Mohon tunggu...
Kurang Lucu
Kurang Lucu Mohon Tunggu... -

Kurang Lucu lah pokoknya

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Truth or Dare Para Santri Part 1

23 Februari 2014   03:41 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:33 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hai. Nama gua Tosim, nanti gua ceritain kenapa gua dipanggil Tosim. Gua pengen cerita pengalaman gua maen Truth Or Dare bareng temen-temen waktu kita masih di Pesantren. Gua gak bisa nyebut nama Pesantren nya karena sangat beresiko, sebut aja pesantren Al-Maemunah.

Saat itu gua lagi jalan dari Mesjid ke Asrama gua. Gua baru pulang Sholat Isya. Yap! sebagai santri yang baik gua selalu ke Masjid tiap waktu Sholat. Walaupun tadi gua telat dateng ke Mesjid dan pas gua dateng udah pada dzikir. Karena gua takut sama kakak kelas pengawas gua langsung duduk aja dan langsung dzikir.

Kapan gua sholat nya yak?

Sambil jalan ke Asrama bengong mikirin banyak hal. Gua mikir gimana masa depan gua kelak? Mau jadi apa gua nanti? kenapa Raffi Ahmad sama Yuni Shara putus?

Pas gua kecil sebenernya gua punya cita-cita jadi Power Ranggers Merah. Kekanak-kanakan banget kan? Maklum lah waktu itu gua masih kecil. Namun seiring berjalan nya waktu dan gua makin dewasa, gua mulai memikirkan masa depan. Gua mulai berpikir logic tentang diri gua dan akan gua bawa kemana masa depan gua. Gua pengen jadi Batman.

‘Woi bengong aje lu’ Suara si Sapar dari belakang ngagetin gua. Kampret, kaget gua. Untung udah temenan lama. Kalo enggak udah gua bawa ke Supermarket, gua tuker sama piring cantik.

‘Tai lu ngagetin aja.’

‘Bukan ngagetin men tapi surprise.’Jawab Sapar ngasal.

Untung gak megang golok gua..

‘Gimana ntar malem? Mau main kartu lagi gak?’ tanya gua ke Sapar. Jadi Sapar ini temen kamar gua. Gua, Sapar dan dua temen kamar gua yang lain suka ngelakuin kegiatan yang aneh-aneh kalo udah malem. Mulai dari maen Kartu, main Catur sampe bikin Candi Borobudur.

‘Elahh bosen kali’

‘Trus maen apaan?’kata gue.

‘Maen Play Station aja.’

‘Emang ada?’jawab gua heran.

‘Oh iya gak ada ya’

Emang harus-nya golok selalu gua bawa kemana-mana.

‘Eh maen truth or dare aja yuk’

‘Hah? Truth or Dare? Apaan tuh?’ gua kaget kenapa tiba-tiba si Sapar bisa Bahasa Inggris, setau gua selain Bahasa Indonesia si Sapar cuma bisa bahasa Katak doang.

‘Yaelah kampungan banget lu men gak tau truth or dare’jawab si Sapar sengak.

‘Iye-iye kampungan gua, emang apaan itu?’gua ngalah aja biar dia seneng. Satu Pesantren juga tau si Sapar orang paling kampungan yang pernah Tuhan ciptakan. Pernah waktu itu Sapar gua ajak nonton Bioskop. Pas masuk bioskop eh dia buka sepatu, dia pikir Musolla Al-Mukminin apa.

‘Jadi truth or dare itu kaya permainan tantangan gitu. Kita harus milih antara harus jawab pertanyaan secara jujur atau nerima tantangan dari yang ngasih pertanyaan. Biasanya pertanyaan sama tantangan nya yang gokil dan susah-susah. Para peserta yang ikutan gak boleh nolak buat jawab atau nolak buat ngelakuin tantangan.’jawab Sapar panjang. Udah kaya guru fisika ngejelasin rumus.

Gua Ketiduran.

‘Woy bangun, lo tidur berdiri? gimana mau gak?’

‘Oh iye-iye mau dah, ajak Luqman sama si Nur juga ye’Jawab gua gelagapan.

‘Oke deh gua ke Kantin Asrama dulu ye’

‘Lah mau ngapain?’

‘Mau nyolong botol. Bakal diputerin buat maen truth or dare’

‘Oh iya-iya dah’ Gua langsung menuju kamar, udah ada si Nur tidur-tiduran. Nur juga temen sekamar gua.

Nama nya Nur Rahman, yang gua tau dalam Bahasa Arab Nur itu artinya cahaya. Namun entah kenapa muka si Nur ini gak ada bercahaya-bercahaya nya sama sekali. Jangankan cahaya Lampu Petromaks, muka dia lebih mirip orang abis kesiram minyak lampu petromaks.

‘Gak ke mesjid lu Nur?’tanya gua sambil ngelipet sarung.

‘Gak ada ongkos gua tos’ Jawab Nur ngasal.

Oh iya gua sendiri dipanggil Tosim, Gua juga lupa sejak kapan gua dipanggil Tosim. Seinget gua emang waktu itu lagi jaman-jaman nya main tukeran kertas binder yang isinya biodata kita. Dan pas ngisi biodata itu biar keren namanya gua panjang-panjangin dan gua sok-sok masukin nama bule. Gua masih inget banget nama yang gua masukin di bio gua waktu itu adalah: Tanako Francisco Tosimamoto. Jadilah dari nama tersebut gua dipanggil Tosim. Sampe sekarang juga gua gak tau apa arti dari Tosim, mungkin di belahan dunia sana Tosim memiliki arti Sempak.

Gua merasa hina.

‘Ngarang aja lu, Nur. Kiamat makin dekat men, harus banyakin ibadah’ jawab gua dengan nada nyeramahin. Padahal gua juga belum Sholat Isya.

‘Iye-iye gua sholat, bawel lu ah’

Nur langsung ke kamar mandi buat ngambil wudhu. Dakwah gua berhasil menyentuh batin si Nur, kalo Ustadz Solmed liat ini pasti dia bangga.

Tiba-tiba Luqman masuk kamar sambil nyanyiin lagu Assalamu’alaikum nya Opick. Kalo si Luqman yang nyanyiin kedengeran nya jadi kaya Dangdut Koplo.

Hampir aja gua sawer.

Yap, Luqman adalah anggota kamar gua yang keempat. Luqman adalah yang paling ganteng diantara kita berempat, gua yang kedua, sapar ketiga dan Nur ketujuh.

Luqman juga yang paling tinggi diantara kita berempat, maklum lah doi anak Basket. Kalo pengen di deskripsikan dengan kata-kata si Luqman bagai pinang di belah dua trus pinang nya disambungin. Lebay.

Kita berempat sebenernya bukan temen sekamar. Cuma gara-gara udah lama deket dan kemana-mana selalu berempat, akhirnya kita janjian nge-lobby anak-anak buat tukeran supaya kita bisa sekamar. Tadinya gua cuma sekamar sama Nur, gara-gara lobby tersebut si Luqman sama Sapar bisa tukeran sama anak yang tadinya sekamar sama kita.

Apakah yang akan terjadi pada anak2 santri ini? nantikan di TRUTH OR DARE PARA SANTRI PART 2

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun