Mohon tunggu...
M. KHAEDIR IBNU PRATAMA
M. KHAEDIR IBNU PRATAMA Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

IG : @Ibnupratama24

Selanjutnya

Tutup

Money

Exit Strategy di Masa Pandemi Covid-19 dalam Lingkup Pemasaran

20 Maret 2021   14:15 Diperbarui: 23 April 2021   13:07 340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pandemi Covid - 19 merupakan sebuah fenomena yang sangat menggemparkan di seluruh penjuru dunia. Sejak kemunculannya, Covid-19 telah memberikan kesan yang menakutkan kepada masyarakat dunia. Akibat menjadi Pandemi Global, Covid-19 juga memberikan dampak yang sangat besar bagi segala aspek kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Dibalik dari kefenomenalan virus yang berasal dari China ini, ada salah satu pihak yang sangat berperan mengangkat Covid-19 menjadi suatu hal yang menggemparkan dunia. 

Dia adalah Media. Media merupakan komponen utama dari pers, media merupakan jembatan informasi bagi seluruh masyarakat, media memiliki kekuatan untuk melakukan kontrol sosial di dalam masyarakat. Apalagi media sangat penting sekali dalam lingkup pemasaran.


Dalam lingkup proses pemasaran terdapat banyak komponen – komponen penting yang dapat mempengaruhi jalannya proses pemasaran. Pemasaran juga merupakan bagian dari suatu manajemen perusahaan itu sendiri atau bisnis yang bisa dibilang faktor penting utama. 

Di pemasaran ini kita mengenal banyak berhasil atau tidak karena semua orang memiliki proses yang berbeda – beda dalam melakukannya. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan dalam proses pemasaran berlangsung agar bisa survive dalam persaingan pemasaran. 

Apalagi dalam pandemi Covid – 19 yang selalu memiliki keterbatasan ini dapat mempengaruhi suatu konsep bisnis dalam melakukan strategi. Hal itu muncul dengan melihat kondisi seperti apa nantinya dengan melihat faktor internal atau eksternal.

Waktu 1 tahun lebih sudah berjalan menghadapi pandemi COVID – 19 di Indonesia yang belum dipastikan ketidakjelasannya sampai kapan pandemi ini akan berakhir dengan segala efek yang dapat menimbulkan kerugian.  Meskipun pandemi belum berakhir tetapi melihat fenomena kondisi masyarakat, pendidikan, pekerjaan di PHK itu suatu dampak krisis turunnya negara ini sehingga ketika masih berlanjut akan menimbukan suatu masalah baru lagi.


Dengan situasi masih seperti ini segala cara masyarakat telah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir yaitu seperti melakukan kegiatan secara virtual, memanfaatkan waktu quality time bersama keluarga dirumah, berolahraga, dan lain – lain. Disisi lain itu semua masyarakat sudah mencoba dengan melakukan sesuai protokol kesehatan demi upaya untuk mencegah virus COVID – 19.


Segala keputusan dari pemerintah belum sepenuhnya untuk mengizinkan kembali beraktivitas secara normal. Beberapa bulan terakhir sempat diberitahu akan memulai tahap percobaan untuk kegiatan secara normal kembali dnegan sebuah isu pandemi akan berakhir di Indonesia. Nyatanya sampai saat ini masih sama aja meskipun tidak separah pada waktu awal dulu pandemi COVID – 19 muncul dikarenakan semua masyarakat dengan mencoba mematahui protokol kesehatan yang ada untuk mengurangi penambahanan angka korban COVID - 19. 

Kepercayaan yang dapat menjanjikan penanganan jangka panjang untuk semua masyakarat  juga di masa depan dan lingkup global. Karena pastinya semua ingin melihat bentuk sebuah proses bagaimana dalam menangani sebuah fenomena ini dan tidak pada krisis ini saja. maka dari itu kepercayaan yang diolah memungkinkan kita untuk membangun solidaritas. 

Salah satu tokoh harari menyebutkan “solidaritas global” dengan beberapa poin penting kerjasama: seperti berbagi informasi secara global atau keterbukaan informasi antarnegara, kesepakatan ekonomi dan lalu lintas perjalanan. Lalu dengan adanya suatu  permasalahan yang menimpa makhluk sosial, maka dari itu harus ada terciptanya rasa solidaritas. Pada krisis pandemi menunjukkan bagaimana solidaritas dan kerja sama global demi kepentingan bertahan untuk semua dan kita masing-masing yang sedang berjuang melawan suatu virus COVID – 19.


Kemudian situasi pandemi Covid – 19 ini telah menimbulkan beberapa kerugian dalam beberapa sektor terutama pada sisi ekonomi  dimana ekonomi shock atau kaget yang itu semua dapat mempengaruhi baik dari individu, keluarga, perusahaan, perusahaan kecil maupun besar, dan negara.

Pengaruh survivalitas dalam masa pandemi Covid – 19
Di masa Pandemi Covid-19, pergerakan media massa sangat masif dalam memberitakan tentang Covid-19. Sebelum Covid-19 masuk ke Indonesia, media massa sudah menggembor-gemborkan bahaya akan Covid-19 dengan membagikan informasi-informasi menakutkan yang berasal dari luar negeri terutama China. 

Jurnalistik tidak hanya bekerja dalam kerangka penyaluran informasi saja, tapi dia juga bekerja dalam kerangka bisnis. Hal inilah yang mendorong media massa untuk terus  memberitakan Covid-19. Setiap harinya, masyarakat terus menerus dicekoki oleh headline-headline berita yang terus menerus memberitakan tentang Covid-19. Mulai dari informasi secara umum, perkembangan kasus, sampai dengan dampak-dampak dari Covid-19 itu sendiri terhadap seluruh aspek kehidupan maupun ekonomi.


Namun, kemasifan penyebaran informasi terkait Covid-19 ini justru memberikan dampak yang buruk kepada masyarakat, terutama di bidang sosial ekonomi. Apalagi, bisnis – bisnis dari beragam aneka jenis golongannya ini paling terdampak imbasnya terhadap Covid – 19. Sebab ketika pandemi semua jenis kegiatan di tutup dan dilarang melakukannya demi menjaga dan mencegah penularan virus yang diterapkan oleh kebijakan pemerintah.


Sektor ekonomi yaitu dalam bisnis menjadi salah satu yang terkena dampaknya. Situasi pandemic yang terjadi baru – baru ditahun 2020 awal ini sangat sekali mempengaruhi survivalitas bisnis yang lain baik dari pedagang kaki lima, pedangan UMKM, atau bisnis lainnya. karena jika tinjau survivalitas bisnis di Indonesia banyak sekali yang terkena akan dampak pandemic covid – 19 yang tidak biasanya terjadi. Karena meski mempengaruhi bisnis – bisnis yang ada di Indonesia dengan adanya Covid – 19 semua orang yang mempunyai bisnis terus berupaya survive dengan mencoba segala cara kreatif dan efisien pada kondisi pandemic. 

Meski tidak bisa bergeak banyak secara langsung karena keterbatasan jangkauan yang dimana harus melakukan PSBB di rumah masing - masing. Tetapi harus kita ketahui banyak sekali bisnis – bisnis yang istilahnya baru dijalankan tetapi terhambat dengan adanya Covid – 19 yang merupakan suatu cobaan sebagai pendatang baru yang dimana harus bersikap keras dalam mengatasi permasalahan terhadap bisnisnya baik yang sudah lama maupun baru karena sama – sama merasakan situasi pandemic ini untuk pertama kalinya. 

Maka dari itu di masa pandemic ini dengan sistem PSBB semua orang yang terjun di dunia bisnis harus bisa survive mencari jalan keluar agar bisnis itu tetap berjalan di kondisi seperti ini. 

Karena dalam bisnis jika tidak bisa survive akan berhenti atau stuck disitu saja karena mengingat keterbatasan yang susah jadi mau tidak mau harus memikirkan segala cara dengan ide dan konsep yang dimana jaman ini sudah era digital segala cara bisa dilakukan dengan efisien dengan adanya digital yang sudah berkembang di Indonesia. 

Dalam bisnis, waktu adalah data point yang penting. Tidak hanya karena bisnis perlu bergerak cepat dan terus berinovasi, tapi bisnis juga perlu lebih teliti dan memperhitungkan soal waktu dalam membuat sebuah perencanaan. Jadi diharapkan di era digital atau modern ini semua pebisnis muda baik tua dapat melakukan survive dengan strategi atau ide yang dipikirkan hingga dapat terencana dan membuahkan hasil.

Dalam lingkup pemasaran kita mengenal banyak sekali mengetahui bentuk strategi marketing atau pemasaran. Faktor pendukung utama dari pemasaran sendiri yaitu pelaku atau people yang merupakan kunci penggerak yang tentunya dapat mengontrol dan mengatur terhadap bisnisnya sendiri dalam dunia pemasaran. Maka dari itu maksud pemasaran sendiri adalah bentuk dimana tanggung jawab itu merupakan kewajiban kepada konsumen atau pelanggan. Jadi pemasaran merupakan kegiatan atau suatu usaha dalam menerapkan suatu rancangan strategi pemasaran agar dari pemasaran itu sendiri dapat memiliki jalan atau langkah yang akan dilakukan dari si pelaku bisnis itu sendiri. Pentingnya memahami pemasaran bagi suatu pelaku usaha bisnis untuk meraih keutnungan yang diharapkan melalui proses dan transaksi yang benar. Karena dalam bisnis dalam lingkup pemasaran sendiri harus memberikan kepuasaan utama terhadap konsumen seperti orang bilang “ pelanggan adalah raja “. Kemudian dari pelanggan sendiri kita mendapatkan feedback apa yang diperoleh untuk kita agar dapat ditangkap dengan baik dan dijadikan suatu pembelajaran untuk lebih baik kedepannya sehingga mendapatkan sesuai ekpetasi atau bahkan lebih. Pada intinya pemasaran merupakan sebuah faktor penting dalam siklus yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan konsumen. Dalam perusahaan, pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, berkembang dan mendapatkan laba, kegiatan pemasaran pada perusahaan juga harus dapat memberikan kepuasan pada konsumen jika menginginkan usahanya tetap berjalan. Dalam strategi pemasaran ada yang namanya Exit Strategy dimana ini adalah salah satu strategi yang sangat bergunan untuk menghadapi keaddan saperti sekarang. Strategi keluar ini bisa menjadi solusi untuk pemilik usaha agar paling tidak meneka kerugian dari usahannya teresbut. 


Exit Strategy atau Strategi keluar adalah sebuah rencana kontigensi yang akan dijalankan oleh investor, pedagang, pemodal ventura, atau pemilik bisnis untuk dilakukannya melikuidasi posisi dalam aset keungan atau membuang aset bisnis berwujud setelah kriteria tertentu yang telah ditentukan untuk terpenuhi atau terlampaui.


Exit Strategy juga merupakan suatu program dimana dari sebuah perencanaan yang telah dibuat untuk memastikan bahwa meski kegiatan telah berhenti atau strategi keluar yang dimaksud ini yaitu untuk keluar dari sebuah investasi yang sebelumnya tidak berjalan atau berhenti untuk menutupi kerugian atau menutup yang tidak menguntungkan sama sekali.

Pada intinya Exit Strategi ini merupakan sebuah strategi terakhir atau melakukan tindakan terakhir. Maksudnya strategi yang dimana seorang pengusaha atau pemilik investasi dan sebagainya itu melakukan sebuah keputusan besar untuk keluar dari bisnis  yang dapat mengkorbankan dirinya dengan hasil seperti apapun dari segala keputusannya. Karena biasanya seorang pemilik usaha baik investasi atau pedagang maupun lainnya mengambil langkah konsep strategi keluar itu biasanya ketika bisnisnya atau usahanya itu tidak menguntungkan dan tidak menghasilkan karena kondisi tertentu yang dapat menyebabkan kerugian bagi pemilik. Maka dari itu Exit Strategi ini merupakan seperti dimana tingkatan manajemen kita dalam berbisnis diatur dan dikontrol sehingga segala keputusan dikendalikan dari pemilik sendiri yang menentukan.


Setelah mengetahui apa itu Exit Strategy, selanjutnya akan membahas mengenai penerapan Exit Strategy atau strategi dalam sebuah bisnis maupun dalam usaha lainnya. ketika seorang melakukan Exit Strategy bukanlah hal yang mudah untuk ditinggalkan, butuh persiapan dan keputusan yang matang untuk meninggalkannya. Jadi dalam penerapan untuk melakukan Exit Strategy ini dapat kita lihat berdasarkan situasi kondisi dari si usahanya seseorang nantinya itu bagaimana, jika keadaan dianggap sudah parah maka berhak pemilik usaha itu bisa melakukan strategy untuk mengurangi dampak kerugiannya. Karena kondisi dalam sebuah pemasaran atau jual beli itu bermacam – macam bisa dari pasarnya, kondisi cuaca, dan kondisi tempatnya. Tujuan Exit Strategy ini atau point utamanya itu yaitu keluar atau meyelematkan dari jalan yang kurang benar dalam kata lain kurang beruntung. Karena akhir – akhir ini dengan kondisi pandemic Covid – 19 ini pastinya banyak beberapa sebuah investasi atau usaha beralih untuk menggunakan exit strategi ini untuk bisa survive pada masa pandemic yang masih berlangsung hingga saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun