Mohon tunggu...
KUNCAHYONO
KUNCAHYONO Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP Pupuh Pangkur Teks Serat Wulangreh Mapel Bahasa Jawa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)

31 Agustus 2022   09:30 Diperbarui: 31 Agustus 2022   09:30 1450
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan      :   SMP Negeri 1 Tanon

Mata pelajaran             :   Bahasa Jawa

Kelas/Semester            :  VII/I

Materi Pokok              :  Piwulang serat Wulangreh pupuh Pangkur

Alokasi Waktu            :  2 X pertemuan (4 jp)

A. Kompetensi Inti (KI) 

  • Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian nyata.
  • Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

3.3.  Mengapresiasi teks piwulang serat  Wulangreh pupuh Pangkur.

  • Mendeteksi dan memisahkan kata-kata yang dianggap sulit yang terdapat dalam teks piwulang serat Wulangreh Pupuh Pangkur (C4).
  • Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks piwulang serat Wulangreh Pupuh Pangkur (C6).

4.4.  Menyampaikan tanggapan tentang isi teks piwulang serat Wulangreh pupuh Pangkur.

  • Menganalisis isi serat Wulangreh pupuh Pangkur (C4).
  • Menelaah isi serat Wulangreh  pupuh Pangkur (C4).
  • Menyimpulkan makna yg tersirat dalam isi teks piwulang serat wulangreh pupuh pangkur (C5).

C. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

  • Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, diharapkan:

            1. Pesrta didik (A) mampu mendeteksi dan memisahkan kata-kata sulit dalam serat Wulangreh pupuh Pangkur (B) dengan baik (D) melalui arahan dari guru (C).

  • 2. Peserta didik (A) mampu membuat pertanyaan-pertanyaan dalam Serat Wulangreh pupuh Pangkur (B) dengan benar (D) melalui diskusi kelompok (C).

Pertemuan 2

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, diharapkan :

  • 1. Peserta didik (A)  mampu menganalisis dan menelaah teks serat Wulangreh pupuh Pangkur (B) dengan baik (D) melalui diskusi kelompok dan tanya jawab (C).
  • 2. Peserta didik (A) mampu menyimpulkan isi serat Wulangreh pupuh Pangkur (B) dengan benar (D) melalui penyajian didepan kelas (C).

D. Materi  Pembelajaran

  • Fakta                       : Serat WulangrehPakubuwana IV
  • Konsep                   : Teks piwulang serat Wulangreh Pupuh pangkur
  • Prinsip                   : Isi teks teks piwulang serat Wulangreh pupuh Pangkur tentang tata krama

E. Metode Pembelajaran 

Metode            : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan

Model              :  Pembelajaran berbasis masalah (PBL)

Pendekatan     :  Scientific, TPACK dan HOTS

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran 

Alat     :  Laptop, LCD, Speaker

Media :  PPT, Salindia, LKS

G. Sumber Belajar :

  • Serat Wulangreh Pakubuwana IV
  • Prawaatmojo (1980). Bausastra Jawa-Indonesia.Yogyakarta: Gunung Agung
  • Suyono. 2016. Wursita Basa kanggo SMP/SMPLB/MTs Kelas VII. Klaten : CV Sahabat

 H. Langkah Pembelajaran

RINCIAN KEGIATAN

WAKTU

Pendahuluan  

  • Kelas dimulai dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa melalui grub WA 2.
  • Kelas dilanjutkan dengan do'a dipimpin oleh salah seorang siswa.
  • Siswa yang diminta membaca do'a (Relegius).
  • Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya sita-cita. (integritas)
  • Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya.
  • Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  • Guru mengirimkan petunjuk pembelajaran di rumah melalui WA Grup
  • Guru menyampaikan tujuan, manfaat, langkah-langkah kegiatan, dan cakupan materi pembelajaran (Motivasi).
  • Guru bertanya kepada siswa "Pernahkah kalian keluar rumah pada malam hari?" melalui WA Grup dengan fitur vicon (Apersepsi)

(10 menit )

Kegiatan Inti

  • Dalam kegiatan inti, peserta didik melakukan langkah-langkah  PBL sebagai berikut:
  • Orientasi peserta didik terhadap masalah 
  • Pesrtadidik menyaksikan tayangan power point  tentang syair tembang Pangkur dalam serat Wulangreh.
  • Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
  • Guru mengajukan pertanyaan tentang kata-kata yang digunakan dalam serat Wulangreh pupuh Pangkur.
  • Membimbing penyelidikan individu
  • Peserta didik mengumpulkan data yang berupa kosa kata yang berkaitan denganserat Wulangreh pupuh Pangkur.
  • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Peserta didik berlatih atau berdiskusi menyebutkan isi serat Wulangreh pupuh Pangkur bait demi bait.
  • Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

    • Guru dan peserta didik menyampaikan isi serat Wulangreh pupuh Pangkur bait demi bait.

(65 menit)

Penutup 

  • Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
  • Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan materi PBM.
  • Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
  • Guru bersama-sama peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Guru menyampaikan salampenutup, dan peserta didik membalasnya.

(5 menit)

 

  • Pertemuan 2

RINCIAN KEGIATAN

WAKTU

Pendahuluan  

  • Dalam kegiatan pendahuluan, guru melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Guru memberi salam kepada peserta didik
  • Guru beserta peserta didik berdoa bersama-sama menurut agama dan kepercayaan masing-masing
  • Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
  • Guru memberikan apersepsi berisi menyanyikan satu atau dua bait tembang Pangkur dari Serat Wulangreh.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, KI, KD, indikator pembelajaran
  •  

(10 menit )

Kegiatan Inti

  • Dalam kegiatan inti, peserta didik melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Orientasi peserta didik terhadap masalah 
  • Peserta didik mengamati syair tembang yang diberikan guru melalui LCD.
  • Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
  • Guru merumuskan pertanyaan untuk mengungkap isi serat Wulangreh pupuh Pangkur.
  • Membimbing penyelidikan individu
  • Peserta didik berdiskusi dengan teman dan atau guru tentang isi serat Wulangreh pupuh Pangkur.
  • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Peserta didik mencoba menanggapi bait-bait demi bait pupuh Pangkur Serat Wulangreh.
  • Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Guru beserta peserta didik menyampaikan tanggapan atas beberapa isi serat Wulangreh pupuh Pangkur.

(65 menit)

Penutup 

Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:

  • Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
  • Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
  •  Guru memberikan tugas individual untuk pertemuan yang akan datang serta member penilaian.
  • Guru bersama-sama peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Guru menyampaikan salam penutup, peserta didik membalasnya.

(5 menit)

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun