Mohon tunggu...
Ineka YuliantiPrasetiyawati
Ineka YuliantiPrasetiyawati Mohon Tunggu... Guru - guru

seorang pendidik yang hobi membuat kerajinan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

5 Desember 2022   11:39 Diperbarui: 5 Desember 2022   11:46 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi

SMA Negeri 1 Patikraja

Lingkup Pendidikan

SMA

Tujuan yang ingin dicapai

AKSI 1 : Meningkatkan motivasi peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada materi indeks harga

AKSI 2 : Meningkatkan pemahaman peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan metode drill pada materi inflasi

AKSI 3 : Meningkatkan keaktifan peserta didik  dalam berkelompok melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan metode kolaboratif pada materi kebijakan moneter

AKSI 4 : Meningkatkan pemahaman peserta didik melalui model pembelajaran Project Based Learning pada materi kebijakan fiskal

Penulis

Ineka Yulianti Prasetiyawati

Tanggal

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

  • Rendahnya motivasi belajar siswa
  • Siswa kesulitan memahami materi ekonomi yang bersifat kuantitatif
  • Hubungan antar siswa yang kurang baik
  • Pembelajaran belum maksimal dalam mengajarkan siswa untuk berpikir kritis dan analitis

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu:

  • Model dan metode pembelajaran lebih bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
  • Menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
  • Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik atau meningkatkan motivasi belajar siswa.
  • Proses pembelajaran lebih terstruktur.
  • Guru berperan sebagai fasilitator.
  • Saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik lebih fokus dan pembelajaran lebih menarik.
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan atau sesuai harapan.

Yang menjadi peran dan tanggung jawab dalam praktik pembelajaran ini adalah:

  • Memperoleh bimbingan dalam persiapan pelaksanaan PPL aksi ke-1 - aksi ke-4.
  • Berdiskusi dan mempresentasikan hasil penyusunan rencana pembelajaran PPL aksi ke-1 - aksi ke-4 bersama dosen, guru pamong, rekan-rekan mahasiswa PPG.
  • Melakukan revisi perangkat pembelajaran PPL aksi aksi ke-1 - aksi ke-4 berdasarkan dari hasil presentasi dan diskusi yang telah dilakukan.
  • Menyiapkan perangkat pembelajaran ke-1 - ke-4, selanjutnya mengunggah di LMS.
  • Melaksanakan PPL aksi aksi ke-1 - aksi ke-4 dan mendokumentasikan dalam bentuk video proses pelaksanaan PPL tersebut.
  • Melakukan editing hasil rekaman pelaksanaan PPL aksi ke-1 - aksi ke-4 menjadi durasi 10 sampai 15 menit.
  • Melakukan unggah link video full, link video editan PPL aksi ke-1 sampai aksi ke-4 di LMS.
  • Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

tantangan yang dihadapi untuk mencapai tujuan

  • Motivasi belajar peserta didik.
  • Kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran.
  • Kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang disajikan.
  • Hubungan antar peserta didik dalam proses pembelajaran maupun setelah pembelajaran
  • Pendidikan karakter baik dalam proses maupun setelah proses pembelajaran.

Pihak yang terlibat pada PPL aksi ke-1 sampai aksi ke-4 adalah:

  • Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran.
  • Guru sebagai fasilitator.
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pelaksanaan PPL aksi ke-1.
  • Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.
  • Pihak sekolah yang menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan ini.
  • Tim RKP (rumah kaca production) dari sekolah yang membantu perekaman kegiatan pembelajaran.

Aksi

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:

  • Aksi ke -1
  • “Mempersiapkan perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian),menggunakan strategi pembelajaran (pendekatan saintifik, model PBL, media mind mapping)”
  • Aksi ke-2 
  • “Mempersiapkan perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian),menggunakan strategi pembelajaran (pendekatan saintifik, model PBL, metode drill)”
  • Aksi ke-3
  • “Mempersiapkan perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian),menggunakan strategi pembelajaran (pendekatan saintifik, model PBL, metode kolaboratif”.
  • Aksi ke-4
  • “Mempersiapkan perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian),menggunakan strategi pembelajaran (pendekatan saintifik, model PJBL”.
  • Mempersiapkan fasilitas yang diperlukan (LCD, laptop, camera, spidol, papan tulis, sound, microphone, dll)
  • Mencari lokasi signal yang stabil yang ada di kelas/lab komputer/ruang serbaguna sehingga bisa online dengan dosen dan guru pamong.
  • Mendapat dukungan dari kepala sekolah
  • Mempersiapkan tempat bagi teman sejawat untuk menilai praktik pembalajaran.
  • Memerlukan kerja sama antara peserta didik yang membantu pada saat pengambilan video.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan adalah:

  • Peserta didik lebih termotivasi dalam belajar.
  • Pemahaman peserta didik terkait materi kuantitatif lebih baik
  • Keharmonisan antar siswa terjalin dengan saling berkolaborasi dalam kelompok belajar maupun diluar kelompok belajar.
  • Hasil belajar peserta didik meningkat.
  • Semua dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
  • Tercapainya kegiatan sesuai dengan harapan.

Apa hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?

Hasil dari kegiatan yang dilakukan sangat efektif karena dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, keharmonisan peserta didik serta hasil belajar peserta didik.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan :

  • Respon dari peserta didik :
  • “peserta didik sangat senang dengan pembelajaran ini karena pembelajaran yang dilaksanakan tidak membosankan dan bervariatif sehingga lebih termotfasi untuk belajar, melatih kemampuan menganalisis dan pemahaman lebih baik khususnya materi kuantitatif yang cukup sulit dipahami sebelumnya, serta kelompok yang bergantian membuat kami paham bahwa bersosialisasi dengan teman yang lain sangat menyenangkan”.
  • Respon kepala sekolah :
  • “kegiatan pembelajaran dengan pembekalan pada PPI membawa dampak sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, demi menunjang guru yang profesional”.
  • Respon Rekan sejawat :
  • “sangat positif dan antusias dengan kegiatan pembelajaran, sehingga mereka juga ingin melaksanakan model dan metode serta media pembelajaran yang telah saya laksanakan supaya peserta didik lebih termotivasi dalam belajar, memeahami materi, tercipta keharmonisan di kelas maupun diluar kelas, serta hasil belajar yang memuaskan.

Yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah:

  • Dukungan kepala sekolah sehingga saya semangat daam melaksanakan tugas PPI aksi ke-1 sampai aksi ke-4 ini dengan baik
  • Bimbingan dan motivasi dari dapak dosen dan ibu guru pamong yang senantiasa memberikan masukan-masukan yang menambah keefektifan dalam pembelajaran maupun dalam inovasi pembelajaran.
  • Rekan PPG yang saling memberikan contoh yang baik dalam pembelajaran, strategi mengajar yang menarik dan masukan terkait inovasi pembelajaran yang lebih menarik.
  • Rekan sejawat yang turut mendukung dan membantu menilai, mengamati dan memberikan masukan-masukan supaya dapat memberikan pembelajaran yang lebih baik lagi.
  • Tim RKP (rumah kaca production) yang telah mempersiapkan alat dalam proses perekaman dan merekam kegiatan pembelajaran dengan sangat baik.
  • Situasi dan kondisi sangat mendukung terlaksananya kegiatan PPL aksi ke-1 sampai aksi ke-4.
  • Dapat mengantisipasi atau mengatasi tantangan yang dihadapi sebelum hari pelaksanaan PPL aksi ke-1 sampai aksi ke-2
  • Penguasaan guru dalam menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah dibuat.
  • Berusaha melaksanakan semaksimal mungkin apa yang telah direncanakan.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

  • Persiapan yang matang sebelum kegiaran pembelajaran merupakan kunci pembelajaran yang efektif.
  • Pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan pendekatan, model, metode dan media yang sesuai dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan, keharmonisan dalam pembelajaran, serta hasil belajar yang lebih baik.
  • Pembelajaran lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih tertarik dan fokus dalam pembelajaran.
  • Dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehari-hari guru lebih tertib melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai sintak dalam perangkat pembelajaran serta peserta didik pun turut tertib dalam pelaksanaan kegiaran pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun