Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning  pada Pembelajaran Tematik Tema 4Â
Subtema 3 Pembelajaran 1 Muatan Pelajaran Matematika dan SBDPÂ
di Kelas III SD Negeri 09 Pemulutan Selatan
Â
FITRIANTI, S.Pd.
Guru SD Negeri 09 Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir
Mahasiswa PPG Daljab Kategori 1 Angkatan 2 Universitas Tanjungpura
Â
A. PENDAHULUAN
        Pembelajaran tematik terpadu di SD sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa muatan pelajaran dalam satu pembelajaran. Beberapa muatan, misalnya Matematika, dan DBdP disatukan dalam tema yang sama kemudian disajikan dalam satu pembelajaran utuh yang saling berkaitan.
        Dalam praktik pembelajaran Kurikulum 2013 yang penulis lakukan selama ini, penulis menggunakan buku siswa dan buku guru. Penulis meyakini bahwa buku tersebut sudah sesuai dan baik digunakan di kelas karena diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ternyata, dalam praktiknya, penulis mengalami beberapa kesulitan seperti materi dan tugas yang diberikan tidak sesuai dengan latar belakang peserta didik. Selain itu, penulis masih berfokus pada penguasaan pengetahuan kognitif yang lebih mementingkan hafalan materi. Dengan demikian pembelajaran yang dilakukan oleh guru berdampak peserta didik merasa jenuh. Penulis juga belum optimal menggunakan media pembelajaran. Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas kaku dan peserta didik tampak tidak bersemangat.