Mohon tunggu...
Feriska Farjisa
Feriska Farjisa Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Nama saya feriska farjisa. Saya lulusan jurusan pendidikan guru sekolah dasar dari Universitas Karimun. Saya telah menjadi seorang guru untuk anak-anak sekolah dasar selama 13 tahun. Saat ini saya sangat bersemangat untuk menemukan posisi sebagai guru untuk tahun ajaran mendatang. Saya memiliki beberapa rencana pelajaran yang akan saya terapkan kepada peserta didik, konten yang saya senangi yaitu konten pendidikan, literasi, hiburan, kuliner, perkembangan globalisasi saat ini.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Praktik Baik (Best Practice) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik dalam Pembelajaran

4 Desember 2023   12:16 Diperbarui: 4 Desember 2023   12:21 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Praktik Baik (Best Practice)

 

Lokasi

SD Negeri 006 Meral, Kabupaten Karimun

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar (SD)

Tujuan yang ingin dicapai :

Bahasa Indonesia :

  • Melalui kegiatan mengamati gambar peserta didik dapat menemukan kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam dengan tepat  
  • Melalui kegiatan berdiskusi kelompok peserta didik dapat menentukan makna kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam dengan tepat  

 Matematika :

  • Melalui kegiatan mengamati contoh,  peserta didik  dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1.000 dengan benar
  • Melalui kegiatan berdiskusi kelompok,  peserta didik  dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar .

Situasi (Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.) :  

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah sehingga praktik ini perlu dilakukan yaitu Peserta didik terlihat tidak tertarik dalam pembelajaran, misalnya saat diajukan pertanyaan tidak ada peserta didik yang menjawab.
  • Peserta didik kesulitan saat mengerjakan tugas yang diberikan guru dalam menghitung hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1.000
  • Hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM, karena minat belajar peserta didik yang rendah.
  • Guru belum menggunakan alat peraga/benda kongkrit  dalam kegiatan pembelajaran.
  • Guru hanya memanfaatkan buku sebagai sumber belajar.

Menurut saya praktik ini penting untuk dibagikan karena :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun