Mohon tunggu...
Budiman Gandewa
Budiman Gandewa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Silent Reader

Bermukim di Pulau Dewata dan jauh dari anak Mertua. Hiks.....

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

[Cerpen] Data Pribadi Siswa

11 Agustus 2016   01:08 Diperbarui: 11 Agustus 2016   01:10 283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Segera saja diraihnya kertas tersebut, mengambil pulpen dan langsung menulis di kolom yang belum 'dijawab', seperti kata anaknya. Yang pertama dibacanya adalah, Nama Lengkap Siswa:

Badrun langsung menuliskan nama lengkap putranya di kolom tersebut. Berikutnya, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan Alamat tempat Tinggal. Semuanya 'dijawab' dengan lancar.

Laki-laki itu berpikir sejenak saat mau menulis berat badan anaknya, "Hmm, 20 kg..." Terkanya, dan langsung menuliskan kedua angka tersebut. Badrun tampak tersenyum saat memperkirakan tinggi badan putranya, sedikit terbayang kelucuan anaknya, waktu masih berumur dua tahun. Sekarang tidak terasa sudah mulai masuk SD.

Selanjutnya Nama Ayah/Wali, Badrun menuliskan namanya dengan lengkap, dilewatinya beberapa baris lalu menuliskan juga nama lengkap istrinya. Adzan subuh menghentikan tangannya dari menulis, belum lagi rasa mengantuk yang juga mulai menyerangnya.

Diletakkannya kembali kertas tersebut di atas meja, sambil merebahkan tubuh di bangku panjang ruang tamunya dan langsung tertidur pulas.

*****

"Bapaak...!" 

Badrun langsung menghampiri putranya, yang memangginya dari depan pintu kelas. Tangannya mengambil selembar kertas yang langsung disodorkan kepadanya.

"Bapak, kata Bu guru, 'jawabannya' belum lengkap..."

Badrun tersenyum mendengar perkataaan putranya tersebut. Diperhatikannya setiap kolom yang menurut putranya belum 'terjawab' lengkap. Dia tampak kaget saat membaca sebuah kalimat yang memang masih kosong.

'Pekerjaan Ayah/Wali':

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun