yang  berpapasan  dengannya  terjatuh  ke  parit,  atau  ke  pematang  sawah  di  sekitar  jalan  itu,  salah  seorang  di  antara  pengedara  motor  itu  ketakutan  dan  berlari  meninggalkan  sepeda  motornya  yang  masih  tergolek  di  sisi  jalan.  

"Hemm..!!"  gerutunya  ketika  mulai  kesal  dan  bosan  menunggu,  "Bisakah  seseorang  membantuku?,  aku  hanya  ingin  menemui  suamiku!"

Tak  seorangpun  menjawab  keluh  kesahnya  itu,  beberapa  orang  yang  berhasil  melewati  tempatnya  berdiri  telah  hilang  dari  pandangannya,  dan  seorang  lain  yang berlari  meninggalkan  sepeda  motornya  telah  jauh  menjadi  titik  hitam  yang  di  sorot  matanya.  Hanya  sepeda  motor  bebek  butut  yang  masih  tergolek  itu  yang  tersisa,  harapan  kembali  mencerahkan  wajahnya,  dan  dengan  senyum  sumringah  ia  menghampiri  sepeda  motor  yang  sedang  berbaring  di  tepi  jalan  itu.

"Oh,  sayang!,  tuanmu  sudah  menelantarkanmu  sendirian  disini"  katanya  pada  sepeda  motor  itu,  "bangunlah,  bangunlah  sayang,  dan  antar  aku  ke  kota,  menemui  suamiku".

~~~~

Tak  ada  yang  lebih  menakutkan  ketimbang  seorang  perempuan  gentayangan  yang  mengendarai  sepeda  motor,  begitulah  beberapa  kampung  kecil  dan  pedukuhan  yang  penyendiri  di  lewatinya,  dan  setiap  yang  melihatnya  menjadi  ketakuan  lalu  bermimpi  buruk,  beberapa  orang  tua  renta  akan  segera  meninggal  beberapa  hari  kemudian,  jika  sempat  melihat  sesosok  berjubah  putih  dengan  rambut  terurai  itu  ugal  -  ugalan  di  tengah  desa  mereka,  dan  anak  -  anak  muda  akan  menjadi  demam  menyaksikan  hal  yang  sama.  Namun  baginya  ada  hal  yan  lebih  mengkhawatirkan,  menuju  kota  tentu  tetap  saja  tidak  semudah  itu,  kedinginan  menghantamnya  selama  di  perjalanan,  dan  malam  yang  semakin  tua  membuatnya  sedikit  ketakutan  pada  orang  -  orang  yang  berniat  jahat  pada  pengendara  motor.

"Bagaimanapun!"  Gumamnya  dalam  hati  sambil  terus  berdoa,  meminta  keselamatan,  "Aku  tetap  seorang  perempuan".

Beberapa  kali  lubang  jalanan  yang  rusak  hampir  membuatnya  celaka,  ia  mengumpat  mengutuki  pembuat  jalan  yang  tidak  memperhatikan  keselamatan  orang  lain.  Di  kesempatan  lain  ia  berhenti  di  sebuah  pompa  bensin,  setelah  kelelahan  mendorong  motor  butut  itu  sejauh  delapan  ratus  meter.  Orang  -  orang  yang  berada  disana  segera  berlari,  takut  akan  penampilan  yang  tidak  biasa  dari  perempuan  malang  itu,  bajunya  kumal,  dan  sobek  di  sana  -  sini,  dan  rambutnya  nampak  tak  disisir  selama  seratus  tahun.  Dan  seorang  petugas  memberinya  bensin  gratis,  setelah  mendapatkan  senyum  yang  memperlihatkan  gigi  gerahamnya,  sama  seperti  yang  di  dapatkan  oleh  perempuan  -  perempuan  petani  sore  itu.  

"Betapa  asiknya  dunia  ini  sekarang!"  katanya  sambil  kakinya  kesusahan  menendang  -  nendang  pedal  Start.

~~~~

Tepat  beberapa  jam  kemudian  ia  sampai  di  kota  itu,  di  depannya  berdiri  sebuah  rumah  yang  begitu  di  kenalinya,  dengan  cat  berwarna  biru,  dan  sebuah  taman  asoka  yang  rimbun  tetap  berada  di  depan  beranda  rumah  itu.  Tak  lupa  ia  membunyikan  lonceng  pintu  agar  segera  di  bukakan  oleh  penghuni  rumah,  dari  dalam  terdengar  langkah  kaki  lalu  gagang  pintu  itu  bergoyang  ke  atas  lalu  ke  bawah,  dan  seseorang  berdiri  dari  balik  pintu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun