Mohon tunggu...
Khaerani Sakuntala Dewi
Khaerani Sakuntala Dewi Mohon Tunggu... Guru - Mata Pelajaran PJOK

“Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu.” - Lemony Snicket

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 Menyusun Best Practices

19 Juli 2023   23:00 Diperbarui: 20 Juli 2023   08:12 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Best Practices (disebut juga praktik baik) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan pengalaman terbaik seseorang dalam melaksanakan tugas  dan mengatasi berbagai masalah dalam lingkungan tertentu. Best Practices memiliki karakteristik mampu mengembangkan, mampu memberikan sebuah perubahan, mampu mengatasi persoalan tertentu, memberikan inspirasi, serta cara atau metode yang digunakan bersifat ekonomis dan efisien. Contoh cara menyusun Best Practices ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah mahasiswa PPG dalam pengerjaan LK 3.1 Menyusun Best Practice.

LK 3.1 Menyusun Best Practices 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

Lingkup Pendidikan

Tujuan yang ingin dicapai

Penulis

Tanggal

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah yang dihadapi pada materi .......................... yaitu .......................... yang disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena ..........

Peran dan Tanggung Jawab

Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru Mata Pelajaran ..........

Tantangan: 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Tantangan yang penulis hadapi saat pelaksanaan praktik pembelajaran adalah:

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Yang Terlibat Dalam Proses Ini

Yang terlibat dalam proses praktik pembelajaran ini

adalah :

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Aksi: 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah - langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan yang ada adalah sebagai berikut:

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Strategi Apa Yang Digunakan?

Strategi yang dilakukan guru dalam menggunakan metode pembelajaran ..........

 

Bagaimana prosesnya?

Proses penerapan model pembelajaran diawali dengan ........... 

Yaitu sebagai berikut:

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

Kognitif

................................................................

Psikomotor

................................................................

Materi Pembelajaran

Fakta

................................................................

Konsep

................................................................

 Prinsip

................................................................

Prosedur

................................................................

Metode Pembelajaran 

Model Pembelajaran:

................................................................

Pendekatan:

................................................................

Metode:

................................................................

Media, Alat, Bahan 

Media :

................................................................

Alat/Bahan :

................................................................

Sumber Belajar

................................................................

Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

Orientasi:

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Motivasi

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Pemberian Acuan

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................


Kegiatan Inti

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Kegiatan Penutup

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Penilaian

Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan

Siapa saja yang terlibat pada praktik pembelajaran?

  • Guru Mata Pelajaran
  • Peserta didik kelas ..........
  • Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
  • Rekan guru sejawat

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

  • Buku Sumber
  • Infokus
  • Handphone (HP)
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
  • Power Point
  • Video Pembelajaran

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak setelah dilaksanakan praktik pembelajaran ini adalah sebagai berikut:

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Apakah hasilnya efektif?

Hasil yang didapatkan dari praktik pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran .............. hasilnya cukup efektif untuk bisa ............................

Hal ini dibuktikan:

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Bagaimana respon orang lain terkait strategi?

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................


Apa yang menjadi faktor keberhasilan?

  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................
  • ....................................................

Apa yang menjadi faktor ketidak berhasilan?

Apabila guru tidak ..................................dalam proses pembelajaran maka pembelajaran tidak akan..........

Semoga bermanfaat, Aamiin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun