28-07-2021 oleh Helda Ariska Mahasiswa Universitas Siber Asia.
- Manajemen konflik, berikut adalah pengertian dari beberapa para ahli: Untuk memahami lebih jauh mengenai
- Howard Ross
Menurut Howard Ross pengertian manajemen konflik adalah langkah-langkah yang diambil pelaku atau pihak ketiga dalam rangka mengarahkan perselisihan ke arah hasil tertentu yang mungkin/ tidak menghasilkan akhir berupa penyelesaian konflik, dan mungkin/ tidak menghasilkan ketenangan, hal positif, kreatif, bermufakat atau agresif.
- Minery
Menurut Minery pengertian manajemen konflik adalah suatu proses rasional yang sifatnya iteratif, dimana proses tersebut terjadi secara terus-menerus mengalami penyempurnaan hingga tercapai model yang representatif dan ideal.
Menurut pandangan pribadi penulis dapat disimpulkan sebagai berikut:
Apa itu Manajemen?
Manajemen merupakan sebuah proses dimana seseorang mampu mengatur segala sesuatu yang akan dilakukan individu maupun kelompok dengan tujuan dapat tercapainya hasil yang efektif dan efisien.
Apa itu Konflik?
Konflik merupakan hambatan dalam proses pelaksanaan sebuah tugas sebagai pencapaian suatu  tujuan. Ada juga pengertian konflik dalam suatu organisasi yaitu terdapat perbedaan pendapat atau pertentangan dalam menjalankan tugas untuk melaksanakan visi dan misi dari sebuah organisasi.
Apa saja yang sering terjadi ketika terjadinya konflik?
- Tidak adanya suatu keharmonisan.
- Terjadinya suatu pertentangan.
- Tidak dapat mencapai sebuah kesepakatan.
Unsur-unsur terjadinya suatu Konflik.
Aktor   : Setidaknya terdapat dua pihak yang bersengketa.