Mohon tunggu...
kurniwan aditya
kurniwan aditya Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

saya adalah seorang guru baha inggris yang hobi untuk mengetahui tengtang hal baru yang berhubungan dengan technologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Base Practice

26 November 2023   07:02 Diperbarui: 26 November 2023   07:10 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://youtu.be/x-28zD7lvG4

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DENGAN MEDIA CANVA MATERI PROCEDURE TEXT

oleh Aditya Kurniawan Mahasiswa PPG Daljab UNJA

Bahasa Inggris terdiri atas empat kemampuan (Language Skill) listening, writing, speaking dan grammar. Penguasaan keempat skill tersebut merupakan hal mutlak yang harus dimiliki di era komunikasi dan globalisasi saat sekarang ini. Dalam dunia pendidikan salah satu kesulitan siswa adalah menulis teks bahasa Inggris.Menulis adalah salah satu cara untuk mengkomunikasikan ide atau pikiran kita.According to (Dwi & Yusi, 2019), menulis adalah sarana komunikasi yang melibatkan manusia melakukan proses berfikir sehingga ketika kita menulis tidak hanya menjaga susunan kata namun komposisi yang ada dalam tulisan kita tersebut. Selain itu menulis juga merupakan bagian dari mengungkapkan pikiran kita. Oleh karena itu siswa perlu terus berlatih untuk meningkatkan keterampilan menulis. Beberapa orang mengalami kesulitan dalam berbahasa lisan karena tidak dapat mengungkapkan ide-ide mereka dengan bebas karena mereka merasa gugup. Hal ini disebabkan oleh susunan tata bahasa yang tidak baik dan sedikitnya kosa kata yang dimiliki. 

Penggunaan media, model dan strategi dalam pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi siswa dalam menulis. Berdasarkan mengalami kesulitan dalam menulis teks berbahasa Inggris adalah kurangnya motivasi dari siswa itu sendiri, kurangnya kosa kata dan penguasaan tata bahasa Inggris, kurangnya kreatifitas guru dalam pemanfaatan model dan media dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam best practice ini penulis menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan media canva, power point dan vidio.

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang bisa melatih siswa untuk lebih aktif dan mandiri dalam kegiatan pembelajaran. Pemberian tugas proyek kepada siswa dapat meningkatkan semangat dan kreatifitas serta keterampilan berfikir siswa untuk menentukan proyek, waktu pelaksanaan dan mengevaluasi hasil proyek. Dari tahapan diatas dapat menumbuhkan sikap disiplin, kerjasama dan sikap-sikap positif lainnya (Yuliana, 2020).

Adapun peran guru dalam peran praktik baik ini adalah sebagai guru yang akan berperan aktif dan mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapkan dengan melakukan perbaikan-perbaikan terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan untuk dapat berjalan secara efektif, serta melakukan inovasi-inovasi dalam proses  pembelajaran   seperti  pemanfaatan    dan penggunaan media, bahan ajar, serta model pembelajaran yang tepat yang disesuaikan dengan kondisi siswa sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai dengan harapan yang ingin dicapai dan mendapatkan hasil yang maksimal.

PELAKSANAAN KEGIATAN

Tujuan dan Sasaran 

  • Tujuan dalam penulisan best practice ini adalah Meningkatkan motivasi belajar siswa
  • praktik mengajar dalam mengimplementasikan metode Project Based  Learning yang dipadukan dengan media canva, power point dan vidio youtube pada pembelajaran Bahasa Inggris materi procedure Text.
  • Adapun yang menjadi sasaran dalam best practice ini adalah siswa  kelas XI TBSM SMKN 8 Tanjung Jabung Barat berjumlah 23 orang.

Bahan/Materi Kegiatan 

  • Bahan ajar yang diangkat dalam best practice ini adalah materi procedure text kelas XI TBSM  dengan kompetensi dasar (KD) sebagai berikut:
  • Cara/Metode Pelaksanaan 
  • Metode pembelajaran yang digunakan pada best practice ini adalah menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan aplikasi canva, vidio dan powerpoint. Langkah-langkah pelaksanaan best practice ini:
  • Identifikasi masalah
  • Penentuan solusi

Pemetaan Kompetensi Dasar

  • Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pengguna.
  • Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis dalam bentuk manual terkait guide dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

Berikut ini langkah-langkah pelaksanaan best practice yang telah dilakukan oleh penulis:

Pemetaan Kompetensi (KD)

  • Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pengguna.
  • Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis dalam bentuk manual terkait guide dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

  • Menguraikan (C4) fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur manual guide  lisan dan tulis
  • Menganalisis (C4) informasi rinci yang terdapat pada teks prosedur manual guide.
  • Membuat (C6) manual   guide (buku petunjuk) tentang teks tulis prosedur manual guide dengan menggunakan media Canva.

Pemilihan Model Pembelajaran

  • Model pembelajaran yang dipilih dalam best practice ini adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Alat/Instrumen

  • Media pembelajaran yang digunakan dalam best practice ini adalah vidio, power point, canva, LCD, Laptop dan Speaker. Adapun instrumen penilaian yang digunakan dalam best practice ini ada 2, yaitu;
  • Instrumen penilaian untuk mengamati proses pembelajaran yang berupa lembar observasi.
  • Instrumen penilaian untuk hasil belajar siswa, berupa instrument penilaian tes tulis dan penilaian sikap dan presentasi kinerja.

Tempat Kegiatan

  • Kegiatan ini dilakukan di SMKN 8  Tanjung Jabung Barat kelas XI TBSM.

  

HASIL KEGIATAN

Hasil Kegiatan

  • Hasil yang didapatkan setelah melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan media canva, video dan power point.
  • Siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris karena pemilihan model dalam pembelajaran yang lebih interaktif tidak seperti   dimana guru hanya menggunakan metode konservatif dan monoton dalam pembelajaran. Hal ini dapat terlihat dari keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan dan aktif berdiskusi mengerjakan LKPD yang diberikan.
  • Siswa lebih memahami penulisan teks prosedur. Dapat dilihat dari kemampuan siswa memahami generic structure dan language features dalam menulis teks prosedur. Selain itu siswa lebih bersemangat dalam mendesain resep prosedur teks dengan menggunakan aplikasi canva.
  • Siswa lebih aktif dan antusis dalam mengikuti pembelajaran. Dengan menggunakan media ajar power point dan vidio interaktif, siswa lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam menanggapi setiap pertanyaan yang diberikan dan mengajukan pertanyaan dari materi yang belum dipahami.
  • Dengan menggunakan sintaks pembelajaran (Project Based Learning) PjBL, pembelajaran siswa lebih terarah, lebih fokus dalam belajar dan pembelajaran lebih kondusif. Selain itu dengan menggunakan model PjBL siswa dapat melakukan pembelajaran tutor sebaya, siswa berbagi dan berdiskusi untuk menyelesaikan proyek yang diberikan secara berkelompok.

Masalah Yang Dihadapi

Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, penulis mengalami kendala di waktu penyelesaian proyek yang membutuhkan cukup lama sehingga siswa membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu dalam penyelesaian proyek desain membuat teks prosedur di aplikasi canva. Untuk masalah tekhnis dan lainnya Alhamdulillah semua dapat teratasi dengan adanya fasilitas dari sekolah yang sudah cukup menunjang.

Cara Menyelesaikan Masalah

Dalam penyelesaiannya penulis melakukan sharing dengan siswa terkait kendala dan kemajuan desain mereka. Selain itu penulis juga melakukan tanya jawab terkait ketertarikan siswa dalam melakukan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBl) dan aplikasi canva sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk pembelajaran berikutnya.

KESIMPULAN 

  • Berdasarkan uraian-uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi canva yang dipadukan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), power point dan vidio menarik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam materi procedure text.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun