Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Administrasi - Officer yang Menulis

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Mengapa Jouska sebagai Financial Planner, Tak Seharusnya Merangkap Menjadi Manajer Investasi?

29 Juli 2020   15:03 Diperbarui: 29 Juli 2020   15:01 561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jouska awalnya seperti fenomena, sebuah lembaga perencana keuangan yang sangat diminati oleh para milenials. Padahal generasi yang lahir antara tahun 80 an hingga tahun 2000 itu sejatinya tak terlalu peduli dengan apapun yang berhubungan dengan merencanakan pengelolaan keuangan mereka.

Sebenarnya milenials bukan hanya tak berminat merencanakan keuangannya sendiri tapi mereka meyakini bahwa dunia perekonomian terlebih lagi urusan investasi merupakan sesuatu yang rumit makanya mereka cenderung cuek dengan urusan keuangan.

Nah,kemudian datanglah Jouska "perencana keuangan" dengan cara berkomunikasi yang dirasa sesuai dengan mindset milennial. Akhirnya mereka tertarik dan mengikuti setiap unggahan Jouska terkait masalah keuangan.

Akun Instagramnya Jouska.Id dalam beberapa bulan memiliki follower hingga jutaan yang sebagian besar merupakan generasi millenias.

Dalam unggahannya Minjou atau Admin Jouska sangat aktif dan informatif memberikan paparan terkait seluk beluk  financial sehingga para pengikutnya lebih melek literasi keuangan.

Selain itu Minjou juga kerapkali memposting kasus-kasus keuangan yang dialami klien dan perhitungan keuangan yang membuat masyarakat menyadari pentingnya perencanaan keuangan.

Namun terkadang unggahannya juga memunculkan perdebatan banyak pihak sehingga menjadi viral karena terkesan seperti menakut-nakuti.

Seperti misalnya biaya persalinan bisa mencapai angka Rp.80 juta, atau biaya anak masuk TK disebutkan Minjou hingga mencapai puluhan juta.

Postingan ini ada yang menanggapinya positif namun banyak pula yang menganggapnya hanya menakut-nakuti orang tua saja.

Karena biasanya diakhir seri postingannya Minjou langsung menekankan betapa pentingnya perencanaan keuangan, sambil mempromosikan keberadaan Jouska.

Apa yang dilakukan Minjou ini sangat efektif untuk menarik minat para millenials untuk bergabung bersama  Jouska, sebagai kliennya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun