Pemanfaatan Kampanye Pada Calon Pasangan Uu Saeful & Nurul Sumarheni di Pilkada Serentak Kota Bekasi 2024 Melalui New Media
Haikal Dwi Wicaksono1 , Saeful Mujab2Â
Jurusan Ilmu Komunikasi FIKOM UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYAÂ
E-mail: haikaldwi854@gmail.com
ABSTRAKÂ
Seiring dengan perkembangan zaman teknologi yang berkembang pesat, komunikasi digital memainkan peran penting dalam pembentukan kampanye dalam mengubah sudut pandang Masyarakat terhadap politik. Dalam hal ini politik berkaitan dengan komunikasi sangat berpangaruh dalam mengubuh opini publik. Oleh karena itu, komunikasi politik dan media sosial sangat erat berkaitan dengan persepsi Masyarakat, melalui media sosial Masyarakat dapat menilai para calon pemimpin daerah ataupun pemimpin negara. Jika persepsi Masyarakat menilai calon pasangan buruk maka sudah dapat dipastikan calon pemimpin tidak bisa memenangkan kontestasi pemilihan umum. Akan tetapi, jika citra yang dibentuk oleh calon politisi bagus dan Masyarakat sekitar menyukai dapat dipastikan calon pemimpin tersebut akan memenangkan kontestasi pemiliham umum. Dengan media sosial politisi mempunyai power yang sangat besar dengan membuat brandingan atau citra diri yang positif dan dapat digemari oleh khalayak luas. Kampanye melalui new media sudah menjadi metode yang wajib di era sekarang dalam menyampaikan pesan kepada khalayak ramai di era digital saat ini. Selain itu, para politisi bisa memberikan kesempatan bagi audiens untuk berinteraksi melalui media sosial secara real-time, sehingga bagian kampanye dapat disesuaikan dan ditingkatkan berdasarkan respon dari Masyarakat. Â
Kata Kunci: Komunikasi Politik, Manfaat New Media, Kampanye, Pilkada
 ABSTRACTÂ
Along with the rapid development of technology, digital communication plays an important role in forming campaigns to change people's perspectives on politics. In this case, politics is related to communication which is very influential in changing public opinion. Therefore, political communication and social media are closely related to public perception, through social media the public can assess regional or national leader candidates. If public perception assesses that a candidate pair is bad, then it is certain that the candidate leader cannot win the general election contest. However, if the image formed by the candidate politician is good and the surrounding community likes it, it is certain that the candidate leader will win the general election contest. With social media, politicians have great power by creating positive branding or self-image that can be liked by the wider community. Campaigns through new media have become a mandatory method in the current era in conveying messages to the general public in the current digital era. In addition, politicians can provide opportunities for audiences to interact through social media in real-time, so that campaign sections can be adjusted and improved based on responses from the community.Â
Keywords: Political Communication, Benefits of New Media, Campaign, Regional Elections
PENDAHULUANÂ