Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Topik Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Merancang KKTP (Guru)

17 Desember 2023   19:56 Diperbarui: 17 Desember 2023   21:11 19266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penentuan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran menjadi salah satu langkah penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Indonesia. 

Melalui inisiatif ini, diharapkan guru dapat merancang atau menyesuaikan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Dalam pelaksanaan langkah konkret ini, guru akan menganalisis tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Analisis ini dilakukan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran tersebut. 

Jika tujuan pembelajaran belum tercapai, guru perlu mengembangkan atau menyesuaikan KKTP.

Dalam pengembangan atau penyesuaian KKTP, guru perlu memperhatikan beberapa aspek berikut:

Tujuan pembelajaran harus jelas, spesifik, dan dapat diukur.
KKTP harus mampu menggambarkan sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.
KKTP harus dapat dicapai oleh peserta didik dengan usaha yang wajar.

Deskripsi

1. Proses membuat atau memodifikasi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang saya lakukan melibatkan langkah-langkah esensial. Diskusi antara pendidik dan pertimbangan data siswa penting untuk menyamakan persepsi dan mencapai tujuan pembelajaran yang jelas.
2. Perbedaan utama antara pendekatan deskripsi, rubrik, dan interval nilai mencakup penilaian tugas, komprehensifitas deskripsi, dan kebebasan menentukan interval.

Refleksi

1. Saya banyak belajar tentang Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, dimana dalam hal ini mencerminkan sejauh mana peserta didik mencapai kompetensi. Proses membuat atau memodifikasi kriteria melibatkan pendekatan deskripsi, rubrik, dan interval nilai.
2. Pengalaman aksi nyata merubah saya menjadi individu yang lebih membuka diri terhadap metode pembelajaran, dan mendorong perubahan inisiatif pada diri murid.
3. Setelah aksi nyata ini, saya akan mengimplementasikan perubahan yang dipelajari, meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun