Mohon tunggu...
INUK KRISTINUMARA
INUK KRISTINUMARA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidik dengan hobi menulis sastra seperti cerpen, puisi, pantun, dan pentigraf. Mulai suka menulis sejak duduk di Sekolah Dasar. Tahun 2008, cerpen “Sampaikan Salamku Padanya” dimuat di Majalah “Warta” Pacitan. Tahun 2021, cerpen “Binar Mata Oliv dan Sebuah Medali” di terbitkan dam sebuah buku antologi “Sinergi Guru dan Siswa Wujudkan Prestasi” oleh penerbit OASE PUSTAKA, 5 judul pantun dalam buku antologi “Panorama Pantun” oleh penerbit Kamila Press, 5 judul puisi dalam buku antologi “Merajut Kata Selaksa Makna” oleh penerbit Kamila Press. Tahun 2022, pentigraf “Cinta Yujin” dan “Bola” dalam buku antologi “Tiga Tapak Rona Kehidupan” oleh penerbit OASE PUSTAKA. Selain membuat buku antologi juga pernah menjadi juara 2 dalam menulis Cerpen Kenangan yang diselenggarakan oleh penerbit Alfabeta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

28 November 2023   21:55 Diperbarui: 28 November 2023   22:24 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL PJBL DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYA PEGAS

 Disusun oleh: 

Inuk Kristin Umara, S.Pd.

 PPG DALAM JABATAN 

UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN

2023

 

BAB 1

PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan fondasi yang sangat penting dalam membentuk potensi setiap individu. Dalam upaya menciptakan pengalaman belajar yang inklusif dan efektif, pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran Project Based learning (PjBL) menjadi pendekatan yang semakin diperhatikan. Model ini tidak hanya memahami keunikan setiap siswa, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif melalui proyek kolaboratif. Pendekatan ini bukan sekedar metode pembelajaran, melainkan filosofi mendalam untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat meraih potensinya secara optimal. Dalam tulisan ini kita akan menelusuri esensi dan manfaat dari pembelajaran berdiferensiasi dengan model PjBL, serta bagaimana pendekatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap pembelajaran di kelas. 

"Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru harus memahami dan menyadari bahwa tidak ada hanya satu cara, metode, strategi yang dilakukan dalam mempelajari suatu bahan pelajaran (Teuku, 2022,  hal . 2)." Berbagai cara pengajaran memiliki peran penting karena setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun