Mohon tunggu...
Hana Kholifatur R
Hana Kholifatur R Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Penulis merupakan mahasiswa S1 jurusan PEND.Anak Usia Dini di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya,Memiliki Hobi Travelling dan Memasak.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membentuk Kepemimpinan Profesional Guru dalam Lingkungan Kerja di Era Modern

31 Mei 2024   19:55 Diperbarui: 3 Juni 2024   15:52 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hana Kholifatur Rohmah[1], Rismalia Olga Safitri Ziadatul Choir[2], Ilun Muallifah Thohir[3]

Di era modern ini, dinamika lingkungan kerja berubah dengan cepat seiring dengan perkembangan zaman serta teknologi dan globalisasi yang kian berkembang dengan pesatnya. Hampir semua kalangan orang menggunakan aplikasi teknologi yang sudah sangat berkembang, contohnya saja pada ranah pendidikan, yang mana  daftar kehadiran kerja yang memakai finger print. Kepemimpinan yang profesional menjadi kunci keberhasilan suatu lembaga khususnya lembaga kependidikan. 

Dalam lingkungan kerja yang terus berkembang, seorang pemimpin harus mampu mengadaptasi diri dengan cepat, memanfaatkan teknologi, dan memimpin dengan integritas dan empati. Pada artikel ini akan membahas beberapa strategi yang dapat membantu membentuk kepemimpinan yang profesional guru dalam lingkungan kerja di era modern.

Bersikap  Profesional

Di era modern, seorang guru yang profesional harus memiliki adaptabilitas yang tinggi. Mereka harus siap menghadapi perubahan teknologi serta keberanian dan berkolaborasi. Supriyadi (1999) mengatakan bahwa "profesionalisme menunjuk pada derajat penampilan seseorang sebagai profesional atau penampilan suatu pekerjaan sebagai profesi, ada yang profesionalismenya tinggi, sedang, dan rendah. Profesionalisme juga mengacu kepada sikap dan komitmen anggota profesi untuk bekerja berdasarkan standar yang tinggi dan kode etik profesi. 

Dengan demikian profesionalisme merupakan performance quality dan sekaligus sebagai tuntutan perilaku profesional dalam melaksanakan tugasnya". Maka dari itu sebagai guru yang professional harus selalu meningkatkan pengetahuan baik pada bidang kompetensinya maupun bidang pengetahuan teknologinya, dan keterampilan secara terus menerus.

Cakap Berteknologi 

Teknologi memainkan peran penting dalam membentuk kepemimpinan seorang guru di era modern ini. seorang Pemimpin pada zaman modern seperti ini harus menguasai penggunaan berbagai alat digital untuk manajemen proyek, komunikasi tim, dan analisis data. Pemahaman tentang keamanan cyber juga sangat diperlukan untuk melindungi data suatu instansi dan privasi informasi.

Memiliki Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional (EQ) menjadi aspek kunci dari kepemimpinan guru yang profesional. Kemampuan untuk berempati, berkomunikasi dengan jelas, dan menyelesaikan konflik secara konstruktif merupakan hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Selain itu, kemampuan untuk memotivasi dan mengembangkan tim juga menjadi faktor penting dalam mencapai tujuan bersama.

Memiliki Strategi untuk Berinovasi

Dalam lingkungan kerja  tenaga  kependidikan yang terus berubah, inovasi menjadi kunci untuk mempertahankan daya saing suatu lembaga kependidikan serta para peserta didik. Pemimpin harus menciptakan lingkungan kerja yang mendorong kreativitas dan inovasi. para tenaga pendidik yang professional juga harus mampu mengelola risiko yang dihadapi dengan bijak dan memimpin sebuah tim melalui perubahan dengan strategi-strategi yang efektif dan inovatif.

Membentuk kepemimpinan profesional guru dalam lingkungan kerja di era modern adalah sebuah tantangan, tetapi dengan strategi yang tepat dan komitmen yang kuat, hal ini dapat dicapai. Seorang pemimpin yang profesional, adaptif, dan berintegritas akan dapat membawa lembaga kependidikan (sekolah) menuju kesuksesan di tengah-tengah kompleksitas dan perubahan diera modern seperti saat ini.

Kunandar. (2007). Profesionalisme Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Ulul Albab, Aris Nurkhamidi, Ahmad Tarifin, Fatmawati Nur Hasanah, Abdulroya Panaemalae.(2023).Professional Leadership Capabilities of Progressive Islamic Education Teachers,jurnal-walisongo.co.id.

Bayu Purbha Sakti.(2020),UPAYA PENINGKATAN GURU PROFESIONAL DALAM MENGHADAPI PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI, jurnalfai-uikabogor.org. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun