Best Practices (disebut juga praktik baik) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan pengalaman terbaik seseorang dalam melaksanakan tugas dan mengatasi berbagai masalah dalam lingkungan tertentu. Best Practices memiliki karakteristik mampu mengembangkan, mampu memberikan sebuah perubahan, mampu mengatasi persoalan tertentu, memberikan inspirasi, serta cara atau metode yang digunakan bersifat ekonomis dan efisien. Contoh cara menyusun Best Practices ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah mahasiswa PPG dalam pengerjaan LK 3.1 Menyusun Best Practice.
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
Lingkup Pendidikan
Tujuan yang ingin dicapai
Penulis
Tanggal
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah yang dihadapi pada materi .......................... yaitu .......................... yang disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena ..........
Peran dan Tanggung Jawab
Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru Mata Pelajaran ..........
Tantangan:
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Tantangan yang penulis hadapi saat pelaksanaan praktik pembelajaran adalah:
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Yang Terlibat Dalam Proses Ini
Yang terlibat dalam proses praktik pembelajaran ini
adalah :
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Aksi:
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah - langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan yang ada adalah sebagai berikut:
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Strategi Apa Yang Digunakan?
Strategi yang dilakukan guru dalam menggunakan metode pembelajaran ..........
Bagaimana prosesnya?
Proses penerapan model pembelajaran diawali dengan ...........
Yaitu sebagai berikut:
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Kognitif
................................................................
Psikomotor
................................................................
Materi Pembelajaran
Fakta
................................................................
Konsep
................................................................
Prinsip
................................................................
Prosedur
................................................................
Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran:
................................................................
Pendekatan:
................................................................
Metode:
................................................................
Media, Alat, Bahan
Media :
................................................................
Alat/Bahan :
................................................................
Sumber Belajar
................................................................
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Orientasi:
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Motivasi
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Pemberian Acuan
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Kegiatan Inti
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Kegiatan Penutup
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Penilaian
Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
Siapa saja yang terlibat pada praktik pembelajaran?
- Guru Mata Pelajaran
- Peserta didik kelas ..........
- Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
- Rekan guru sejawat
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
- Buku Sumber
- Infokus
- Handphone (HP)
- Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
- Power Point
- Video Pembelajaran
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?
Dampak setelah dilaksanakan praktik pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Apakah hasilnya efektif?
Hasil yang didapatkan dari praktik pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran .............. hasilnya cukup efektif untuk bisa ............................
Hal ini dibuktikan:
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Bagaimana respon orang lain terkait strategi?
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Apa yang menjadi faktor keberhasilan?
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
- ....................................................
Apa yang menjadi faktor ketidak berhasilan?
Apabila guru tidak ..................................dalam proses pembelajaran maka pembelajaran tidak akan..........
Semoga bermanfaat, Aamiin.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H