Mohon tunggu...
Herin Priyono
Herin Priyono Mohon Tunggu... profesional -

jurnalis, penulis-madzab "Syaraf Penulisan" dan peneliti pd Pusat Pelatihan Pasca Sarjana Yogyakarta. https://www.facebook.com/GRUP-PENULIS-by-SYARAF-PENULISAN-134853406547865/ HP 082135211769

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Gerilya Politik Kehumasan di Kabupaten Pemekaran

17 September 2014   05:22 Diperbarui: 18 Juni 2015   00:28 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengantar Redaksi:

PUSAT PELATIHAN PASCA SARJANA JOGYAKARTA bermaksud mengadakan Workshop dengan thema terobosan yang kami rancang untuk mempercepat pencapaian kemakmuran kabupaten pemekaran. Pemodelan terobosan ini dibreakdown dari berbagai pertimbangan empirik, “terukur” dan dapat langsung dirasakan manfaat implementasinya. Jika ada sahabat Humas/PR di daerah pemekaran, topik ini pasti menantang Anda. Workshop yang akan memandu Anda menjadi team PR-Officer lintas dinas ini, akan membuat Anda Proaktif & Penuh Inisiatip membukakan mata Anda akan beratnya tugas social engineering dan promosi kebangkitan potensi daerah yang ada di pundak anda menjado hal yang menggairahkan.

-----------------------

MEMBEDAH KONFIGURASI & KONVERGENSI BARU

“KEHUMASAN STRATEGIC” BERBASIS ISO

UNTUK  AKSELERASI KEBERHASILAN KABUPATEN PEMEKARAN

Deskripsi  Topik:

Penelitian Depdagri  menyebutkan, lebih dari 78% implementasi daerah pemekaran belum sesuai harapan, tak sedikit yang berkatagori gagal. Temuan jajak pendapat harian KOMPAS (2012) menguatkannya. Masih banyak DOB yang gagal menata diri. Sementara 64,2 persen responden Kompas yakin, alih-alih menyejahterakan, pemekaran malah menimbulkan blunder baru berupa penguatan sentimen ke daerahan, selain menciptakan kesenjangan antara daerah kaya dan miskin, merangsang terbentuknya oligarki lokal, menyuburkan korupsi, kolusi dan nepotisme. Meski pun penanganan terhadap beberapa dampak ini tidak ringan, namun ikhtiar keras harus dilakukan untuk menahan laju kegagalannya secara nasional dan berdimensi sosio-kultural.

Workshop hybrida baru ini dirancang untuk memperbaiki keadaan tersebut.  Bagi daerah pemekaran yang sudah berhasil, workshop ini akan memacu terus peningkatannya. Bagi yang belum, dapat membantu merevisi secara total konfigurasinya. Workshop ini selain ingin mengenalkan “konfigurasi” baru kinerja kehumasan untuk daerah pemekaran, juga dimaksudlan untuk membedah kerja strategic para humas Setda dan Dinas-dinasnya. Khususnya berkaitan dengan “tugas khusus” humas di wilayah pemekaran yang BELUM BANYAK DISADARI, baik oleh regulasi  nasional maupun oleh para pemangku tugas di kabupaten pemekaran.

Tiga konvergensi baru TERSEBUT DALAM HEMAT KAMI, diantaranya adalah:

(1)ditemukannya “Sekumpulan” penyebab kegagalan implementasi pemekaran sebagaimana ditemukan dalam Evaluasi Daerah Otonom Hasil Pemekaran (EDOHP) 2011 oleh Direktorat Jenderal Otonomi Daerah - Kementerian Dalam Negeri

(2)Dalam telaah kami, terlihat belum dipergunakannya pendekatan budaya & menejemen mutu terpadu (ISO) dalam buku panduan maupun oleh Kabupaten pemekaran dalam mengawal implementasi program pemekaran, padahal operasi rekayasa sosial ini menuntut sistem “manajemen perubahan” yang terpadu dan berkelanjutan

(3)masih belum dioptimalkannya konfigurasi baru “Kehumasan Strategic” untuk menghandle secara khusus seluruh proses dan sinergitas di daerah pemekaran yang notabene merupakan proses reculture yang memerlukan penghandelan dan treatmen khusus sebagai sebuah social engeneering.

Gabungan hybrida (konvergensi baru Kehumasan Strategic) ini kiranya akan menjadi kunci percepatan bagi pencapaian tujuan pemekaran yaitu meningkatkan pelayanan dan mempercepat pembangunan secara eksponensial dan sustainable.

Tujuan Workshop:

1.Dalam rangka mengenalkan Konfigurasi dan kenvergensi baru tugas kehumasan strategic di daerah kabupaten pemekaran,  demi  tercapainya akselerasi dalam pencapaian tujuan pemekaran daerah.

2.Memperkenalkan bentuk “kordinasi baru”, Wabup/Sekda selaku “kordinator manajemen isu” untuk memastikan terjaganya konsistensi dan perhatian para pejabat daerah/pemda dan dinas-dinas terhadap isu-isu pembangunan dan programnya di satu sisi, dan mengusahakan tetap terjaganya perhatian dan kepedulian khalayak atas perjuangan daerah dalam meraih tujuan dimekarkannya daerah

Manfaat bagi Peserta:

(1)Proyek Pengembangan daerah pemekaran sebenarnya merupakan proyek yang kental dengan proses-proses recorporate Culture, kompleks dan membutuhkan kepemimpinan/managerial khusus. Proses pembudayaan

(2)kembali ini menuntut treatmen khusus dan berkesinambungan. Utamanya dalam pengelolaan konfigurasi kepemimpinannya, mulai dari Bupati, Bappeda dan DPRD-nya. Tahap selanjutnya adalah fiksasi bekal metode dan tipe kepemimpinannya.

(3)Persiapan berikutnya yang tak kalah penting dimiliki adalah kemampuan para Bupati, Bappeda dan DPRD dalam menafsirkan bermacam tantangan yang sudah digariskan oleh Depdagri sesuai UU Nomor 32 Tahun 2004, seiring dan senafas dengan kemampuannya menangkap potensi tersembunyi daerahnya.

(4)Dalam konteks ini, petugas humas –idealnya Humas Officer—haruslah seorang yang memiliki kompetensi kerja dengan jaringan lintas disiplin ilmu. Pendekatan ISO yang akan dibahas dalam workshop ini dirancang untuk menunjukan berbagai instrumen lintas disiplin tersebut sebagai alat untuk menghandle kegelapan di daerah pemekaran.

(5)Dengan ISO itu pula peserta akan memahami Konvergensi & Konfigurasi Baru tugas-tugas kehumasan strategicnya, agar mampu lebih proaktif, efektif, mandiri dan penuh inisiatip dalam menjalankan dan mengembangkan tugas-tugas kehumasannya tanpa menunggu juklak dan juknis, khususnya dalam kaitan mengawal implementasi kabupaten pemekaran

(6)Dengan menyertakan perspektif ISO/MP-ISO, setelah mengikuti workshop ini para peserta akan mampu membangun synergitas lintas dinas di kabupaten pemekaran.

(7)Dengan MP-ISO, peserta akan terlatih untuk menyebarluaskan prinsip customer driven (mulai dari pelanggan, berakhir di pelanggan)  sebagai elemen ethos empowering keberhasilan industri Jepang dalam pengelolaan daerah dan potensi rakyat. Tugas kehumasan baru antara lain secara terus menerus menggemakan ethos ini (kepada Bupati, Dinas Teknis, Bappeda dan masyarakat luas) baik melalui pembuatan publik opinion  maupun dalam merancang berbagai kampanye program yang memancing peran serta masyarakat luas, khususnya dari kalangan bisnisman/usahawan, kreator produk/seni di daearah yang berkaitan dengan industri kreatif.

(8)Dengan MP-ISO, sebagaimana disebutkan dalam butir 3, peserta dapat menyebarluaskan ethos pelayanan masyarakat di kalangan para pengampu dinas-dinas. Bagaimana memuaskan rakyat sebagai customner yang dilayaninya, bukan memeras dengan pajak (demi PAD) tanpa memberikan jasa empowering.

(9)Dengan point 3 dan 4, diproyeksikan para peserta dapat menggalang sinergitas kehumasan (PR-Officer) yang ada pada dinas-dinas, untuk merancang kerja strategis kehumasan secara lintas dinas dengan hasil konsep promosi dan empowering daerah yang multi dimensional dan “terukur” keberhasilannya

(10)Dengan ke 5 hal di atas, diproyeksikan para peserta –sebagai pengelola PR Officer—dapat lebih mempertajam kerja in-out (ke dalam dan keluar) fungsi kehumasannya, dengan program-program yang relevan dan “terukur” chun-in dengan tujuan pemekaran daerah

Siapa yang Penting  Ikut  Workshop Terobosan Ini:

1.Wabup, Sekda, humas Setda dan humas dinas-dinas sebagai  PR OFFICER daerah pemekaran yang secara proaktif diproyeksikan akan memenej publisitas daerah, antara lain untuk menarik investor dan SDM unggul ke daerah. Inilah “terobosan kordinasi” baru bagi kabupaten pemekaran yang ingin diperkenalkan untuk memastikan terjaganya konsistensi dan perhatian para pejabat daerah/pemda dan dinas-dinas terhadap isu-isu pembangunan dan programnya di satu sisi, dan mengusahakan tetap terjaganya perhatian dan kepedulian khalayak atas perjuangan daerah dalam meraih tujuan pemekaran. Kita tahu bahwa dalam setiap tahap pencapaian tujuan, senantiasa terdapat simpul strategik yang harus dijaga terus untuk follow up dan kesinambungannya.

Unsur PR-Officer lainnya adalah: Asisten Pemerintahan Umum -Asisten Ekonomi Pembangunan & Sosial - Wakil Bappeda dan humasnya -Humas Dinas-dinas teknis terkait - Kabid Perencanaan – (dan disarankan atas biaya pemda pula) Kadinda, HIPMI, LSM -Humas BUMN & BUMD – dan stakeholder terkait lainnya.

MATERI WORKSHOP

Pertemuan Hari I

MEMAHAMI KONFIGURASI  & KONVERGENSI BARU “KEHUMASAN STRATEGIC” BERBASIS ISO

DI KABUPATEN PEMEKARAN

Humas & Pengelolaannya Terhadap Kepemimpinan Resonans di Daerah Pemekaran


  • Ethos Customer Driven & Customer Satisfactions, Sebagai Obyek Kampanye Strategic PR di Daerah Pemekaran•Konvergensi Baru Kehumasan Berbasis ISO, sebuah Hybrida peran Kehumasan Baru
  • Memahami Berbagai Konsekuensi Baru tugas Strategic Humas dalam Perspektif Pemekaran Daerah
  • Kehumasan di Kabupaten Pemekaran dan Relevansi ISO Sebagai Basis Penghandelan
  • Konfigurasi PR Officer Berbasis Lintas Dinas
  • Urgensi & Implikasi Humas Bekerja dalam level Multi Disiplin Ilmu dalam Perspektif Social Engineering
  • (Bahan penelitian & Kajian PUSAT PELATIHAN PASCA SARJANA). Referensi: PR SEBAGAI STRATEGIC TOOLS, penulis Herien Priyono & Buku NEURO writing, 30 Menit, cara membuat tulisan yang menarik


Hari ke 2

Strategi Menghandel Media Pusat dan Daerah, Perspektif Pemekaran


  • Empowering Potensi Kreatifitas Rakyat/Daerah (Pemutaran Film)  : Studi Kasus Empowering Grameen Bank , Desa seni  Grabah Kasongan-  Bantul Yogya, Kipas-Kipas UMKM Binaan BRI, Kreatifitas Ampat Lawang, Kasus K-5 Klitikan Yogyakarta•Menjalin Simbiose Kultural dengan Mass Media
  • Membangun Opini Berbasis Isu Social Engeneering di Kabupaten Pemekaran
  • Mengelola Keterbatasan & Keterpencilan: Mengubah Sampah Jadi Emas
  • Mengelola Eksotisme Keterpencilan untuk Minat Wisata Khusus: Wisata Petualangan, Outbound, dll
  • Meraih Trust: Menokohkan Bupati dan Kepala Dinas, Sebuah Gerilya Kehumasan
  • Memahami Daya Tarik Isu & Dinamika Daerah Pemekaran
  • Urgensinya Persahabatan dengan Redaktur Daerah Mass Media Ibukota dan Daerah
  • Strategisnya “Menyeting” Wartawan Daerah Agar Bersama Mengelola Sudut Pandang Daerah


Hari ke-3

Teknis Jurnalistik-investigasi untuk Promosi Daerah


  • Humas Daerah Pemekaran, dalam Perspektif Multi Disiplin (Budayawan-Sosiolog, Psikolog, Ekonom dan paham Reinventing Governance)
  • (TENTATIF) Menyeting Tabloid “Dari Meja Bupati”•Sosiologi Seks & Eksploitasi Perempuan: Studi Kasus Indramayu.
  • Apresiasi Lead Berita dan feature Ala majalah Tempo
  • Orientasi  Publikasi Potensi Daerah & Tips Menulis di Kompasiana & Koran Warga Lainnya
  • Pemanfaatan Media untuk Membangun Sinergitas Antar Daerah Pemakaran
  • Pengenalan web Citizen Journalism


Hari ke-4


  • TENTATIF: Wisata Kultural: Filosofi Orientasi & Kepemimpinan Gaya Mataraman bersama MH Ainun Najib & Sejarawan UGM•Filosofi Tata Kota Yogyakarta
  • Filosofi Tata Lingkungan yang Menentramkan warga
  • Filosofi Perkantoran Modern dan Merakyat
  • Sowan Sri Sultan HB X
  • Herbal Kraton untuk Stamina Kerja
  • Mengenal Menu Raja-Raja Jawa


PEMBICARA:

(1)Dirjen Otonomi Daerah/Depdagri * dalam konfirmasi

(2)Para Ahli Otonomi Daerah UGM

(3)Budayawan Emha Ainun Najib

(4)Herien Priyono, Mantan Redaktur Senior/Investigator Majalah SARINAH, Jkt & Peneliti Senior PUSAT PELATIHAN PASCA SARJANA, penulis buku: Public Relations Sebagai Strategic Tools, UII Press.

(5)Ir Budi Wuryanto mantan redaktur Sosek koran KOMPAS Group

(6)Sugeng Wiyono, Penulis, Wartawan, Budayawan, Redaktur TV Yogya

(7)Nosan Fery, SHI, staf peneliti Pusat Pelatihan Pasca Sarjana Jogyakarta, Trainer dan Coach Pengembangan Diri, Kerjasama Tim, Spiritual Executive dan Kepemimpinan Transpersonal.

INVESTASI

Normal :  Rp 7.000.000/Peserta

Early bird : Rp 6.750.000 ( Daftar dan transfer 2 minggu sebelum hari pelaksanaan)

Corporate : @ Rp 6.500.000 (Jika mengirimkan minimal 4 peserta dari 1 Dinas/instansi)

* Investasi ditransfer ke rekening

Investasi tanpa dipotong ppH23

* Investasi belum termasuk biaya penginapan dan wisata bila Anda dari luar kota

* Biaya administrasi untuk transfer antar bank atau luar kota ditanggung klien

*PUSAT PELATIHAN PASCA SARJANA YOGYAKARTA melayani permintaan khusus (pelaksanaan workshop di daerah) akomodasi pembicara ditanggung Pemda penyalenggara.

JADWAL OKTOBER- DESEMBER 2014

1.September 2014

22 – 25 Sept

2.Oktober 20143 - 6 Okt

10-13 Okt

23 – 26 Okt

selingan wisata tgl 3 Okt

selingan wisata tgl 12 Okt

3.Nopember13 – 16

20 – 24

27 – 29

Desember6 – 9

13 – 16

20 – 24

27 – 29

FASILITAS WORKSHOP (Modul,  Tools Kit, Sertifikat, Lunch, Coffee Break,)

Pelaksanaan: Hotel  INA GARUDA, Malioboro (Tentatif)

KIRIMKAN (NAMA PESERTA, INSTANSI, NIP, HP, JABATAN) KE

PUSAT PELATIHAN PASCA SARJANA JOGYAKARTA, DIV. WORKSHOP (0274) 8214057

Fax. (0274) 381390 Humas Abd. Gafur 087739894426

Cp AKADEMIK 082135211769 (Prina)

Email: ppeps_yogya@yahoo.com

CP. Akademik  0821-3521-1769 (PRINA).  Pendaftaran 0877-3989-4426

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun