Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Mengapa Anak Saya Nakal?

16 Desember 2023   19:55 Diperbarui: 17 Desember 2023   03:37 741
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Thinkstock.com via Kompas.com)

Mengamati peserta didik, baik itu di lembaga pendidikan formal semisal Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan SMA/SMK, serta di kursus bahasa Inggris, dan les privat; ada kecenderungan yang sama kalau membahas tentang anak nakal.

Bertahun-tahun melihat dan terlihat bahwa ada benang merah yang menyebabkan anak menjadi nakal.

Tentu saja, apa yang saya amati dan simpulkan bersifat subjektif. Menurut saya pribadi. Berdasarkan 'kacamata' saya. 

Salah satu contoh terbaru, M, murid les privat yang berstatus peserta didik kelas sembilan di salah satu SMP swasta di Samarinda.

Semakin hari, seiring waktu berjalan, M semakin menyebalkan. 

Tidak menurut pada orangtua, malas, merasa diri benar, tidak sopan pada orang yang lebih tua, dan lain-lain.

Dari sejak kecil sampai kelas 9 SMP sekarang, M menjadi pribadi yang tidak semakin membaik.

Nakal.

Kata ini muncul dalam benak saya. Untuk lebih memastikan keakuratan pengertian, saya membuka aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring di smartphone saya.

Hasilnya adalah sebagai berikut:

na.kal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun