Mohon tunggu...
Fiksiana Community
Fiksiana Community Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas pecinta fiksi untuk belajar fiksi bersama dengan riang gembira

Komunitas Fiksiana adalah penyelenggara event menulis fiksi online yang diposting di Kompasiana. Group kami: https://www.facebook.com/groups/Fiksiana.Community/ |Fan Page: https://www.facebook.com/FiksianaCommunity/ |Instagram: @fiksiana_community (https://www.instagram.com/fiksiana_community/) |Twitter FC @Fiksiana1 (https://twitter.com/Fiksiana1)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Belajar EYD Bersama Fiksiana Community (Penggunaan Tanda Titik)

16 Februari 2016   11:12 Diperbarui: 16 Februari 2016   18:25 689
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

2. Untuk menunjukkan bahwa dalam suatu kalimat atau naskah ada bagian yang (sengaja) dihilangkan.

Contoh:
“Pembunuh berdarah dingin itu adalah.... Kau akan segera tahu jawabannya,” kata Ferdi dengan mimik ketakutan.

3. Tanda elipsis juga dikenakan pada penulisan kata atau onomatope huruf vokal atau konsonan sama dalam jumlah banyak.

Contoh:
Astagaaa...!
Srrr....
Zaaap...!

***Catatan Penting tentang penulisan elipsis yang benar:

1. Tanda elipsis di dalam rangkaian kata atau kalimat bisa didahului dan diikuti dengan spasi dan bisa juga menempel kata di depannya.

Contoh:
“Tolong ... tolong, selamatkan saya!”
atau
"Tolong... tolong, selamatkan saya!"

Jadi setiap penerbit memiliki atau menetapkan aturan sendiri, ada yang menggunakan elipsis dengan diapit spasi seperti Penerbit Mizan dan ada yang menggunakan elipsis menempel pada kata yang diikutinya seperti Penerbit Jentera Pustaka.

2. Elipsis bisa disatukan dengan tanda koma, tanda tanya atau tanda seru dan penulisannya tanpa spasi.

Contoh:
"Baiklah...," kataku, "kita berangkat sekarang."
“Aduuuh...!”
“Kau... kau...?”

3. Jika berada di akhir kalimat, perlu dipakai 4 tanda titik (....), 3 tanda titik (...) untuk menandai penghilangan teks dan 1 tanda titik (.) untuk menandai akhir kalimat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun