Mohon tunggu...
Azhar Vilyan
Azhar Vilyan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Bukannya benci keramaian, hanya cemburu pada kebisingan.

Aku hanya seonggok materi yang diterbangkan oleh keajaiban. WA-082311124888 (Ing 786)

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Kekuatan Slogan dalam Kampanye: Slogan Asik Tenggelam oleh Slogan Well di Pilkada Sukabumi

28 Oktober 2024   13:20 Diperbarui: 28 Oktober 2024   14:51 499
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi pecinta olahraga seringkali bahkan sudah biasa menyaksikan pertandingan sepak bola di mana sebuah tim yang terdesak bisa membalikkan keadaan dalam sekejap. Analogi serupa terjadi juga dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.

Pasangan calon nomor 01  Iyos-Zainul  bisa dikatakan sedikit lebih unggul dalam debat publik yang dilaksanakan pada tanggal 26 lalu. Yang mana Paslon 02 terpeleset dalam menjawab  isu stunting.  Namun ternyata keunggulan 01 ini tak bertahan lama. 

Jalan santai yang digagas Paslon 01 yang diikuti ribuan massa  menjadi titik balik yang sangat tak terduga. Kehadiran Dedi Mulyadi, calon gubernur Jawa Barat, dalam acara tersebut membawa 'masalah' baru. Dedi Mulyadi, yang seyogyanya mendukung Paslon 01, tetapi entah mengapa dia secara spontan meneriakkan slogan "Well, Well" yang selama ini identik dengan Paslon 02. Dan lucunya ajakan Kang Dedi itu ternyata diikuti oleh massa dengan menjawab well secara bersama-sama

Sebagaimana diketahui selain tagline "Lanjutkan Kebaikan" Slogan "Well, Well" yang dipopulerkan oleh konten kreator Bang Jek asal Ciamis, juga telah menjadi bagian dari branding Paslon 02. Penggunaan slogan ini oleh Dedi Mulyadi secara tidak langsung melemahkan identitas Paslon 01. Bahkan, dalam sebuah video yang beredar, Iyos terlihat meminta kepada timnya agar  Dedi Mulyadi untuk tidak menggunakan slogan tersebut.

Lalu apakah penting slogan dalam kampanye politik? Tentu saja sangat penting.

Dalam perspektif komunikasi politik, slogan berperan penting. Erving Goffman dalam karyanya mengenai interaksi sosial dan identitas, dia menjelaskan penggunaan simbol (termasuk slogan) dapat membentuk identitas sosial dan bisa mengkomunikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya terhadap  orang lain

Selain itu dalam membangun identitas dan relasi secara emosional dengan masyarakat. Slogan yang tepat dan mudah diingat akan dapat menanamkan kesan yang kuat bagi masyarakat terhadap pengguna slogan tersebut.

Kembali ke Pilkada Sukabumi, penggunaan slogan "Well" oleh Dedi Mulyadi telah menciptakan kebingungan di antara pendukung Paslon 01. Mereka tentu bertanya-tanya apakah Dedi Mulyadi sebenarnya mendukung Paslon 01 atau Paslon 02. Karena slogan itu telah sama-sama mereka ketahui adalah jargon dari Paslon 02. Jika Kang Dedi mendukung Paslon 02 lantas mengapa Dedi Mulyadi hadir di Kampanye milik 01. 

Hal ini tentu selain membingungkan juga  mengaburkan identitas Paslon 01 di mata masyarakat luas, dan semakin mempertegas atau menguatkan slogan dari Paslon 02 di mata mereka.

Selain masalah slogan, Paslon 01 juga menghadapi masalah lain, yaitu kericuhan saat pembagian hadiah dalam acara jalan santai. Ketidakpuasan peserta terhadap hadiah yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan memicu keributan. Kejadian ini semakin memperburuk citra Paslon 01.

Berbagai akun media sosial melaporkan bahwa kericuhan tersebut dipicu oleh ketidakpuasan peserta terhadap hadiah yang diberikan oleh panitia. Menurut beberapa narasi, hadiah utama yang dijanjikan, yaitu sepeda, ternyata diganti dengan panci. Alamak..!

Ketidaksesuaian antara janji dan kenyataan inilah yang diduga menjadi pemicu kemarahan peserta. Meskipun ada juga yang mengatakan peristiwa tersebut terjadi karena kurangnya waktu untuk membagikan hadiah.

Reaksi masyarakat di sosial media atas kejadian ini sangat beragam, namun secara umum dapat dikatakan bahwa banyak yang merasa kecewa terhadap penyelenggara acara. Publik cenderung melihat kejadian ini sebagai cerminan dari kurangnya persiapan dan koordinasi yang baik dari tim kampanye Iyos-Zaenul.

Serangkaian peristiwa yang terjadi dalam 1 hari yang sama, mulai dari penggunaan slogan yang membingungkan hingga kericuhan dalam acara, telah memberikan pukulan telak bagi Paslon 01.

Dapat dikatakan untuk sementara Paslon Nomor 02  sangat diuntungkan atas kejadian tersebut. 

Azhar Vilyan

Mahasiswa Komunikasi Politik Program Magister Universitas Paramadina.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun