Mohon tunggu...
Iin Setianingsih
Iin Setianingsih Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Hallo guys, Dengan semangat mengeksplorasi dunia kata-kata, saya menulis di artikel, saya percaya setiap pengalaman memiliki cerita yang layak dibagikan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa

2 Oktober 2024   21:53 Diperbarui: 2 Oktober 2024   22:40 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa 

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Dalam konteks pendidikan, komunikasi interpersonal merupakan aspek penting yang mempengaruhi interaksi sosial dan prestasi akademis siswa. 

Namun, berdasarkan hasil skala komunikasi interpersonal, teridentifikasi bahwa beberapa siswa belum mencapai perkembangan optimal, terutama dalam aspek pribadi yang berkaitan dengan komunikasi.


Masalah yang Dihadapi Siswa
Hasil penelitian menunjukkan adanya sejumlah masalah yang dihadapi siswa, seperti kesulitan berkomunikasi dengan teman sebaya dan di depan kelas. Beberapa siswa tampak sangat pendiam dan enggan untuk menjawab pertanyaan dari guru maupun teman-temannya, sering kali hanya merespons dengan senyuman. 

Bahkan, siswa yang memiliki prestasi akademis baik pun tidak mampu berkomunikasi dengan baik, mungkin disebabkan oleh suasana kelas yang kurang mendukung atau interaksi yang minim dengan teman. Rasa tidak percaya diri ini sering kali timbul dari kurangnya penguasaan berbahasa yang memadai. Oleh karena itu, siswa memerlukan intervensi untuk meningkatkan keterampilan interpersonal mereka.


Edi Harapan dan Syarwani Ahmad (2019) menyatakan bahwa komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi yang paling efektif, dan proses tersebut dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Dengan demikian, bimbingan dan konseling di sekolah memiliki peran krusial dalam membantu siswa mencapai kemampuan komunikasi interpersonal yang lebih baik.


Peran Bimbingan Kelompok
Menurut Tatik (1989) dalam jurnal Armila (2020), bimbingan kelompok adalah salah satu teknik bimbingan yang bertujuan untuk membantu individu mencapai perkembangan optimal sesuai dengan bakat, minat, dan nilai-nilai yang dianut. 

Dalam hal ini, bimbingan kelompok dapat menjadi solusi untuk masalah komunikasi interpersonal yang dihadapi siswa. 

Teknik Role Playing, yang melibatkan mendramatisasikan situasi sosial, diharapkan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah komunikasi yang mereka hadapi (Sagala dalam Taniredja dkk, 2017). Shoimin (2014) juga menambahkan bahwa Role Playing adalah metode pembelajaran yang mengajarkan peserta didik untuk berperan sesuai posisi mereka, sehingga membawa mereka kepada nilai-nilai yang diyakini.


Metodologi Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus melibatkan satu pertemuan. 

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.


Sebagai hasil dari PTBK, akan diselenggarakan seminar dan artikel ilmiah yang dipublikasikan. Data diperoleh melalui pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan komunikasi interpersonal siswa.


Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Dari data pre-test yang menunjukkan persentase 64%, setelah penerapan teknik Role Playing pada siklus kedua, persentase kemampuan komunikasi interpersonal siswa meningkat menjadi 77%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa teknik Role Playing dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.


Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Ini menunjukkan pentingnya intervensi yang tepat dalam konteks pendidikan, terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. 

Dengan penerapan metode yang sesuai, diharapkan siswa dapat lebih percaya diri dan efektif dalam berinteraksi dengan orang lain, yang pada gilirannya akan mendukung perkembangan akademis dan sosial mereka. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengeksplorasi teknik-teknik lain yang dapat mendukung peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal di lingkungan sekolah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun