Mohon tunggu...
January ER
January ER Mohon Tunggu... Mahasiswa - An Ordinary

An Ordinary

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Mendelegasikan Tugas

11 Juli 2021   22:34 Diperbarui: 11 Juli 2021   23:25 783
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jelas untuk menumbuhkan bisnis membutuhkan keberanian untuk menyerahkan sebagian dari kekuasaannya atau untuk mendelegasikan hak yang telah diperolehnya sebagai seorang pemimpin.

Pendelegasian adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab atas suatu kegiatan tertentu kepada individu atau kelompok sehingga bobot (kinerja) sama dengan yang lain.

Berbagi wewenang dan tanggung jawab dengan orang lain adalah kegiatan bisnis yang mendasar. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pengambilan keputusan dan proses operasional dalam perusahaan berfungsi dengan baik.

Dalam pendelegasian terdapat unsur-unsur seperti berikut ini :

Yang pertama ada yang dinamakan "Alokasi Tugas". Pemimpin harus terlebih dahulu memberikan atau mengalokasikan apa saja tugas dan wewenang yang akan diberikan kepada bawahannya sebelum benar-benar mendelegasikannya.

Selanjutnya adalah "Penugasan Tanggung Jawab". Dalam hal ini, pemimpin dapat meminta bawahannya untuk melakukan tugas dalam waktu yang ditentukan.

Selanjutnya adalah "Pelimpahan Wewenang". Pemimpin akan melimpahkan wewenang pada bawahannya untuk bisa melakukan dan menyelesaikan pekerjaannya. Bawahan dapat menyelesaikan tugas yang diberikan karena memiliki rasa tanggung jawab dan kewajiban.
Dan yang terakhir terdapat unsur "Penciptaan Akuntabilitas". Akuntabilitas atau bahasa orang awam adalah pertanggungjawaban. Pemimpin harus mampu menciptakan tanggung jawab khusus untuk memastikan proses pendelegasian yang lancar.

Manfaat Pendelegasian

Pendelegasian dianggap penting lalu sebenarnya apa sih manfaat dari pendelegasian itu dalam sebuah perusahaan ?

1. Hemat Waktu

Sebagai seorang pemimpin atau manajer, Anda jelas membutuhkan lebih banyak waktu untuk aktivitas kerja yang sibuk. Pendelegasian memberikan ruang untuk melakukan hal-hal yang lebih penting dan tidak bisa untuk didelegasikan.
2. Memberdayakan Karyawan

Pemberdayaan tanggung jawab ini akan menempatkan tanggung jawab di pundak individu, sehingga orang tersebut bekerja lebih keras dan lebih produktif dari biasanya.

3. Lebih Banyak Keahlian untuk Semua Orang

Mendelegasikan kepemimpinan memberi mereka kesempatan untuk berlatih. Karena sifat pendelegasian, pemimpin dapat melatih bawahannya dan pemimpin juga dapat belajar dari karyawan.

4. Kepemimpinan Membutuhkan Perencanaan

Perencanaan dan pengorganisasian adalah proses yang panjang. Delegasi akan memberikan cukup waktu untuk rencana yang jauh lebih efektif.
5. Pengaturan Tugas

Semua tugas tidak sama. Beberapa merupakan prioritas tinggi, sementara yang lain dapat ditunda. Dalam kasus seperti itu, delegasi bisa sangat membantu.

Yang Berperan dalam Pendelegasian Sebuah Tugas atau Wewenang

Dalam suatu tim kerja, yang bisa didelegasikan adalah wewenang atau tugas.

Pendelegasian berarti memberikan wewenang atau tugas kepada anggota tertentu dari kelompok. Ketika mendelegasikan sesuatu, ada beberapa faktor yang sangat penting, yaitu:

1.Wewenang

Dalam organisasi bisnis, wewenang adalah kekuatan dan hak orang untuk secara efektif menggunakan sumber daya yang tersedia untuk tujuan bersama.

Wewenang atau otoritas mengalir dari atas ke bawah. Pendelegasian harus dapat menjelaskan bisnis atau pekerjaan kepada anggota tim dan memberikan tugas kepada orang yang tepat.

2.Tanggung Jawab

Dalam ilmu manajemen, tanggung jawab adalah kewajiban seseorang untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya.
Tanggung jawab sering kali berhubungan erat dengan penghargaan. Dengan kata lain, jika Anda mampu membuat diri Anda bertanggung jawab atas otoritas atau wewenang yang telah diberikan kepada Anda, Anda akan diberi imbalan atau penghargaan. Jika tidak, Anda harus menanggung semua konsekuensinya.

3.Akuntabilitas

Akuntabilitas dapat diartikan sebagai kewajiban seseorang atau tim. Akuntabilitas adalah perwujudan dari rasa tanggung jawab untuk memuaskan pihak yang telah memberikan suatu wewenang atau tugas.

Akuntabilitas membutuhkan tanggung jawab dari kedua belah pihak. Si pemberi wewenang atau tugas harus bisa mempertanggungjawabkan alasan pemberian tersebut. Sedangkan si penerima harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya.

Contoh Delegasi

Berikut adalah contoh delegasi yang mudah ditemukan, misalnya saat manager bagian marketing harus menghadiri meeting di luar kantor namun beliau juga harus menghadiri monthly meeting bersama manager lain di kantor karena dirasa meeting di luar kantor lebih mendesak kemudian beliau mendelegasikan wewenang kepada wakil manager marketing untuk menghadiri monthly meeting di kantor.

Kesimpulan

Delegasi tentunya hal yang sangat penting dalam kepemimpinan dan pasti ditemukan dalam dunia pekerjaan apapun.
Jika Anda seorang pemimpin yang peduli dengan produktivitas, tekanan, beban kerja, dan keseluruhan lingkungan ruang kerja Anda, pendelegasian adalah pendekatan yang berguna.

Ini juga memberi karyawan kesempatan untuk lebih mengeksplorasi keterampilan mereka, terutama di bidang yang mereka sukai dan kuasai.
Tentu saja, ini akan terus menguntungkan bisnis dan organisasi di masa depan. Tetapi sebuah pendelegasian tidak dapat dilakukan dengan cara yang ceroboh dan harus dilakukuan secara bijaksana. Ingatlah untuk memilih orang yang tepat untuk melakukannya dan harus ada evaluasi di akhir pendelegasian.

Untuk itu, pemimpin harus mampu berkomunikasi secara efektif dengan anggota tim. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif ini memungkinkan seorang manajer untuk membangun hubungan yang baik dengan semua anggota tim dan memungkinkan anggota tim untuk mengetahui keterampilan mereka.

Terimakasih.

Daftar Pustaka
Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,1991.
Miftah Thoha, Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: RajaGrafindo Persada,1983.
https://accurate.id/marketing-manajemen/arti-delegasi/
https://www.mistar.id/opini/pentingnya-delegasi-dalam-kepemimpinan/
https://www.cermati.com/artikel/pentingnya-pendelegasian-tugas-di-sebuah-perusahaan
https://presenta.co.id/artikel/pengertian-delegasi-manfaat/
https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/757

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun