Mohon tunggu...
Ika Lestari
Ika Lestari Mohon Tunggu... Guru - GURU

Saya adalah seorang tenaga pendidik disebuah sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Kudus

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas XI Menulis Pariwara Visual Berbasis Tpack Menggunakan Aplikasi Canva dengan Model PBL

30 November 2023   13:50 Diperbarui: 30 November 2023   17:50 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARIWARA VISUAL BERBASIS TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE) MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KUDUS 

Lokasi : SMK NEGERI 1 KUDU

Penulis : IKA LESTARI

Lingkup Pendidikan : SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Tanggal

Pelaksanaan : 11 Oktober 2022

Penulisan Bast Practice : 22 November 2022

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan keterampilan menulis pariwara visual berbasis TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) menggunakan aplikasi CANVA dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) padabpeserta didik kela XI di SMK Negeri 1 Kudus.

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

1. Rendahnya keterampilan peserta didik dalam memproduksi karya tulis berupa pariwara visual.

2. Model pembelajaran yang di gunakan tenaga pendidik masih konvensional dan kurang bervariatif.

3. Media dan bahan ajar yang digunakan tenaga  pada materi pariwara (iklan) kurang menarik.

4. Peserta didik belum mampu mengungkapkan ide dengan tingkang komunikatif penulisan pariwara dengan jelas.

5. Peserta didik belum mampu menggunakan kata / kalimat yang mengandung apersepsi/ ajakan secara tepat.

6. Tenaga pendidik belum memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar.

Media pembelajaran hanya berpusat pada buku/ buku teks, serta belum memahami mengenai materi Pariwara sehingga peserta didik masih kesulitan dalam memproduksi Teks Pariwara.

Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru/ tenaga pendidik yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang dianggap sesuai untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Tantangan :

Berdasarkan hasil pengamatan kajian literatur dan wawancara dengan teman  sejawat, pelaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning ini tentu saja memiliki tantangan, diantaranya:

1. Cara guru/ tenaga pendidik mengajar yang cenderung cenderung kurang menarik, mengakibatkan peserta didik mengalami kejenuhan Ketika pembelajaran. Guru/ tenaga pendidik hanya terfokus pada satu sumber informasi yaitu buku teks/paket peserta didik

2. Model serta media pembelajaran yang kurang inovatif mengakibatkan peserta didik mengalami kejenuhan

3. Membutuhkan persiapan lebih untuk menyiapkan alat, permasalah, konsep, media, dan persiapan lainnya.

4. Memerlukan waktu yang cukup panjang dalam pelaksanaannya.

Untuk meminimalkan tantangan tersebut, guru akan melakukan tindakansebagai berikut:

1. Tenaga pendidik vmenyiapkam alat dan bahan secara maksimal melakukan beberapa persiapan diantaranya menggunakan fasilitas printer sekolahan untuk mencatak media ajar, LKPD, meminjam projector untuk mendukung media ppt yang disiapkan.

2. Tenaga pendidik melakukan diagnostik untuk mengetahui kebutuhan belajar siswa.

3. Penggunaan pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran menulis teks pariwara. menggunakan bahasa jawa mampu menarik minat peserta didik untuk menikuti pembelajaran secara aktif

Berdasarakan tantangan diatas dapat disimpulkan tantangan yang dihadapi adalah melibatkan peran guru/ tenaga pendidik dalam hal kompetensi yang harus dikembangkan.  Adapun kompetensi tersebut antar lain kompetensi pedagogik dan profesional

Aksi :

A. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah :

Pertemuan 1 (2x 45 menit)

1. Menggunakan alat multimedia pada saat proses pembelajaran

2. Tenaga pendidik/ Guru menggunakan strategi pembelajaran dengan pengamatan dan berbagai media iklan yang ada di media social yang berkaitan dengan prodak jurusan. menggunakan bahasa jawa

3. Tenaga pendidik/ Guru memberikan penjelasan serta bimbingan penulisan teks pariwara berdasarkan contoh teks, brosur bergambar maupun video yang disajikan.

B. Strategi yang Digunakan

Guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan menggunakan media audio video dan materi yang disajikan lewat emaze   https://www.emaze.com/@ALLLWZTIW/virtual-school 

C. Proses Problem Based Learning

a. Tenaga pendidik/ Guru merancang perangkat pembelajaran mulai dari model ajar, LKPD, dan instrumen penilaian untuk materi menulis teks pariwara

b. Berkoordinasi dengan dosen pembimbing , guru pamong, kepala sekolah dan rekan sejawat untuk rencana serta pelaksanaan mengajar

c. Mempersiapkan alat serta media untuk mengajar, ruang kelas, serta peserta didik sebelum kegiatan mengajar yang dilakukan

d. Melaksanakan kegiatan mengajar mulai dari kegiatan pendahuluan, apresepsi, ice breaking, kegiatan inti serta penutup sesuai dengan sintaks PBL.

e. Tenaga Pendidik/ Guru menggorganisasikan peserta didik ke dalam beberapa kelompok mencermati gambar/ hasil produk praktik berupa pangan tradisional untuk bisa menuliskan objek yang tersedia menggunakan bahasa jawa yang benar

f. Secara berkelompok mengamati dan membuat teks pariwara bentuk Brosur sesuai produk hasil keterampilan jurusan ( panganan tradisional) menggunakan bahasa jawa yang baik, benar dan menarik.

g. Tenaga Pendidik / Guru melakukan evaluasi pada peserta didik untuk mengetahui pemahaman peserta didik.

i. Melakukan refleksi pembelajaran

Adapun Langkah dalam pembelajaran :

Kegiatan Pendahuluan :

1. Peserta didik menjawab salam.

2. Peserta didik berdoa sebelum memulai pembelajaran.

3. Pendidik memeriksa kehadiran peserta didik.

4. Ice Breaking

5. Peserta didik merespon pertanyaan dari Pendidik.

6. Pendidik memberikan pertanyaan pemantik :

a. Sapa siswa kang ora duweni akun medhia sosial?

b. Ana kang ngerti iklan?

c. Iklan jenise ana pira?

d. Ngerti bagian bagian iklan apa wae?

Kegiatan Inti : 

A. Mengorientasi peserta didik pada masalah.

a. Guru menyampaikan masalah kepada siswa yang akan dipecahkan secara kelompok

b. Peserta didi dalam Kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan yang disarankan

1. Peserta didik menyimak brosur promosi dengan seksama

2. Peserta didik mengamati materi pariwara (mengamati )

3. Peserta didik bertanya jawab berkaitan materi yang telah ditayangkan melalui media

B. Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran

1. Guru memastikan setiap anggota memahami tugas masing-masing.

2.  Peserta didik berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/ bahan- bahan/ alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah.

a.  Peserta didik dibagi kelompok oleh guru yang terdiri dari 4 peserta didik

b. Peserta didik bersama dengan kelompoknya mendapatkan LKPD sebagai bahan untuk mengerjakan tugasnya

C. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok.

a. Guru memantau keterlibatan peserta didik dalam pengumpulan data/ bahan selama proses penyelidikan.

b. Kelompok melakukan diskusi untuk menghasil-kan solusi pemecahan masalah dan hasilnya dipresentasikan/disajikan dalam bentuk karya.

c. Peserta didik melakukan penyelidikan (mencari data/ referensi/ sumber) untuk bahan diskusi kelompok.

D.  Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

Guru memantau diskusi dan membimbing pembuatan laporan sehingga karya setiap kelompok siap untuk dipresentasikan

1. peserta didik menanggapi isi dari pariwara dengan bahasa yang santun

2. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya ( Mengkomunikasikan )

E. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Guru membimbing presentasi dan mendorong kelompok memberikan penghargaan serta masukan kepada kelompok lain. Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi.

1. Peserta didik yang lain bersama guru memberikan tanggapan berkaitan hasil diskusi yang disampaikan.

2. Guru memberikan hasil presentasi.

Kegiatan Penutup :

1. Guru menanya kepada siswa simpulan materi secara singkat sebagai bentuk penguatan materi.

2. Peserta didik menyampaikan simpulan materi secara singkat sebagai bentuk penguatan materi.

3. Guru menanyakan kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran sebagai bentuk refleksi

4. Guru menjelaskan Kagiyatan pada pertemuan berikutnya.

5. Peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan “Doa”dan salam penutup

D. Sumber Daya atau Materi yang diperlukan untuk melaksanakan Strategi yaitu:

Menggunakan alat proyektor dan laptop, materi video pembelajaran, contoh teks pariwara bentuk Brosur sebagai pendukung.

Sumber Daya atau Materi yang diperlukan untuk melaksanakan Strategi yaitu:

Menggunakan alat proyektor dan laptop, materi video pembelajaran, contoh teks pariwara bentuk Brosur sebagai pendukung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun