RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Â
Satuan Pendidikan    : SMP Negeri 1 TanonÂ
Kelas/ Semester      : VII/1 ( satu )
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah ( Jawa )Â
Materi Pokok       : Teks Cerita RakyatÂ
Alokasi Waktu   : 1 x Pertemuan (2 jp)
A. KOMPETENSI INTI
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KI
KOMPETENSI DASAR
NO
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3
4
3.3 Menganalisis isi teks cerita   Rakyat
4.3 Menyusun teks cerita rakyat
3.3.1
Â
 3.3.2
3.3.3
4.3.1
4.3.2
Peserta didik mampu menganalisis kata-kata yang sulit dari teks cerita rakyat
Peserta didik dapat menganalisis unsur-unsur intrinsik yang terdapat di dalam  teks cerita rakyat
Peserta didik mampu membuat resensi dari teks cerita rakyat
Siswa dapat mengelompokan pokok- pokok isi bacaan teks cerita rakyat
Siswa dapat mempresentasikan cerita rakyat dengan ragam krama di depan kelas
C. TUJUAN PEMBELAJARANÂ
PERTEMUAN PERTAMA
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, diharapkan :
- Peserta didik (A) dapat menganalisis kata-kata sulit teks cerita rakyat (B) dengan benar (D) melalui belajar mandiri dan tanya jawab guru (C).
- Peserta didik (A) dapat menganalisis unsur-unsur instrinsik dari teks cerita rakyat (B) dengan baik (D) melalui diskusi kelompok (C).
- Peserta didik (A) mampu membuat resensi teks cerita rakyat menggunbakan ragam krama (B) dengan benar (D) melalui diskusi kelompok dan belajar mandiri.
PERTEMUAN KEDUA
 Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, diharapkan :
- Pesera didik (A) mampu mengelompokan pokok-pokok isi teks cerita rakyat (B) dengan baik (D) melalui diskusi kelompok dan tanya jawab dengan guru (C).
- Peserta didik (A) dapat mempresentasikan cerita rakyat didepan kelas (B) dengan benar (D) melalui hasil diskusi kelompoknya (C).
D. MATERI PEMBELAJARAN
 Materi Pembelajaran Reguler
 Pertemuan Pertama
- Teks Cerita Rakyat "Rawa Pening" dengan melihat tayangan Youtube. https://youtu.be/yw8IJwLykyo
- Unsur-unsur intrinsik teks cerita
- Jenis kata
Pertemuan Kedua
- Teks Cerita Rakyat "Roro Jonggrang "dengan melihat tayangan Youtube. https://youtu.be/WBDuHyvP5sQ
- Ragam bahasa Jawa: Basa krama alus
Materi Pengayaan
Disajikan contoh Teks Cerita Rakyat "Jaka Kendhil"dengan melihat tayangan di Youtube.Â
Materi Remedial
- Teks Cerita Rakyat "Rawa Pening"
- Teks Cerita Rakyat "Roro Jonggrang"
E. METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan         : Saintifik berbasis TPACK dan HOTS.
- Model pembelajaran : Problem Best Learning (PBL)
- Metode             : Ceramah, diskusi, tanya jawab,  presentasi.
F. MEDIA DAN BAHAN
- Media : Â Â Powerpoint, Tayangan video tentang cerita rakyat .
- Alat   :   Laptop, LCD, Speaker, HP.
G. SUMBER BELAJAR
- Suyono, M.Pd . 2015. Wursita basa. Kelas VII Semester 1. Klaten:Sahabat.
- Cerita Rakyat "Roro Jonggrang "dengan melihat tayangan Youtube. https://youtu.be/WBDuHyvP5sQ
- Cerita Rakyat "Rawa Pening" dengan melihat tayangan Youtube. https://youtu.be/yw8IJwLykyo
- Cerita Rakyat "Jaka Kendhil"denganmelihat tayangan di Youtube.Â
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
Mengucapkan salam
Mempersilahkan petugas untuk memimpin doa
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Apersepsi: Untuk mengarahkan ke materi pembelajaran, peserta didik diingatkan kembali dengan uraian tentang jenis cerita rakyat beserta contohnya.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik berkaitan materi dengan kedidupan nyata.
(10 menit)
Kegiatan Inti / Sintak PBL
Dalam kegiatan inti, peserta didik melakukan langkah-langkah    sebagai berikut:
1) Orientasi peserta didik pada masalah.
Guru menugaskan (condition) siswa untuk mengamati dan memahami masalah yang dihadirkan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan yang disarankan.
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar.
Peserta didik dibagi kelompok dan membagi tugas untuk mencari data/ bahan- bahan/ alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah.
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok.
Guru melakukan pendampingan kepada Peserta didik (Audience) untuk melakukan penyelidikan (mencari data/ referensi/ sumber) untuk bahan diskusi kelompok.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
Siswa melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah dan hasilnya dipresentasikan/disajikan dalam bentuk karya.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain menganalisis (Behaviour) dan memberikan tanggapan terhadap hasil pekerjaan kelompok yang lain. Guru mengevalusi hasil kegiatan siswa dengan benar.(Degree)
Penutup
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai. Menanyakan perasaan peserta didik, menanyakan materi yang sudah dan belum diketahui.
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan materi kegiatan pembelajaran.
Guru memberikan tugas individu untuk membuat ringkasan isi yang terdapat didalam teks cerita .
Guru bersama peserta didik merencanakan pembelajaran yang akan datang
Guru memimpin doa akhir pelajaran dan salam.
(60 menit)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H