Mohon tunggu...
Frederika Shandyati Pisa
Frederika Shandyati Pisa Mohon Tunggu... Guru - Guru

Suka bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices (Praktik Baik) PPL Daljab Kategori II 2022

5 Desember 2022   01:10 Diperbarui: 5 Desember 2022   01:21 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama                : Frederika Shandyati Pisa, S.Pd

Kelas                 : 006 Kelompok B

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SD Negeri 05 Ekok Tambai

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Aksi 1 :

Meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VI pada materi rangkaian listrik seri dengan Model Project Based Learning .

Penulis

Frederika Shandyati Pisa

Tanggal

Aksi 1 : 15 Oktober 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah ?

Guru kurang memanfaatkan TPACK dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran kurang berpusat kepada peserta didik, peserta didik lebih banyak mendengar penjelasan dari guru, tanpa melaksanakan pembelajaran praktik langsung. Peserta didik kurang dilibatkan untuk belajar bersama kelompok, media ajar yang digunakan kurang menarik (hanya gambar yang ditempel), kurang melaksanakan kegiatan LKPD, Selama ini juga proses pembelajaran masih berfokus pada penguasaan pengetahuan kognitif masih rendah yaitu: level C1 (mengingat), level C2 (memahami) dan C3 (Aplikasi).

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

Praktik ini penting untuk dibagikan karena secara langsung akan berdampak pada hasil belajar peserta didik baik dari pengetahuan maupun keterampilan pada materi rangkaian listrik seri,  menambah pengalaman serta memotivasi rekan-rekan guru dalam menerapkan model pembelajaran yang variatif salah satunya adalah model Project based Learning (PJBL). Diharapkan dengan model pembelajaran inovatif dapat membentuk perilaku saintifik, perilaku sosial, dan mengembangkan rasa keingintahuan peserta didik.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?

Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru.

  • Tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat. Saya juga bertanggung jawab untuk melaksanakan metode dan model pembelajaran  yang inovatif tersebut di sekolah tempat saya bertugas sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. sebagai guru mempunyai  tanggung  jawab  untuk  melakukan  proses pembelajaran secara  efektif  dengan  menggunakan  model pembelajaran  yang  tepat  dan  inovatif sehingga  tujuan pembelajaran  dan  hasil  belajar  siswa  dapat  tercapai  sesuai yang diharapkan sebagai guru mempunyai  tanggung  jawab  untuk  melakukan  proses pembelajaran  secara  efektif  dengan  menggunakan  model pembelajaran  yang  tepat  dan  inovatif  sehingga  tujuan pembelajaran  dan  hasil  belajar  siswa  dapat  tercapai  sesuai yang diharapkan

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut ?

  • Membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan produk;
  • Membutuhkan biaya yang cukup banyak dalam menyelesaikan project;
  • Membutuhkan fasilitas, bahan dan alat yang memadai;
  • Peserta didik kurang percaya diri berbicara didepan kelas saat presentasi;
  • Proses perekaman kegiatan pembelajaran perlu dipersiapan dan peralatan yang menunjang
  • Penyesuaian dan pendekatan dengan peserta didik di sekolah menumpang

Siapa saja yang terlibat ?

  • Peserta didik : sebagai subjek dalam kegiatan pembelajaran
  • Guru  : sebagai pelaksana / fasilitator kegiatan
  • Rekan Guru (Wali Kelas VI) : sebagai Observer, (membantu mempersiapkan kelas sebelum PPL )
  • Ibu kepala sekolah: sebagai koordinator dan pengawas dalam kegiatan PPL.
  • Dosen Pengampu dan Guru pamong untuk membimbing dan mengevaluasi kegiatan
  • Juru kamera untuk merekam seluruh kegiatan pembelajaran

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah / strategi apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?

  • Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, wawancara dengan kepala sekolah serta menyiapkan kajian literatur, merumuskan solusi, membuat perangkat pembelajaran dan menjadwalkan waktu pelaksanaan aksi.
  • Menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD, media, ajar, bahan ajar dan instrumen penilaian dalam 1 pertemuan tentang materi rangkaian listrik seri menggunakan model Project Based Learning.
  • Penentuan jadwal aksi PPL 1 dan konfirmasi kepada rekan-rekan guru. Aksi PLL 1 dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Agustus 2022 mulai pukul 10.00 WIB-11.10 WIB
  • Mengomunikasikan dan melibatkan rekan guru dalam membantu segala persiapan sebelum aksi (mempersiapkan fasilitas dan media)
  • Menyampaikan kebutuhan peralatan yang akan digunakan dalam pembelajaran kepada peserta didik. Peserta didik dapat membawa  Peralatan yang mudah diperoleh atau didapat.
  • Memilih Metode dan Model yang bervariasi serta sesuai dengan materi ajar dan karakteristik peserta didik.
  • Menanamkan rasa ketertarikan siswa untuk menyukai materi pelajaran yang akan disampaikan.

Pada saat aksi melaksanakan langkah-langkah kegiatan pembelajaran:

  • Pendahuluan : guru memberikan salam, berdoa, cek kehadiran, menyanyikan lagu wajib nasional bersama-sama, memberikan apersepsi tentang penggunaan rangkaian listri seri disekitar peserta didik dan Menjelaskan gambaran secara umum tentang manfaat dan tujuan mempelajari materi yang akan dipelajari. Hal ini bertujuan supaya siswa dapat arahan ke mana pembelajaran dimaksudkan.
  • Kegiatan Inti: Model project based learning dengan pendekatan saintifik melalui metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi, unjuk kerja 
    • Menentukan pertanyaan mendasar
      • Peserta didik mengamati teks bacaan di PPT, Peserta didik berdiskusi  bersama guru dengan menjawab pertanyaan, guru membagikan LKPD kegiatan 1, guru menjelaskan langkah-langkah menyelesaikan LKPD kegiatan 1, peserta didik berdiskusi menganalisis informasi dan menjawab pertanyaan pada LKPD kegiatan 1, peserta didik bersama dengan teman sebangkunya diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawaban dari LKPD yang dikerjakan secara bergantian, guru memberikan penilaian dan penguatan pada kegiatan LKPD kegiatan 1, guru dan peserta didik berdiskusi menentukan masalah, penyebab dan solusi dari teks bacaan pada LKPD kegiatan 1
    • Mendesain perencanaan proyek
      • Peserta didik mengamati video tentang pembuatan rangkaian listrik seri, guru membagi peserta didik  menjadi beberapa kelompok, membagikan LKPD kegiatan 2 dan memastikan semua peserta didik memahami apa yang harus dilakukan dan memiliki kelengkapan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan aktifitas pada LKPD kegiatan 2
    • Menyusun jadwal pembuatan 
      • Peserta didik dipandu guru berdiskusi menyusun jadwal start dan finish tentang kegiatan proyek yang akan dilaksanakan pada hari ini dan mengisi tabel pada slide PPT yang berisi pembagian waktu serta langkah – langkah pengerjaan proyek.
    • Memonitoring peserta didik dan kemajuan proyek
      • Peserta didik berdiskusi mengisi LKPD kegiatan 2 yang berisi proyek membuat rangkaian listrik seri, guru memantau kegiatan setiap kelompok dan melakukan penilaian proses, peserta didik berkonsultasi jika memiliki kesulitan dalam mengerjakan proyek.
    • Menguji Hasil
      • Peserta didik mempresentasikan proyek yang sudah dikerjakan, guru memberikan tanggapan atau umpan balik terhadap hasil presentasi kelompok, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan melakukan konfirmasi terkait materi dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
  • Kegiatan Penutup :Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan kesimpulan mengenai proses pembelajaran, peserta didik mengerjakan lembar instrument yang berisi 5 soal pilihan ganda, guru memberikan penguatan, guru mengucapkan salam dan mengakhiri kegiatan dengan berdoa.

 

Siapa saja yang terlibat ?

Yang terlibat dalam kegiatan ini saya sendiri selaku guru, peserta didik dan kameramen yang membantu proses pengambilan video.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ?

  • Fasilitas yang ada disekolah seperti proyektor, laptop,  kamera, tripod, bahan ajar, instrumen penilaian, media ajar, video pembelajaran,  lembar  penilaian, stereofoam, baterai, dudukan baterai, kabel, isolasi, lampu, fitting lampu, saklar dan gunting.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Berdasarkan hasil observasi, serta penilaian yang dilakukan adapun dampak adalah sebagai berikut :

  • Peserta didik mengalami perubahan cara belajar, mereka lebih bersemangat dan semakin aktif dalam pembelajaran. Peserta didik juga semakin terampil dalam diskusi dan presentasi dalam kelompok.
  • Peserta didik juga menyampaikan respon positif saat refleksi pembelajaran yang diberikan.
  • Peserta didik terlihat antusias dan bersemangat serta aktif selama pembelajaran.  Peserta didik secara berkelompok menyelesaikan permasalahan pada LKPD dengan baik.
  • Peserta didik dapat mengikuti sintak pada model Project Based Learning dan langkah pada LKPD karena lebih rinci.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

  • Respon dari peserta didik : Peserta didik sangat antusias dan semangat mengikuti proses pembelajaran karena mereka bisa menyaksikan video pembelajaran sebelum melakukan praktek sehingga pada saat praktek tujuan pembelajaran dapat dicapai.
  • Respon dari rekan guru : Rekan guru menyambut baik dengan apa yang sudah dilakukan terkait strategi ini karena secara tidak langsung memberikan motivasi kepada mereka untuk melakukan hal yang sama demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik.
  • Respon dari kepala sekolah : selaku pimpinan dilembaga tempat saya mengajar kepala sekolah sangat mendukung dengan langkah-langkah serta strategi yang saya pakai,beliau berharap agar kami para guru terus berinovasi dalam menyajikan materi kepada peserta didik.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

Secara garis besar kegitan aksi ini berhasil adapun faktor- faktor penyebabnya adalah :

  • Perencanaan pembelajaran
  • Suasana Pembelajaran yang Menyenangkan
  • Pembelajaran Praktik Langsung
  • Perangkat pembelajaran yang lengkap
  • Fasilitas yang ada disekolah cukup memadai
  • Dukungan dari rekan-rekan guru dan kepala sekolah
  • Kerja sama yang baik yang ditunjukan oleh peserta didik

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ?

Maka berdasarkan keseluruhan pengalaman praktik ini, saya mendapatkan pembelajaran :

  • Agar terus berupaya melakukan perubahan demi kemajuan pendidikan dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada murid.
  • Untuk mencapai tujuan penbelajaran yang baik maka perlu dilakukan analisis permasalahan yang dialami oleh peserta didik, menganalisis solusi,membuat perencanaan dengan baik dan matang serta pada saat aksi dilakukan sesuai dengan perencanaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun