Mohon tunggu...
Firda NurmalaSari
Firda NurmalaSari Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi PPG

Guru Bahasa Indonesia SMA Labschool Cibubur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik Menggunakan Metode Star Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa

4 Oktober 2022   21:00 Diperbarui: 4 Oktober 2022   21:06 399
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi : SMA Labschool Cibubur

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)

Tujuan ingin dicapai : Meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas 10 pada materi teks eksposisi menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dengan media Canva.

1. Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

1.1. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah rendahnya keterampilan menulis peserta didik  dibanding keterampilan berbahasa lainnya. Hal ini berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan penulis pada siswa kelas 10. Hasilnya ditemukan beberapa peserta didik mengalami kesulitan saat diminta menuliskan cerita singkat diri mereka dalam bentuk tulisan.

Menurut Yusuf, dkk (2003:106), "Kesulitan belajar menulis merupakan suatu gangguan atau kesulitan dalam mengikuti satu atau lebih bentuk pengajaran menulis dan keterampilan yang terkait dengan menulis, seperti mendengarkan, berbicara dan membaca".

Peserta didik kurang mampu dalam menggali ide, menuangkan gagasan ke dalam  tulisan termasuk penguasaan teknik penulisan (tanda baca, ejaan dan kapital).

Hal ini sejalan dengan Menurut Ariadinata (2009:5) menyatakan bahwa menulis merupakan sarana paling ampuh untuk menyampaikan gagasan. Seorang penulis yang baik, mampu menyampaikan gagasan dengan baik pula. Oleh karena itu, penulis yang baik perlu memperhatikan beberapa syarat mutlak yang harus dikuasai di antaranya: (a) kemampuan menggali masalah, (b) kemampuan menuangkan gagasan ke dalam kalimat dan paragraf, (c) menguasai teknik penulisan seperti penerapan tanda baca (pungtuasi), dan (d) memiliki sejumlah kata yang diperlukan.

Peran guru yang belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif  sangat berpengaruh karena siswa cenderung menjadi pasif ketika guru mengajar dengan monoton. Selain itu, peserta didik belum maksimal dalam penggunaan kaidah kebahasaan yang tepat dalam penulisan teks eksposisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun