Seakan tak habis-habisnya tajuk channel YouTube dan berita pada minggu-minggu belakangan tentang polemik berkepanjangan masalah genetika. Nasab Habaib.
Raja dangdut Rhoma Irama kelihatannya menjadi tokoh yang paling disorot, karena begitu rajin mengangkat kisruh nasab ini di podcastnya yang ditonton ratusan ribu hingga jutaan penonton. Sehingga beberapa kalangan merasa "gatal" dengan "nyayian" Sang "Satria Bergitar".
Setidaknya ada dua Habaib papan atas yang kelihatannya merespon Bang Haji. Habib Rizieq dan Habib Bahar.
Pegiat ilmu pengetahuan seperti ahli genetika dan ahli filologi (manuskrip) turut ambil bagian juga. Ahli genetika menyebut, test DNA para Habaib berdasar haplogroup dapat dipastikan habib bukan keturunan Arab. Ada yang menyebut, berdasar kode-kode DNA, habib sebenarnya ber DNA Yahudi Askenazi. Serem sekali
Melihat kekisruhan masalah tersebut, penulis jadi terbawa suasana dan "terprovokasi" ingin turut "meramaikan" masalah ini. Pikir-pikir ketimbang "ngebacot" dimedsos yang bisa bikin "huru hara digital", atau melarang membicarakan nasab habaib dengan tekanan serbuan massa (persekusi). Penulis pikir mending menulis opini lewat artikel. Tapi agar ingat-ingat, ini cuma opini saja, namun agaknya dapat dipertimbangkan akurasinya. "Ente kaga suka atau kaga setuju ente bikin artikel ilmiah aje membantahnya. Takbir!!" (Meniru gaya habib tertentu hehe..).
Ini sekedar opini.
Percaya adanya tokoh-tokoh besar agama sebagaimana nabi-nabi, seperti Yesus (Nabi Isa) atau Nabi Muhammad, yang diyakini benar-benar pernah terlahir ke dunia ini. Telah ditunjang fakta sejarah melalui masyarakat manusia, dari perilaku atau kegiatannya secara individu dan komunal yang berhubungan dengan tokoh-tokoh dimaksud. Juga dari corak atau karakter yang menonjol dari sebuah zaman. Menghadirkan kepercayaan yang bersifat fundamental atau mendarah daging. Memiliki sumber asli atau primer atau setidaknya ada sumber yang melukiskannya dimasa lampau.
Sejarah ada dimensinya masing-masing, artinya ada berbagai sisi. Objek suatu sejarah yaitu pengalaman atau penemuan atau empiris. Aktifitas dalam dimensi waktu masa lampau seluruh aktifitas manusia dimasa lalu atau objek formal. Kemudian bukti-bukti pendukung yaitu objek materialnya.
Sejarah seringkali dipergunakan berbagai kalangan untuk berbagai kepentingannya masing-masing. Dapat menjadi fungsi edukatif juga fungsi inspiratif, yaitu menumbuhkan harga diri suatu kelompok, golongan atau komunitas termasuk nasab.
Sejarah tidak semuanya merupakan fakta kebenaran. Jika tidak memenuhi syarat tertentu, kadang sejarah harus ditolak atau sekurangnya di tawaqufkan menurut istilah Islam (di diamkan). Sebuah peristiwa sejarah harus benar secara apa adanya, korespondensi kata mereka ahli sejarah.
Peristiwa sejarah mesti memiliki kecocokan dengan peristiwa yang lain yang diterima kebenarannya, yaitu koherensi. Fakta sejarah memerlukan bukti dengan level autentifikasi dan kredibilitas yang tinggi. Oleh karenanya, historiografi tradisional tidak serta merta dapat ditetapkan sebagai kebenaran sejarah. Hal ini dikarenakan cerita-cerita tradisional bercampur lebur dengan mitologi atau keyakinan beserta aneka kepentingan dizamannya.
Eksistensi nasab Habaib Ba'alawi sebagai keturunan nabi secara historis, dapat diketok palu, tidak mencukupi sebagai bukti kebenaran sejarah jika harus "dipaksa" ditunjang dengan mimpi-mimpi keramat berbau ilusi atau fantasi. Lebih lagi data yang baru muncul 600 tahun kemudian setelah tokohnya. 600 tahun sebelumnya, sang pohon nasabnya nihil history. Yang menunjukan adanya upaya sungguh-sungguh "memaksakan" untuk mendapatkan sebuah pengakuan secara geneologi. Kalau itu benar terjadi.
Kisah-kisah karomah berbau dongeng purba yang ngetren sebelum adanya bioskop, yang dengannya berhasil mengangkat popularitas suatu figur fiktif, tidak dapat diambil pula sebagai bukti material sejarah.
Dalam Islam agaknya barangkali masih terdapat, yang diakui sebagai kebenaran sejarah kadang kala ditetapkan karena adanya tokoh yang menafikan suatu sumber sejarah lain. Umpama suatu sumber menyebut sejarah ini "A" lantas datang sumber lain menyebut sejarah ini "B". Maka atas dasar itu sejarah "A" ditolak karena "dibantah" oleh seorang tokoh yang dianggap lebih otoritatif karena rajin ibadah ritual misalnya  Sehingga bisa jadi penetapan yang bersifat "tekanan" dan tanding besar-besaran kubu.
Tidak semua sejarah di Islam mempunyai fakta sejarah yang "akurat". Kita sebut saja anak Imam Husein, ada yang menyebutnya sudah di "genosida" habis, ada yang menyangkalnya dengan mengatakan ada yang lolos dan selamat pada saat itu. Kontradiktif. Ini menunjukan "tidak jelasnya".
Kiayi Haji Hasan Basri, mantan Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia) asal Muara Teweh, adalah ulama Dayak Bakumpai yang berpendapat anak cucu nabi Muhammad sudah tidak ada lagi.
Imam Hasan, ada yang menyebut meninggal karena diracun istrinya dan ada juga yang menyebut meninggal karena menderita sakit yang lama oleh karena racun. Tetapi untuk kasus seperti ini, meskipun dua pendapat ini tampak bertolak belakang tapi masih dapat dikompromikan, karena sama-sama disebabkan racun. Jadi adakalanya informasi sejarah yang tampak berlawanan masih bisa dikompromikan..
Imam Syafi'i kita akui keberadaannya, tetapi tidak semuanya tentang beliau "jelas". Disebut-sebut, bahwa ibu beliau Fatimah mempunyai nasab yang tersambung ke Ali Bin Abi Thalib. Nyatanya, informasi ini dibantah oleh Ahmad Amin, dengan mengatakan ibu Imam Syafi'i berasal dari suku Azad di daerah Yaman. Menurut beberapa kalangan Imam Syafi'i lahir tahun 150 di Gaza Palestina. Sebagian lagi menyebut lahir di Asqalan. Ada lagi yang menyebut beliau lahir di Yaman.
Apabila jumlah perkiraan bilangan tahun suatu peristiwa sejarah selisihnya berbeda dekat mungkin ini dapat dimaklumi, tetapi jika menyakut "diri", ini sudah menjadi problem menurut kami. Sedangkan beliau hidup di era yang disebut-sebut di era penulisan, sebagaimana beliau sendiri yang disebut-sebut "menulis" kitab (buku).
Kitab Al Umm atau Kitab Induk yang diyakini secara luas sebagai buah karya monumental Imam Syafi'i. Tidak sepenuhnya dipercaya sebagai karya Imam Syafi'i oleh semua kalangan. Kenyataanya ada yang berpendapat lain. Tetapi seperti yang kami terangkan di atas tadi, ada "ilmu" untuk menafikan sebuah informasi yang berlawanan dengannya, atau "kehendaknya", yaitu kata-kata "dibantah oleh". Cukup melenyapkan sebuah pendapat lain dengan penyebutan kata "dibantah". Atau ada pula kata "lebih masyur" untuk meniadakan informasi sejarah pihak lain. Misalnya diargumenkan bahwa hal itu diyakini oleh kiayi ini kiayi ini.
Kitab Al Umm memang terdapat juga pertanda bukan karya buah tangan Imam Syafi'i. Pendapat ini bukan tanpa alasan, dalam penulisannya sering Imam Syafi'i menjadi orang ketiga. Misalnya pada Juz 1 terdapat kalimat, "Dikabarkan kepada kami oleh Ar Rabi, yang mengatakan dikabarkan kepada kami OLEH ASY SYAFI'I". Beliau menjadi orang ketiga di bukunya. Untuk mendamaikan problem ini ada yang berpendapat, kitab tersebut di imlakan (didiktekan) katanya.
Melihat kenyataan yang ada tadi, tentang informasi Islam masa lalu yang zamannya jauh sesudah Nabi Muhammad wafat. Atau zaman tokoh-tokoh kecil sejarah. Bagi kami sendiri, sejarah tersebut hanyalah sebagai "bahan untuk pertimbangan" dalam analisa-analisa. Karena itu kami lebih mengasyikan diri pada sumber yang jelas saja yaitu Al Qur'an, yang kedua tokoh besar atau tersampaikan pada hadits shahih. Dengan menjadikan sumber-sumber setelah masa nabi Muhammad (tokoh-tokoh kecil) hanya sebagai bahan pertimbangan saja.
Tokoh kami bagi tiga saja, tokoh besar, tokoh kecil dan tokoh asing.
Tentu lebih perlu diwaspadai lagi perkara nasab-nasab yang sangat-sangat tidak jelas lagi. Bila Imam Syafi'i pun seperti yang kami utarakan di atas keadaannya, apalagi nasab-nasab tersebut tentu saja bukan?
Mengambil dari yang dikatakan sebagai "sanad ilmu", seperti yang selalu dibanggakan kalangan tradisionil, akan tetap berada pada keadaan "tidak jelas" selagi sumbernya tokoh kecil apalagi tokoh asing. Seperti nasab ba'alawi yang sekian lamanya dipercaya kalangan pecinta sanad ilmu, nyatanya keropos juga.
Ujungnya semua hanya "kepercayaan" saja pada finish akhir polemiknya. Akhir kata, jangan terlalu PeDe pada dunia selain "wahyu" dan "tokoh besar".
Penulis : M. Gazali Noor (Pengamal Muslim Progresif & Humanitarian)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H