Mohon tunggu...
Budiman Gandewa
Budiman Gandewa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Silent Reader

Bermukim di Pulau Dewata dan jauh dari anak Mertua. Hiks.....

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Artikel Utama

Cerpen ǀ Pak Erte, Pengarang dan Pembohong

3 September 2016   20:55 Diperbarui: 4 September 2016   00:59 1069
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Laruno.com

Boim dan Jupri mulai manggut-manggut. Melihat keduanya   pada begitu,  Pak Erte jadi manut. Ikutan manggut-manggut. Padahal aslinya kaga ngarti. Puyeng! Hihihi...

"Hasil kegiatan mengarang, atau karangan bisa berupa artikel, esai dan sebagainya. Karangan berpadan kata dengan gubahan karya, buah pena atau fiksi.." Lanjut Pak Jumadi.

"Tuh kan, fiksi. Elu denger kan yang dibilangin Pak Jumadi barusan? Fiksi..!" Boim merasa di atas angin. Sementara si Jupri garuk-garuk kepala. Pak Erte nyeruput kopi. Sruup...!

"Tapi karangan juga berpadan kata dengan rumor, gosip, isapan jempol dan cerita yang mengada-ada..."

"Tuh kan, cerita yang mengada-ada. Itu bohong juga namanya. Hahaha...!" Jupri tertawa girang.

"Eh, elu bedua pada bisa diem kaga? Gue kepret, juga nih!" Pak Erte jadi sebel. Selain dengerin penjelasan yang panjang dan bikin mumet. Si Jupri ama Si Boim masih pada ngotot merasa paling bener.

"Iya nih Bang Jupri ama Bang Boim. Mau dengar penjelasan saya selanjutnya, tidak?" Pak Jumadi pura-pura ngambek.

"Udeh, Bapak terusin aje dah. Kalau dua orang ini masih ngebacot. Biar gue kasih atu-atu rujak bebeg" Kata Pak Erte sambil menggosok-gosok kepalan tangannya.

"Baiklah kalau begitu..." Kata Pak Jumadi sambil menggeser layar Hape dengan ujung jarinya "Nah ini saya bacain penjelasan soal 'Pembohong' menurut Wikipedia..."

Pak Erte memperhatikan Pak Jumadi yang menggeser-geser layar Hape-nya. "Lagi-lagi si Wiki yang disebut. "Hebat bener itu orang" Pikir Pak Erte, sambil membayangkan sosok perempuan cantik yang bernama Wikipedia. Hihihi....

"Seorang Pembohong adalah orang yang berbohong. Berbohong biasanya digunakan untuk merujuk pada penipuan dalam bentuk komunikasi lisan atau tertulis..." Pak jumadi menghentikan penjelasannya sejenak, karena harus menggeser layar hape-nya. Lalu melanjutkan kembali perkataannya...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun