Penulis: Irma Fatima, Patimah, Ican Setyawan, Verdian Syah Dwi Lesmana
Pengertian Manajemen Strategis
Manajemen Strategi adalah seni dan ilmu dari perumusan, pengaplikasian, dan evaluasi dari berbagai keputusan yang memungkinkan perusahaan untuk dapat mencapai tujuannya. Tujuan Manajemen Strategi adalah memanfaatkan dan membuat kesempatan baru dan berbeda untuk masadepan.
Adapun 3 kegiatan utama manajemen strategiÂ
1. Perumusan StrategiÂ
Terdiri dari kegiatan:Â
- Mengembangkan visi dan misiÂ
-Mengidentifikasi kesempatan & hambatan eksternalÂ
-Menentukan kekuatan & kelemahan internalÂ
-Menetapkan tujuan jangka panjangÂ
-Menghasilkan alternatif strategiÂ
-Menentukan strategi khususÂ
Perumusan strategi menghasilkan :Â
-Keputusan untuk memasuki bisnis baruÂ
-Keputusan melepaskan bisnis tertentuÂ
-Pengalokasian sumber dayaÂ
-Keputusan memperluas kegiatan/membuat suatu variasi yang baru
-Keputusan memasuki pasar internasionalÂ
-Keputusan untuk usaha bersamaÂ
-Cara untuk menghindari pengambil alihan yang burukÂ
2. Implementasi StrategiÂ
Untuk mewujudkan strategi yang telah dirumuskan suatu perusahaan dibutuhkan tindakan pegawai dan manajer sesuai dengan rumusan strategi yang dibuat perusahaan. Sering dianggap sebagai tahapan paling sulit dalam manajemen strategi, adapun syarat utama keberhasilan implementasi strategi adalah kemampuan interpersonal.Â
Terdiri dari kegiatan:Â
-Mengembangkan budaya yang mendukung strategi yang telah direncanakan
-Membuat struktur organisasi yang efektifÂ
-Mengarahkan usaha dalam pemasaranÂ
-Mempersiapkan anggaranÂ
-Mengembangkan & memanfaatkan Sistem InformasiÂ
-Menghubungkan antara kompensasi ke karyawan dan kinerja perusahaan
3. Evaluasi StrategiÂ
Fungsi pokok manajer dapat mengetahui informasi tentang keberhasilan strategi yang telah dilaksanakan.Â
Kegiatan PokokÂ
-Mereview faktor eksternal dan internal dari strategi yang dilaksanakanÂ
-Mengukur kinerjaÂ
-Mengambil tindakan korektifÂ
Karakteristik Manajemen StrategisÂ
Pada umumnya manajemen sungguh berbeda dengan aspek lainnya dimana manajemen strategi ini senantiasa menyikapi dinamika terjadinya suatu perubahan lingkungan, sehingga bisa mempengaruhi terhadap implementasi manajemen itu sendiri serta berupaya untuk merealisasikan tujuan yang telah ditetapkan dan sejalan pada hal tersebut maka berikut ini akan ditunjukkan karakteristik manajemen strategis :
1. Manajemen strategi bersifat jangka panjang
2. Manajemen strategi bersifat dinamik
3. Manajemen strategi merupakan suatu yang berpadu oleh manajemen operasional
4. Manajemen strategi berorientasi untuk masa depan
5. Manajemen strategi senantiasa harus didorong dan didukung dalam pelaksanaannya oleh semua sumber daya ekonomi yang tersediaÂ
KesimpulanÂ
1. Manajemen strategi merupakan komponen penting di dalam sebuah perusahaanÂ
2. Manajemen strategis berperan penting dalam proses pengambilan keputusan
3. Karakteristik manajemen strategis sendiri ialah mengikuti perubahan lingkungan
4. Tahap awal dalam manajemen strategis adalah menentukan visi misi perusahaan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H