Mohon tunggu...
Ika Lestari
Ika Lestari Mohon Tunggu... Guru - GURU

Saya adalah seorang tenaga pendidik disebuah sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Kudus

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul Ajar Unggah-ungguh Basa Jawa (Berbicara)

28 November 2023   11:05 Diperbarui: 28 November 2023   11:12 851
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MODUL AJAR                                                            

UNGGAH UNGGUH BAHASA JAWA (BERBICARA)

A. IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun: Ika Lestari, S.Pd

Sekolah: SMKN 1 KUDUS

Tahun Pelajaran: 2023/2024

Jenjang: SMK

Kelas: XI (Fase F) Berbicara

Alokasi Waktu: 45 Menit

B. Kompetensi Awal:

Peserta didik mampu berbicara menggunakan ragam Bahasa Jawa ngoko dan krama.

C. Profil Pelajar Pancasila:

Bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong

D.   Sarana prasarana dan Media:

Ruang Kelas, LCD, Laptop, Smartphone, koneksi internet, Bahan ajar, PPT, Video, LKPD

E. Target Peserta Didik:

Reguler / umum

F. Metode, model, media pembelajaran dan materi/ sumber belajar :

Metode                          : Problem Based Learning

Model                             : Role Playing

Materi/ Sumber belajar              :

Bausastra online https://www.sastra.org/leksikon

Buku Gayeng Basa Jawa Kelas XI Fase F Penerbit CV Media Karya Putra

Buku Wibawa (Widya Basal lan Sastra Jawa Kelas XI Fase F Penerbit Media Guru  

idik diminta mengingat tentang bagaimana siswa berbicara dengan orang yang lebih tua dan atau orang yang mempunyai jabatan, misalnya dengan orangtua, Tamu di kantor, HRD/Ibu Pendidik, HRD dan Direktur

Peserta didik diberikan kesempatan untuk menetapkan masalah dengan pertanyaan :

G. Capaian Pembelajaran : 

Peserta didik mampu menggunakan Bahasa Jawa sesuai dengan kaidah kebahasaan (paramasastra) dan undha-usuk basa untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan.

H. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Tujuan pembelajaran diharapkan setelah pembelajaran ini:

Peserta didik mampu mengidentifikasi penggunaan Bahasa Jawa sesuai dengan kaidah unggah-ungguh basa.

Peserta didik dapat menggunakan Bahasa Jawa sesuai  unggah-ungguh basa.

Peserta didik mampu berbicara menggunakan Bahasa Jawa sesuai dengan kaidah kebahasaan unggah ungguh basa melalui Pelayanan Prima

L. ASESMEN

DIAGNOSTIK

Dilakukan di awal KBM  

Bentuk : Pertanyaan Lisan

Dilakukan sebelum KBM untuk mengetahui sejauhmana persiapan pembelajaran unggah-ungguh basa.

Bentuk : Pertanyaan Lisan

  • sapa sing wis nate gunake basa krama marang wong tua?
  • sapa sing wis nate gunake basa krama marang wong liya?
  • sapa wae sing seneng gunake basa krama marang sapodho-podho?
  • Nalika matur karo wong sing luwih tuwa, siswa migunakake basa apa?
  • Basa apa kang trep digunaake siswa nalika praktik minangka CS ing resepsionis/ pinangka nawarake barang/ jasa ing sak ngarepe kastemer / tamu kantor, ben kesane wong kuwi duwe adap lan tata kang bener/ trep.?

 Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran

ASESMEN FORMATIF :

Penilaian sikap (profil pelajar pancasila) berupa observasi saat melakukan proses diskusi dalam penggunaan unggah-ungguh basa.

Penilaian unggah -- ungguh Bahasa jawa krama saat melakukan praktik bicara Pelayanan Prima sesuai Tema Temu janji lewat telepon  (kreatif dan imajinatif)

Tanya Jawab lisan waktu presentasi (Kegiatan inti)

Kesesuaian miturut unggah-ungguh basa / bausastra.

( Jenis tembung-tembung kang muncul ing praktik berbicara)

ASESMEN SUMATIF

Penilaian akhir yang dilakukan ketika peserta didik Mampu berbicara unggah-ungguh basa krama melalui rekaman voice not tentang Playanan Prima  sesuai Jurusan Perkantoran Tema Membuat janji menggunakan media Telepone.

I. PEMAHAMAN BERMAKNA :

  • Peserta didik akan menerima   manfaat   setelah   setelah mengikuti proses pembelajaran ini sebagai berikut:
  • Peserta didik dapat mengetahui unggah -ungguh basa jawa
  • Peserta didik dapat menganalisis macam-macam undha-usuk basa
  • Peserta didik dapat berbicara menggunakan undha-usuk basa
  • Peserta didik dapat membuat rekaman voice note menggunakan ragam krama dalam Tema Pelayanan Prima

J. PERTANYAAN    PEMANTIK :

Peserta didik diajak berdiskusi tentang penggunaan Bahasa Jawa sesuai dengan kaidah unggah-ungguh basa, kemudian diberi pertanyaan pemantik.

  • sapa sing wis nate gunake basa krama marang wong tua?
  • sapa sing wis nate gunake basa krama marang wong liya?
  • sapa wae sing seneng gunake basa krama marang sapodho-podho?
  • Nalika matur karo wong sing luwih tuwa, siswa migunakake basa apa?
  • Basa apa kang trep digunaake siswa nalika praktik minangka CS ing resepsionis/ pinangka nawarake barang/ jasa ing sak ngarepe kastemer / tamu kantor, ben kesane wong kuwi duwe adap lan tata kang bener/ trep.?

K. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan  ( 5 Menit ) :

  • Peserta didik menjawab salam.
  • Peserta didik berdoa sebelum memulai pembelajaran.
  • Pendidik memeriksa kehadiran peserta didik.
  • Ice Breaking
  • Peserta didik merespon pertanyaan dari Pendidik.
  • Pendidik memberikan pertanyaan pemantik :
  • sapa sing wis nate gunake basa krama marang wong tua?
  • sapa sing wis nate gunake basa krama marang wong liya?
  • sapa wae sing seneng gunake basa krama marang sapodho-podho?
  • Nalika matur karo wong sing luwih tuwa, siswa migunakake basa apa?
  • Basa apa kang trep digunaake siswa nalika praktik minangka CS ing resepsionis/ 
  • Peserta didik menerima penjelasan mengenai tujuan  pembelajaran
  • Peserta didik menerima penjelasan mengenai tujuan pembelajaran pada pertemuan ke-1.

Kegiatan Inti ( 30Menit ):

Mengorientasi peserta didik pada masalah.

  • Peserta didik mendapatkan pemaparan pendidik tentang undha usuk basa
  • Pendidik menyajikan tayangan PPT yang di akses melalui kode Barkode (TPACK)
  • Peserta didik mencermati PPT dari pendidik 
  • Pendidik menyajikan tayangan video unggah-ungguh /etika
  • Peserta didik diminta mengingat tentang bagaimana siswa berbicara dengan orang yang lebih tua dan atau orang yang mempunyai jabatan, misalnya dengan orangtua, Tamu di kantor, HRD/Ibu Pendidik, HRD dan Direktur
  • Peserta didik diberikan kesempatan untuk menetapkan masalah dengan pertanyaan :

A, Basa apa kang digunakake siswa marang Tamu kang nembe soan ana ing kantor, pendidik, HRD, Direktur, tamu kantor?

B. Apa awakmu bisa nggunakake basa krama?

C. Kira-kira ana pira jinising basa ing basa Jawa? 

(Ada 4, yaitu basa ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu dan krama alus)

D. Kepiye carane nggunakake basa krama kang trep?

 (Masalah yangakan ditetapkan berupa kaidah kebahasaan  unggah-ungguh basa)

Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran

  • Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 2 peserta didik yang nantinya akan ada tanya jawab Resepsionis dan Tamu dengan menggunakan unggah ungguh bahasa yang sesuai.
  • Peserta didik diberikan Lembar Kerja untuk memecahkan masalah yaitu tentang tanya jawab Resepsionis dan Tamu dengan menggunakan Bahasa jawa sesuai unggah ungguh basa jawa  minimal 3 menit
  • Peseerta didik diberikan tema yang harus di pilih sesuai kelompoknya dengan menggunakan permainan SPIND yang berisi undian TEMA yang akan mereka gunakan dalam berbicara Pelayanan Prima Resepsionis tertera di LKPD :
  • Pendidik memberikan penjelasan mengenai pembelajaran yang  akan dilaksanakan yaitu :
  • Peserta didik diberikan LKPD.
  • Peserta didik bersama kelompoknya praktik Pelayanan Prima Perkantoran. Antara Resepsionis dan Tamu menggunakan unggah-ungguh sesuai tema yang didapat) dalam waktu 3 menit. (gentian).
  • Salah satu dari peserta didik merekam kegiatan wawancara  tanya jawab dengan menggunakan bahasa unggah ungguh yang tepat
  • Peserta didik mendesain hasil rekaman tersebut lalu diunggah di akun youtube yang disediakan pendidik

Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok

  • Peserta didik mengamati kelompok lain pada waktu presentasi yang menggunakan unggah-ungguh basa.
  • Peserta didik mengungkapkan ide di dalam kelompok  secara mandiri.
  • Pendidik membimbing penyelidikan yang dilakukan peserta didik.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

  • Peserta didik sesuai kelompok merekam praktik Playanan Prima Perkantoran Resepsionis dan Tamu menggunakan unggah-ungguh Basahasa Jawa ragam Krama dalam waktu 3 menit. Bergantian (langsung depan kelas)
  • Peserta didik mengolah hasil rekaman tersebut lalu diunggah di akun youtube yang disediakan pendidik.
  •     Pendidik dan peserta didik sepakat memili beberapa kelompok  yang akan maju dipilih dengan aplikasi squid ( acak nama )
  •     Peserta didik  yang terpilih maju bersama kelompoknya mempresentasikan hasil kerja kelomponya.
  • Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan, tanggung jawab, bernalar kritis dan kreatif kelompok secara bergantian.

Analisis dan evaluasi

  • Peserta didik memberikan tanggapan kepada kelompok lain yang presentasi secara kritis dan kreatif. ( langsung )
  • Peserta didik dibimbing Pendidik menganalisis hasil diskusi tentang kaidah-kaidah penggunaan Bahasa Jawa sesuai dengan kaidah kebahasaan unggah-ungguh basa.
  • Pendidik memberikan penguatan mengenai kaidah-kaidah penggunaan Bahasa Jawa sesuai  unggah-ungguh basa.

Kegiatan penutup (5 Menit) :

  • Pendidik menyampaikan simpulan materi secara singkat sebagai bentuk penguatan materi.
  • Pendidik menanyakankelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran sebagai bentuk refleksi.
  • Pendidik menjelaskan kegiatan pada pertemuan berikutnya.
  • Memberikan salam penutup.


L. PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan :

Pengayaan dilakukan pada peserta didik yang mampu berbicara  dengan benar dalam asesmen sumatif.

Remidial :

Remidial dilakukan pada peserta didik yang belum memahami  materi serta belum mampu mencapai tujuan pembelajaran. (sacara langsung matur kalian guru menggunakan unggah-ungguh basa krama yang tepat)

M. REFLEKSI PESERTA DIDIK  DAN PENDIDIK

Refleksi dilakukan dengan meminta peserta didik memberikan pendapatnya terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan baik terkait materi yang dipelajari maupun cara atau metode pembelajaran yang digunakan.

N. Refleksi Guru

  • Apakah ada kendala pada kegiatan pembelajaran?
  • Apakah semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran?
  • Apa saja kesulitan siswa yang dapat diidentifikasi pada kegiatan pembelajaran?
  • Apakah siswa yang memiliki kesulitan ketika berkegiatan dapat teratasi dengan baik?
  • Apakah seluruh siswa dapat dianggap tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran?
  • Apa strategi agar seluruh siswa dapat menuntaskan kompetensi?

O. Refleksi peserta didik

  • Apa saja hal baru yang didapatkan dalam materi ini
  • Apakah yang harus diperbaiki dalm proses pembelajaran ini
  • Kesulitan apa saja yang ditemukan dalam proses KBM ini

DAFTAR PUSTAKA

Tim Penyusun. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbud Ristek.

Wedhawati, dkk. 2001. Tata Bahasa Jawa Mutakhir. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Harjawiyana, Haryana dan Theodurus Supriya. 2001. Kamus Unggah -- Ungguh Basa. Yogyakarta : Kanisius.

Nugroho, Rianto Pujo, Heri Purnomo dan M. Arif Mahmudi. 2022. Lantip Basa lan Sastra Jawa. Semarang : Erlangga.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun