Mohon tunggu...
Henri Koreyanto
Henri Koreyanto Mohon Tunggu... Buruh - Kuli

Kadet Ngopa-ngopi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: 2300 MDPL Lebih Dua Menit

16 Juli 2023   14:21 Diperbarui: 16 Juli 2023   14:24 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

"Iya sih," ujarnya singkat. Melanjutkan "Aku suka mendaki Gunung Tanggung itu. Tingginya yang 2300 meter dari permukaan laut, menurutku nggak rendah juga nggak terlalu tinggi."

"Itu dia Don. Kenapa besok aku ingin sekali ke sana. Aku sudah menanti momen ini jauh-jauh hari," ujar Joni semangat.

Belum sempat Doni meneruskan obrolan, suara azan magrib mengumandang dari toa-toa masjid dan surau. Warna jingga di langit kian memudar. Berganti gelap datang menyambut. Mereka berdua turun dan menunaikan kewajiban. Kemudian pergi makan malam.

***

Entah kenapa pendakian kali ini Doni merasa ada sesuatu yang disimpan sahabatnya itu. Dari pengalaman yang dulu-dulu untuk berangkat biasanya mulai jam 16:00 bahkan bisa molor setengah jam.

Sebenarnya hanya butuh 7 jam saja untuk mendaki Gunung Tanggung. Kemungkinan sampai puncak sekitar jam 00.00 dan itu bisa lebih cepat. Tapi kali ini Joni justru ingin jam 15:00 berangkat dan tidak mau molor. Tidak ingin Joni kecewa, Doni mengiyakan saja.

Perjalanan diawali dengan naik angkot menuju terminal. Jalan kota tampak sepi tidak mancet. Itu mungkin karena liburan semester. Hanya butuh 20 menit saja sudah tiba di terminal.

Jarum jam menunjukan pukul 15:25 Joni dan Doni sudah di bis duduk paling belakang. Penumpang tidak banyak sama persis seperti angkot tadi. Memang rata-rata angkutan umum penuh karena dominasi penumpangnya mahasiswa.

Bis sudah berangkat suara mesin terdengar meraung-raung. Asap hitam sesekali terlihat mengepul dan coba masuk dari celah-celah pintu dan jendela. Bis tidak memiliki pendingin kabin, karena memang tidak dibutuhkan. Cuaca yang dingin sudah cukup mewakili.

Lagi-lagi perjalanan sangat lancar dan hanya butuh waktu 35 menit untuk sampai di gerbang tertulis, 'Wisata Gunung Tanggung'.

Arloji menunjukan pukul 16:00. Perjalanan lanjut dengan jalan kaki. Menuju pos pertama dengan melawati rumah-rumah warga. Jalur ini hanya satu dan memang sengaja dibuat satu. Hal ini dibuat untuk pendataan jumlah pendaki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun