Mohon tunggu...
Fathimatuzzahra Andiyan
Fathimatuzzahra Andiyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Paradigma Integrasi Antropologis: menemukan keterkaitan antara asal-usul manusia melalui lensa bayani, burhani, dan irfani

22 Desember 2024   13:54 Diperbarui: 22 Desember 2024   13:54 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Paradigma integrasi antropologis dalam konteks epistemologi Islam dan asal usul manusia.

Paradigma ini bertujuan untuk menemukan keterkaitan antara ilmu pengetahuan yang bersumber dari wahyu dan pemahaman ilmiah tentang manusia, serta bagaimana manfaat keduanya saling melengkapi dalam memahami keberadaan manusia.

 

Paradigma Integrasi dalam Antropologi

Antropologi sebagai ilmu yang mempelajari manusia secara menyeluruh mencakup aspek fisik, budaya, perilaku, dan kehidupan sosial. Salah satu fokus penting adalah keberadaamn manusia.

Dalam konteks ini, paradigma integrasi mengacu pada penggabungan berbagai pendekatan epistemologis, yaitu:

Nilai Bayani: Pendekatan ini berfokus pada teks-teks suci, terutama Al-Qur'an

Nilai Burhani: penerapan rasio dalam memahami ajaran agama, serta mengaitkan pengetahuan ilmiah dengan prinsip-prinsip keagamaan.

Nilai irfani: nilai, manfaat, atau pengalaman spiritual dan intuisi sebagai sumber pengetahuan

Ketiga pendekatan ini memiliki karakteristik yang berbeda namun saling melengkapi untuk memberikan pemahaman yang holistik tentang ilmu pengetahuan.

"Bagaimana dengan ilmuwan barat yang lebih dikenal penemuannya tentang antropologi asal usul manusia padahal sebelum itu islam menjelaskan bagaimana sosok manusia pertama yang ada dibumi yaitu Nabi Adam AS dalam Al-Quran?"

lmuwan Barat, terutama sejak abad ke-19, telah dikenal luas karena penemuan dan teori mereka mengenai asal usul manusia, yang sering kali berfokus pada pendekatan ilmiah dan evolusi, seperti teori Charles Darwin, yang melalui bukunya On the Origin of Species (1859).

Di sisi lain, dalam presfektif Islam, asal usul manusia dijelaskan melalui narasi tentang Nabi Adam AS sebagai manusia pertama yang diciptakan oleh Allah. Dalam konteks ini, pemahaman tentang manusia tidak hanya bersifat fisik tetapi juga spiritual dan moral.

Pendekatan bayani: Al-Qur'an menyatakan bahwa Adam diciptakan dari tanah dan diberikan akal serta nafsu, menjadikannya makhluk yang sempurna.

Surah Al-Hijr (15:26):

*

Artinya: "Sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang dibentuk * Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya dan telah meniupkan roh (ciptaan)-Ku ke dalamnya, maka tunduklah kamu dengan bersujud kepadanya"

Meskipun terdapat perbedaan mendasar antara pendekatan ilmiah dan dasar teks keagamaan, keduanya dapat saling melengkapi. Paradigma integrasi antropologis dapat digunakan untuk menjembatani pemahaman antara sains dan agama.

Bahkan dalam pendekatan burhani narasi Al-Quran digunakan untuk menjembatani pemahaman penemuan ilmiah dan juga pendekatan ini mendorong penggunaan metode ilmiah untuk mengeksplorasi bukti-bukti empiris yang mendukung atau menentang narasi-narasi religius.

Misalnya, penemuan tentang DNA dan genetika memberikan wawasan mendalam tentang hubungan antara spesies, termasuk manusia. Penemuan ini dapat dilihat sebagai bagian dari proses penciptaan yang lebih besar, di mana Allah menciptakan makhluk hidup dengan cara yang kompleks dan teratur.

Sehingga dapat diketahui, ilmuwan Barat hanya lebih dikenal karena pendekatan sistematis dan empiris mereka dalam memahami asal usul manusia melalui teori evolusi. Sementara itu, tradisi Islam memberikan perspektif yang berbeda namun tidak kalah pentingnya mengenai penciptaan manusia.

Dengan mengadopsi paradigma integrasi antropologis, kita dapat mengetahui pendekatan nilai irfaninya yaitu peneliti Muslim dapat menerapkan nilai-nilai keagamaan seperti kejujuran (ash-shiddiq) dan amanah (al-amana) dalam praktik penelitian mereka dikemudian.

Pendekatan ini juga tidak hanya membantu mengatasi konflik antara kedua bidang tetapi juga memperkuat nilai-nilai moral dan etika dalam praktik ilmiah. Selain itu juga dapat mengajarkan pentingnya menguatkan keimanan kepada Tuhan, pentingnya melihat sains dan agama bukan sebagai entitas yang terpisah melainkan sebagai dua cara untuk memahami realitas, dan juga menerima keragaman perspektif dalam memahami kebenaran.

kesimpulan

Kesimpulan dari teks tersebut adalah bahwa paradigma integrasi antropologis dalam konteks epistemologi Islam berupaya menyatukan pengetahuan yang bersumber dari wahyu dengan pemahaman ilmiah tentang manusia. 

Dengan menggabungkan pendekatan nilai bayani, burhani, dan irfani, paradigma ini memberikan pemahaman holistik tentang keberadaan manusia. Meskipun terdapat perbedaan antara pendekatan ilmiah Barat dan narasi Islam mengenai asal usul manusia, keduanya dapat saling melengkapi. 

Paradigma ini juga mendorong penerapan nilai-nilai moral dalam praktik ilmiah dan mengajarkan pentingnya melihat sains dan agama sebagai dua cara yang saling mendukung dalam memahami realitas. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun