Mohon tunggu...
Indra Rahadian
Indra Rahadian Mohon Tunggu... Administrasi - Pegawai Swasta

Best In Fiction Kompasiana Award 2021/Penikmat sastra dan kopi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Charlie dan Harie

4 November 2020   21:17 Diperbarui: 4 November 2020   21:44 452
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Harie pun yang datang dengan anjing peliharaannya yang diberi nama Poki, akhirnya melepaskan Poki untuk menggonggong pada Charlie dan hewan peliharaannya Maco, hingga kedua hewan peliharaan itu pun bertarung dengan sengit.

Setelah selesai bertarung, Maco dan Poki malah mengejar anak-anak lainnya yang tengah bermain di lapangan desa alas bentala, kedua hewan peliharaan tersebut menyalak hingga terdengar ke seantero desa.

Dan saat anak-anak desa sibuk melempar Maco dengan sandal, karena merasa terganggu dengan gonggongannya, Charlie malah tengah duduk santai sembari menikmati sebuah roti bagguete dengan mayones diatasnya.

Sementara Harie dengan perasaan yang masih kesal dengan Charlie, akhirnya memutuskan untuk pulang kerumah, tanpa memperdulikan nasib Poki hewan peliharaannya yang berlarian entah kemana.

Sungguh tidak terpuji tindakan Charlie dan Harie, melemparkan masalah pada anjing peliharaan mereka lalu bersembunyi dari teman-teman yang terganggu oleh ulah mereka.

Sejak saat itu, Charlie dan Harie tidak lagi mempunyai teman bermain selain dengan anjing peliharaan mereka masing-masing.

Charlie yang tidak mengenal kata maaf dan memaafkan, tak dapat menahan dirinya untuk berhenti mengejek, diapun tidak lagi mendapatkan teman bermain di lapangan desa alas bentala.

Sementara Harie yang tidak dapat mengendalikan amarahnya, dijauhi teman-teman yang takut pada sikap tempramen Harie yang mudah merasa tersinggung.

Padahal, teman-teman yang lain hanya menantikan sebuah kata maaf dan sikap kesatria dari Charlie dan Harie untuk berani bertanggung jawab dan memperbaiki diri.

Karena sebagai seorang anak yang baik, jika berani berbuat harus berani bertanggung jawab, bukan malah lari dari masalah dan membiarkan binatang peliharaannya berada pada situasi bahaya.

*Anak-anak kita harus mengenal kata maaf dan memaafkan, berani bertanggung jawab dan belajar dari kesalahannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun