Mohon tunggu...
Irma Fatima
Irma Fatima Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

my dreams is flying

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

The Nature of Strategic Management: Pengertian dan Karakteristik Manajemen Strategis

5 Juli 2023   22:14 Diperbarui: 5 Juli 2023   22:23 653
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis: Irma Fatima, Patimah, Ican Setyawan, Verdian Syah Dwi Lesmana

Pengertian Manajemen Strategis

Manajemen Strategi adalah seni dan ilmu dari perumusan, pengaplikasian, dan evaluasi dari berbagai keputusan yang memungkinkan perusahaan untuk dapat mencapai tujuannya. Tujuan Manajemen Strategi adalah memanfaatkan dan membuat kesempatan baru dan berbeda untuk masadepan.

Adapun 3 kegiatan utama manajemen strategi 

1. Perumusan Strategi 

Terdiri dari kegiatan: 

- Mengembangkan visi dan misi 

-Mengidentifikasi kesempatan & hambatan eksternal 

-Menentukan kekuatan & kelemahan internal 

-Menetapkan tujuan jangka panjang 

-Menghasilkan alternatif strategi 

-Menentukan strategi khusus 

Perumusan strategi menghasilkan : 

-Keputusan untuk memasuki bisnis baru 

-Keputusan melepaskan bisnis tertentu 

-Pengalokasian sumber daya 

-Keputusan memperluas kegiatan/membuat suatu variasi yang baru

-Keputusan memasuki pasar internasional 

-Keputusan untuk usaha bersama 

-Cara untuk menghindari pengambil alihan yang buruk 

2. Implementasi Strategi 

Untuk mewujudkan strategi yang telah dirumuskan suatu perusahaan dibutuhkan tindakan pegawai dan manajer sesuai dengan rumusan strategi yang dibuat perusahaan. Sering dianggap sebagai tahapan paling sulit dalam manajemen strategi, adapun syarat utama keberhasilan implementasi strategi adalah kemampuan interpersonal. 

Terdiri dari kegiatan: 

-Mengembangkan budaya yang mendukung strategi yang telah direncanakan

-Membuat struktur organisasi yang efektif 

-Mengarahkan usaha dalam pemasaran 

-Mempersiapkan anggaran 

-Mengembangkan & memanfaatkan Sistem Informasi 

-Menghubungkan antara kompensasi ke karyawan dan kinerja perusahaan

3. Evaluasi Strategi 

Fungsi pokok manajer dapat mengetahui informasi tentang keberhasilan strategi yang telah dilaksanakan. 

Kegiatan Pokok 

-Mereview faktor eksternal dan internal dari strategi yang dilaksanakan 

-Mengukur kinerja 

-Mengambil tindakan korektif 

Karakteristik Manajemen Strategis 

Pada umumnya manajemen sungguh berbeda dengan aspek lainnya dimana manajemen strategi ini senantiasa menyikapi dinamika terjadinya suatu perubahan lingkungan, sehingga bisa mempengaruhi terhadap implementasi manajemen itu sendiri serta berupaya untuk merealisasikan tujuan yang telah ditetapkan dan sejalan pada hal tersebut maka berikut ini akan ditunjukkan karakteristik manajemen strategis :

1. Manajemen strategi bersifat jangka panjang

2. Manajemen strategi bersifat dinamik

3. Manajemen strategi merupakan suatu yang berpadu oleh manajemen operasional

4. Manajemen strategi berorientasi untuk masa depan

5. Manajemen strategi senantiasa harus didorong dan didukung dalam pelaksanaannya oleh semua sumber daya ekonomi yang tersedia 

Kesimpulan 

1. Manajemen strategi merupakan komponen penting di dalam sebuah perusahaan 

2. Manajemen strategis berperan penting dalam proses pengambilan keputusan

3. Karakteristik manajemen strategis sendiri ialah mengikuti perubahan lingkungan

4. Tahap awal dalam manajemen strategis adalah menentukan visi misi perusahaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun