Mohon tunggu...
Heni Susilowati
Heni Susilowati Mohon Tunggu... Guru - Guru

hoby:menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

10 Maret 2024   15:44 Diperbarui: 10 Maret 2024   15:46 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

  

BEST PRACTICE

 

  •  
  •  
  • KONSELING  INDIVIDU  MENGGUNAKAN PENDEKATAN  BEHAVIORAL 
  •  DENGAN  TEHNIK  KONTRAK PERILAKU 
  • PADA SISWA  TERLAMBAT DATANG  KE SEKOLAH.
  • SLB NEGERI REMBANG
  •  
  •  

 

 

 

 

                                                     

         DISUSUN OLEH:

             HENI SUSILOWATI,S.Pd

 

 

  •  
  •  
  •  

 

 

  •  

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SLB NEGERI REMBANG

Jl.Pemuda Km.02 Rembang Kode Pos 59218 Telepon(0295) 691308

Email:slbnegerirbg@gmail.com

 

HALAMAN PENGESAHAN

 

BEST PRACTICE

 

 

Judul Penelitian:

MENINGKATKAN MANAGEMEN  WAKTU SUPAYA TIDAK TERLAMBAT KE SEKOLAH MENGGUNAKAN PBL BERBASIS  KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS XI  SLB NEGERI REMBANG

  •  
  •  
  •  
  •  
  • Bidang Studi
  • BIMBINGAN DAN KONSELING
  •  
  •  
  •  
  • Peneliti:
  • HENI SUSILOWATI,S.Pd
  •                                                   NIP. -
  •  
  •  
  • Best Practice ini  disahkan pada tanggal 25 Agustus 2022 dan dinyatakan  layak  untuk dipublikasikan diperpustakaan  SLB Negeri Rembang  sebagai bentuk pemenuhan persyaratan dalm peningkatan kompetensi guru Bimbingan dn Konseling.

                                                           

                                                                                    Mengesahkan

Kepala SLB N Rembang                                                                               

  

 

                                                                                   

                                                                                               

                       

Mumpuni Hartindjung Pudjiastuti,S.Pd

NIP. 19720830 200801 2 002                                                                

DAFTAR ISI

                                                                                                           Hal

 

1..........................................................................................................................Judul

 

2..........................................................................................................................Pengesahan

 

3..........................................................................................................................Daftar isi

 

4. ........................................................................................................................Pendahuluan

 

5..........................................................................................................................Pembahasan

 

6..........................................................................................................................Pembahasan

 

7..........................................................................................................................Pembahasan

 

8..........................................................................................................................Pembahasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                    

 

 

 

 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

 

 

A LATAR BELAKANG

 

Tuna Grahita  berasal dari Bahasa sanserkerta, tuna artinya rugi,kurang; dan grahita  artinya berfikir ( Mumpuniarti,2000). Tuna grahita digunakan untuk istilah  di Indonesia semenjak dikeluarkan peraturan pemerintah tentang Pendidikan Luar Biasa  nomor 72 tahun 1991.

Anak tuna Grahita adalah  adalah anak yang mempunyai IQ  secara signifikan  berada dibawah rata-rata yang diseretai dengan ketidakmampuannya dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan

Anak tuna Grahita ringan  dalam kategori  ringan dengan IQ 50-75 Anak tuna grahita ringan  masih mempunyai  kemampuan Akademis maksimal  sama dengan anak normal kelas Sekolah Dasar Menurut Moh Amin 1995  berdasarkan pengertian yang dibuat AAMD ( Asociation  American  Mental deficiency) dan OPP No.72 tahun 1991 menyatakan  anak tuna grahita ringan  yang termasuk dalam kelompok  anak dengan kecerdasan dan kemampuan untuk adaptasi terhambat, tetapi  memiliki kemampuan  untuk berkembang dalam bidang pelajaran  akademik penyesuaian sosial dan kemampuan bekerja.

Anak tuna grahita ringan mempunyai angka kecerdasan /IQ berkisar 50/55-70/75, perkembangan fisiknya normal tetapi perkembangan mentalnya terganggu.Karakteristik anak tuna grahita adalah sebagai berikut:

a.Kondisi fisik  anak tuna grahita  seperti anak normal lainnya dari  bentuk kepala,tubuh, mata,hidung.

b. Kondisi psikis anak tuna grahita  ringan, mengalami hambatan dalam pelajaran disekolah,perkataannya lambat daya ingat lemah,kemampuan berfikir kurang

Kurangnya pengetahuan Siswa tentang apa itu Terlambat Sekolah, apalagi Siswa mempunyai hambatan berfikir/mental/IQ yang rendah  itu membuat banyak Siswa tidak menyadari sekolah itu penting. Dan tidak tahu pentingnya mengatur waktu supaya tidak terlambat ke Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B Pembahasan 

 

 

 

Lokasi

: SLB NEGERI REMBANG

Lingkup Pendidikan

: SMALB

Tujuan yang ingin dicapai          :                       

Siswa dapat mengetahui Pentingnya Mengatur Waktu Supaya Tidak Terlambat Ke Sekolah

Siswa dapat Memahami Materi tentang Pentingnya Mengatur Waktu Supaya Tidak Terlambat Ke Sekolah

Penulis

:Heni Susilowati,S.Pd

Tanggal

:25 Agustus  2022

Situasi: 

* Yang melatar belakangi siswa sering terlambat

 1. Sebagian besar dipengaruhi oleh jarak rumah dengan sekolah yang terlalu jauh,

 2. Main  game sampe larut malam sehingga bangun kesiangan,bekerja paruh waktu sore sampai malam hari

3. Bangun kesiangan

* Mangapa praktik penting

Siswa adalah anak Berkebutuhan Khusus yang pengetahuannnya rendah kadang mereka itu kebanyakan tidak tahu apa itu terlambat Sekolah.

Keterlambatan ialah adanya tingkah laku menyimpang yang menyalahi segala aturan atau tata tertib yang ada di sekolah baik tertulis maupun tidak tertulis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang sering terlambat. Dalam aturan sekolah mengharuskan siswa datang jam 06.45 WIB, tetapi kenyataannya masih ada Siswa yang datang lewat jam tersebut. Banyaknya siswa yang terlambat mengakibatkan kurang lancarnya proses kegiatan belajar mengajar

 * Peran Guru Bimbingan dan Konseling didalam sekolah dapat membantu tugas bersama siswa dalam mencapai amanat pendidikan nasional

 * Peranan Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat membantu Siswa dalam berbagai masalah yang dihadapinya mau dalam bidang pribadi, sosial, maupun belajar

* Tanggung jawab guru membantu siswa dalam berbagai masalah untuk mencari solusi terbaik,dalam hal ini membantu mengatur waktu sekolah agar tidak terlambat datang ke sekolah sehingga kedisiplinan disekolah terjalankan dengan baik

Tantangan : 

1. Dari siswanya sendiri dimana siswa tersebut sering tidak mau terbuka tentang dirinya terlambat datang kesekolah.

 2. Dari pihak orang tua yang kurang mendukung dalam pengawasan anaknya untuk kesiapan ke sekolah,dari membangunkan anaknya dipagi hari supaya siap lebih awal untuk mengurangi kebiasaan terlambat sekolah

* Siapa saja yang terlibat :

1. Guru BK

2. Siswa

3. Orang tua

4. Lingkungan baik itu sekolah maupun rumah

Aksi : 

* Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan

1. Melakukan Observasi

2. Mengumpulkan data

 3. Wawancara

 4. Melakukan Identifikasi

* Prinsip-prinsip strategi layanan bimbingan dan konseling ada dua yaitu : 

1. Strategi layanan dasar

a. Bimbingan klasikal  (v)

b. Bimbingan kelompok

c. Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran

d. Berkolaborasi dengan orang tua

2. Strategi layanan responsive

 a. Konsultasi

 b. Konseling individual  ( v)

c. Konseling kelompok

d. Layanan mediasi

e. Pengajaran remidial

 * Yang terlibat :

 Kepala Sekolah,waka Kesiswaan,Guru BK,Siswa,orang tua,Wali Kelas,Lingkungan

 * Sumber daya /materi untuk melaksanakan strategi :

Laptop

LCD Proyektor

Jaringan internet?wifi

Bahan Ajar

LKPD

Aplikasi microsoft powerpoint (Slide PPT)

 Keterlambatan siswa datang di sekolah merupakan be ntuk ketidakdisplinan yang dapat mengganggu proses akademik di sekolah terutama di kelas. Hasil penelitian (Nakpodia & Dafiaghor, 2011)

 menunjukkan bahwa keterlambatan ke sekolah memiliki hubungan positif dengan prestasi akademik siswa yang rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin sering siswa terlambat ke sekolah, semakin rendah kinerja akademis mereka. Selain itu, keterlambatan yang sering terjadi di kelas memungkinkan dapat membuat prestasi belajar rendah.

        Astuti Jurnal Ilmiah Counsellia, Volume 10No.1, Mei     

       2020 | 54-6

Refleksi Hasil dan dampak 

* Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan

Peserta Didik antusias dalam mengikuti kegiatan layanan dengan menggunakan metode  Problem Based Learning Berbasis Snowball Throwing Dengan Kartu Bergambar  

Peserta Didik dapat memahami Tentang Pentingnya Mengatur Waktu supaya Tidak Terlambat Ke Sekolah  dengan metode Problem Based Learning Berbasis Snowball Throwing Dengan Kartu Bergambar  

Peserta didik merasa senang mengikuti kegiatan dengan menggunakan  Metode Problem Based Learning Berbasis Snowball Throwing Dengan Kartu Bergambar  

. * Apakah hasilnya efektif

Berdasarkan evaluasi proses,ditemukan hasil bahwa layanan berjalan sesuai dengan yang diharapkan  dan dari hasil observasi menunjukan bahwa layanan berjalan dengan baik, siswa terlibat aktif dan antusias dari awal kegiatan sampai akhir.

Berdasarkan analisis evaluasi hasil, membuktikan bahwa siswa sudah memahami dan mencapai tujuan dari layanan Bimbingan  klasikal dengan metode problem base learning Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan klasikal dengan Metode Problem Based Learning  Berbasis snowball Throwing dengan Kartu Bergambar dapat dikatakan sudah efektif.

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan

Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung kegiatan PPL untuk membuat inovasi dalam pemberian layanan bimbingan konseling

Guru dan rekan sejawat selalu mendukung dengan inovasi pemberian layanan yang menyenangkan

Respon siswa positif mereka senang dengan metode baru dalam layanan bimbingan klasikal Problem Based Learning Berbasis Snowball Throwing dengan kartu Bergambar.

      Faktor keberhasilan dari strategi ini

RPL sesuai dengan kebutuhan peserta didik

Peserta didik aktif dalam layanan klasikal

Pemberian  layanan  menggunakan   metode inovatif yaitu Problem  based learning Berbasis dengan kartu Bergambar

Guru BK menjadi fasilitator yang sesuai dengan harapan peserta didik

Pembelajaran dari keseluruhan proses ini

Seorang guru dituntut untuk mengevaluasi kegiatan layanan mulai dari evaluasi proses dan hasil selain itu guru juga melakukan kegiatan tindak lanjut dari kegiatan layanan yang dilakukan  selain itu guru juga melakukan perbaikan untuk kekurangan dan kesalahan dari kegiatan layanan yang sudah dilakukan dengan mengikuti arahan Dosen, Guru Pamong dan teman kelompok.

  • \


                                                                                                       

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
  19. 19
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun