Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Content Creator Tafenpah

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Siber Asia || Instagram: @suni_fredy || Youtube : Tafenpah Group

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pandemi sebagai Pemicu Dunia Pendidikan untuk Bertransformasi dalam Menciptakan Talenta yang Berkualitas, Kreatif, dan Inovatif

7 September 2022   00:30 Diperbarui: 7 September 2022   00:42 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar dari Pixels

Dunia pendidikan memiliki tantangan besar di tengah perubahan yang begitu pesat.

Pelaku industri, rektor dan legislator berbagi pandangan tentang tantangan dan karakter sumber daya yang dibutuhkan negeri ini.

Salah satu faktor pemicu dari perubahan dunia pendidikan Indonesia adalah kehadiran Pandemi.

Pandemi telah memaksa praktisi pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas, kreatif, dan inovatif.

Wakil Ketua Umum Perdagangan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Juan Permata, telah mendorong para pelaku industri untuk terus mencari talenta-talenta berkualitas, inovatif, dan kreatif.

Senada dengan Juan, Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Dr. Djisman Simandjuntak menyoroti tentang peran serta dunia pendidikan untuk mendukung penyediaan talenta yang dibutuhkan untuk kemajuan negeri ini. 

"Perusahaan science based yang besar dan tumbuh di negeri ini masih sangat sedikit. Padahal hidup kita semakin tergantung pada teknologi. Karena itu, kita harus bisa menggerakkan siswa-siswa Indonesia untuk memilih pembelajaran yang mengarah kewirausahaan. Minyak bumi, gas, hutan habis, overfishing terjadi di mana-mana. Pilihan kita tidak lain selain membangun bisnis-bisnis yang berbasis ilmu pengetahuan," ujarnya. (Sumber rilis dari Humas Contentro dan Humas Universitas Prasetiya Mulya yang diterima penulis, Rabu (6/9/2022).

Karakter Sumber Daya Manusia

Untuk menciptakan karakter sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif, dan inovatif, orang tua juga memiliki andil yang besar dalam penggemblengan anak-anaknya.

Karena Tenaga Pengajar di setiap institusi pendidikan negeri maupun swasta tidak memiliki kapasitas 100 persen untuk mengontrol anak muridnya.

Mengingat waktu normal anak-anak di sekolah itu hanya berkisar 6-7 jam. Selebihnya mereka memiliki waktu yang lebih bersama dengan orang tua di rumah

Sebagai contoh nyata, penulis setiap hari selalu mengamati lingkungan sekolah Amore Prime School Tangerang.

Aktivitas peserta didik bersama dengan tenaga pengajar berlangsung dari jam 06.30 - 14.00 WIB.

Ada pun yang sampai pukul 15.00 - 16.00 WIB. Dalam rentang waktu tersebut, peserta didik sejatinya sudah berada di luar jam formal

Namun, orang tua mereka memilih untuk mengantar pulang anaknya ke sekolah untuk mengikuti berbagai les tambahan maupun pengembangan minat, entah di bidang musik, fotografi, media, karate, kursus bahasa Jerman, Mandarin, Inggris, dan berbagai bidang pengembangan diri lainnya.

Di sini, penulis melihat adanya dukungan orang tua dalam mendidik anaknya.

Karena mereka menginginkan anak-anaknya menjadi generasi yang disiplin, kreatif, inovatif, dan berkualitas di kehidupan nyata.

Model pendidikan ini kurang lebih mengikuti pendidikan Seminaris maupun Pesantren.

Generasi Penerus Yang Kian Adaptatif Terhadap Perkembangan Teknologi

Perubahan iklim, perubahan demografi dengan kemunculan generasi penerus yang kian adaptif terhadap kemajuan teknologi, perubahan teknologi yang terus melaju kencang, hingga perubahan geopolitik dan ekonomi di mana kekuatan ekonomi global telah bergeser ke wilayah Asia.

Fenomena ini mendorong setiap praktisi pendidikan untuk merancang konsep pembelajaran yang berwawasan global, tetapi tetap mengakar pada kebudayaan Indonesia.

Karena bagaimana juga, perkembangan teknologi harus seimbang dengan budaya bangsa Indonesia.

Tujuan dari keseimbangan ini adalah generasi penerus tidak hanya pandai dalam bidang teknologi, wirausaha, dan lain sebagainya.

Tetapi mereka juga mampu menghayati semangat gotong royong, menghargai satu sama lain, membangkitkan semangat hospitality yang termanivestasi dalam nadi PANCASILA.

Karena bagaimana pun juga, afeksi dan kognitif peserta didik harus ditumbuhkembangkan mulai dari rumah, lingkungan sekolah, dan masyarakat setempat, demi mewujudkan generasi bangsa yang tangguh, ramah, dan saling menghargai sebagai satu nasib, seperjuangan dalam menciptakan masa depan mereka, entah di mana pun.

Itulah potretan yang penulis amati dan alami sendiri dalam bersentuhan dengan peserta didik di Sekolah Amore Prime School, mulai dari TK- SMA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun