Mohon tunggu...
muhammad fadlin
muhammad fadlin Mohon Tunggu... Hoteliers - I am a tourism student

Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Supervasior Skill di Food and Beverage Service (Restorant Hotel)

23 Oktober 2022   19:21 Diperbarui: 23 Oktober 2022   19:32 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Peran supervisor pada tahap persiapan, proses, dan akhir di Restoran.

Tugas pengawasan pada tingkat supervisor di restoran setara dengan pengawasan

yang dilakukan seorang captain. Seorang captain sebelum melakukan pengawasan

wajib memahami tata tertib kerja di restoran

1. Tahap persiapan (preparation)

Tahap persiapan shift ke-1 adalah pada pk.07.00 pagi dan restoran ready open

pada pk.07.30 pagi. Pengawasan yang dilakukan pada tahap ini adalah sebagai

berikut:

a. Grooming:

Periksa penampilan mahasiswa praktek mulai dari rambut sampai dengan sepatu. Bagi laki-laki rambut tidak boleh panjang. Ukurannya ujung rambung bagian kanan dan kiri tidak menyentuh telinga dan bagian belakang tidak menyentuh kerah baju. Tidak berkumis dan berjenggot. Selanjutnya kuku tidak boleh panjang. Selain itu mengenakan seragam praktek Restoran yang telah ditentukan. Sedangkan bagi perempuan, rambut harus diikat dengan rapih, tidak berkuku panjang, dan menggunakan seragam Restoran yang telah ditentukan. Sepatu yang dikenakan adalah sepatu pantofel berwarna hitam baik untuk laki-laki maupun perempuan (heel bagi sepatu perempuan minimal 3cm). Laki-laki wajib mengenakan kaus kaki berwarna gelap seperti hitam, atau  biru tua, sementara perempuan disarankan menggunakan stocking polos berwarna gelap.

b. Disiplin

c. Memeriksa bahan untuk operasional restoran seperti gula, susu, soda.

d. Memeriksa barang yang perlu dipesan.

e. Memeriksa barang yang diterima antara fisik dan yang tertulis pada formulir

pemesanan.

f. Melapor kepada dosen pengampu untuk opening Restoran (berdoa, memeriksa

grooming/briefing)

g. Mengikuti pelaksanaan briefing (pengarahan awal sebelum memulai praktek)

2. Pada tahap proses

Pada tahap proses maka pengawasan yang dilakukan meliputi:

a. Mengawasi sequence kedatangan tamu.

b. Mengawasi saat tamu di antar menuju table.

c. Mengawasi saat waiter/ waitress melakukan taking order.

d. Mengawasi proses pembayaran oleh tamu.

e. Mengawasi proses clear-up.

f. Memberikan feedback pada mahasiswa praktek.

3. Pada tahap akhir (closing)

Pada tahap closing maka dilakukan pengawasan saat proses set-up table untuk

shift berikutnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun