Lokasi : SMA Labschool Cibubur
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Tujuan ingin dicapai : Meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas 10 pada materi teks eksposisi menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dengan media Canva.
1. Situasi
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
1.1. Kondisi yang menjadi latar belakang masalahÂ
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah rendahnya keterampilan menulis peserta didik  dibanding keterampilan berbahasa lainnya. Hal ini berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan penulis pada siswa kelas 10. Hasilnya ditemukan beberapa peserta didik mengalami kesulitan saat diminta menuliskan cerita singkat diri mereka dalam bentuk tulisan.
Menurut Yusuf, dkk (2003:106), "Kesulitan belajar menulis merupakan suatu gangguan atau kesulitan dalam mengikuti satu atau lebih bentuk pengajaran menulis dan keterampilan yang terkait dengan menulis, seperti mendengarkan, berbicara dan membaca".
Peserta didik kurang mampu dalam menggali ide, menuangkan gagasan ke dalam  tulisan termasuk penguasaan teknik penulisan (tanda baca, ejaan dan kapital).
Hal ini sejalan dengan Menurut Ariadinata (2009:5) menyatakan bahwa menulis merupakan sarana paling ampuh untuk menyampaikan gagasan. Seorang penulis yang baik, mampu menyampaikan gagasan dengan baik pula. Oleh karena itu, penulis yang baik perlu memperhatikan beberapa syarat mutlak yang harus dikuasai di antaranya: (a) kemampuan menggali masalah, (b) kemampuan menuangkan gagasan ke dalam kalimat dan paragraf, (c) menguasai teknik penulisan seperti penerapan tanda baca (pungtuasi), dan (d) memiliki sejumlah kata yang diperlukan.
Peran guru yang belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif  sangat berpengaruh karena siswa cenderung menjadi pasif ketika guru mengajar dengan monoton. Selain itu, peserta didik belum maksimal dalam penggunaan kaidah kebahasaan yang tepat dalam penulisan teks eksposisi.