Mohon tunggu...
Fadlan AzheemHidayat
Fadlan AzheemHidayat Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa di Universitas Mercubuana

Nama : Fadlan Azheem Hidayat | Nim : 41521010060 | Fakultas : Ilmu Komputer | Jurusan : Teknik Informatika | Matkul : Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB | Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak | Kelas : 1A6155AA | Ruang : D-308 | Instansi : Universitas Mercu Buana Meruya Jakarta Barat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aplikasi Pemikiran Panopticon Jeremy Bentham dan Structural Giddens Anthony

31 Mei 2023   19:28 Diperbarui: 31 Mei 2023   19:28 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber dokumen pribadi

Bangsa Indonesia telah lama bergelut dengan korupsi. Masih sangat sedikit buku dan artikel yang membahas topik ini. dari sikap alkitabiah dibahas. Sejak zaman Mesir Kuno, korupsi sudah ada. juga terkait erat dengan praktik pagan yang lazim adalah praktik korup. selama waktu itu, Israel yang terkena dampak dari negara-negara di sekitarnya, tidak terkecuali.melawan penyembahan berhala dan korupsi. 

Akibatnya, hukum Perjanjian Lama. selain itu, para nabi mencela mereka yang melakukan korupsi dan mengeluarkan peringatan untuk menghindari mereka. Gereja. Saat ini, pendidikan antikorupsi harus dikembangkan, dan peran harus  dipertimbangkan kembali. Aktivitas kenabian dalam budaya yang sarat dengan perilaku tidak etis.

APA ITU KORUPSI ?

Kata korupsi berasal dari bahasa latin corruptio atau corruptus. Ada beberapa definisi untuk korupsi, termasuk tindakan menyebabkan kerugian atau kerusakan. Selain korupsi, definisi korupsi lainnya adalah kebusukan, keburukan, kebobrokan, ketidakjujuran, penyuapan, maksiat, penyimpangan dari kesucian, dan kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah.

Kata corruptio menjadi corrupt dalam bahasa Inggris atau corruptie dalam bahasa Belanda. Perbendaharaan Indonesia adalah tempat kata Belanda corruptie menjadi korupsi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan korupsi sebagai penyelewengan atau penyalahgunaan dana masyarakat (oleh badan usaha, yayasan, dan lain-lain) untuk keuntungan diri sendiri atau keuntungan orang lain.

Korupsi didefinisikan sebagai "penyalahgunaan kekuasaan publik untuk keuntungan pribadi," menurut definisi berbeda yang ditawarkan oleh Bank Dunia pada tahun 2000. Definisi korupsi Bank Dunia sekarang digunakan sebagai tolok ukur secara global.

Asian Development Bank (ADB) juga memberikan definisi korupsi, menggambarkannya sebagai tindakan yang melibatkan perilaku yang tidak pantas dan ilegal oleh pekerja sektor publik dan swasta yang dimaksudkan untuk menguntungkan individu dan orang-orang terdekat mereka. Menurut pemahaman ADB, oknum-oknum ini juga membujuk orang lain untuk melakukan kejahatan tersebut dengan menyalahgunakan kekuasaannya.

DEFINISI KORUPSI

Seorang birokrat (atau pejabat terpilih) yang melanggar hukum itulah yang kami maksud dengan korupsi. untuk keuntungan pribadi (resmi). Jenis yang paling mudah tercakup dalam definisi ini.

Korupsi adalah ketika seorang birokrat menerima suap terang-terangan dalam bentuk uang untuk mengubah undang-undang. memberi seseorang layanan yang seharusnya tidak mereka terima. Itu tetap akan terjadi. Ini juga mencakup aspek korupsi administratif yang lebih halus.

Ini adalah sebuah contoh.

akan terdiri dari nepotisme, seperti dalam kasus seorang birokrat yang memberikan kontrak pemerintah.

ke perusahaan yang dijalankan oleh keponakannya, bukan perusahaan yang seharusnya memenangkan. prosedur pengadaan yang terbuka dan kompetitif. Definisi ini juga akan berisi. situasi seorang birokrat yang "mencuri waktu": dia bisa pergi, misalnya. tetap menerima gajinya selama bekerja.

Menurut definisi ini, korupsi ditentukan oleh aturan. Tindakan yang sama mengikuti sebagai hasilnya. seseorang yang tidak dianggap korup di satu tempat tetapi di tempat lain. untuk ilustrasi. Amerika Serikat, India, dan banyak negara lain (mis. Seorang warga negara dapat memperoleh paspor. jika dia membayar, dia akan menerima layanan yang lebih cepat. Namun, tindakan ini tidak akan diperhitungkan. Korupsi di negara-negara ini akan menyebar ke negara-negara tanpa undang-undang tersebut. Hukum itu nyata. Namun, banyak masalah ekonomi politik yang signifikan mungkin tidak. harus memenuhi definisi ini agar dianggap korupsi.

KERANGKA KERJA FORMAL UNTUK MEMAHAMI KORUPSI

Definisi korupsi itu sendiri menimbulkan masalah untuk memodelkannya. Sebagaimana dinyatakan dalam Bagian 2, korupsi terjadi ketika pejabat atau birokrat terpilih bekerja sama. Resmi melanggar hukum untuk keuntungan pribadi. Ini mendorong sejumlah pertanyaan segera. sebagai akibat dari pemerintah memilih aturan sendiri. Mengapa khusus. Apakah hukum-hukum ini, yang kita tahu akan dilanggar, ditegakkan? Mengapa tidak mengubah peraturan untuk menghilangkan motivasi untuk melanggarnya? Ide ini menimbulkan pertanyaan lebih lanjut berikut: Apakah ada cara gratis untuk mengubah aturan. menghapus korupsi tanpa berdampak pada hal-hal lain yang Anda pedulikan? Dengan terlebih dahulu mempertimbangkan tugas yang mendasarinya, kita dapat memahami masalah ini dengan lebih baik.

Model tugas langsung kami mencakup berbagai tugas administratif. biasanya dilakukan, bersama dengan mereka yang bekerja di sektor swasta. Perhatian kita tertuju pada kesulitan penugasan. Harus ada sejumlah slot, ditentukan oleh birokrat. pemohon. Pelamar yang berbeda memiliki kepribadian dan persepsi sosial yang berbeda dari suatu posisi. evaluasi itu serta kemampuan keuangan mereka untuk membayarnya.

Namun, ada tangkapan untuk penyiapan langsung ini. banyak kasus signifikan. Pikirkan tentang bisnis yang menjual barang dan bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan.  Dalam hal ini, perbedaan antara nilai-nilai pribadi dan sosial adalah positif.

Selanjutnya, pikirkan tentang situasi petugas pinjaman yang memberikan pinjaman kepada bank-bank milik pemerintah. Kemampuan membayar dalam hal ini kemungkinan besar paling lemah di antara mereka yang berada di sektor swasta. memiliki pengembalian sosial terbesar atas pinjaman. Kemungkinan penyimpangan ini. Kemungkinan besar karena perbedaan antara pengembalian pribadi dan sosial.

Pertama-tama, pemerintah terlibat dalam peminjaman uang.

Tapi itu. korupsi adalah penyebab lebih lanjut. Peran birokrat dalam situasi ini lebih dari sekadar mengalokasikan slot; dia juga bisa. menghadapi batasan pada berapa banyak dia dapat mengenakan biaya untuk mereka dan seberapa terlibat dia. untuk mengidentifikasi jenis agen, dalam "pengujian.". Kedua undang-undang ini ditetapkan oleh pemerintah.

insentif birokrat, juga. Meskipun ada banyak model kesalahan birokrasi yang termasuk dalam kerangka ini, kami tidak membuat generalisasi tentangnya. Kami hamil. Saat kami mengembangkan model, sejumlah besar opsi pemodelan ditampilkan. Namun, alasan utama pembuatannya adalah kesederhanaan dan kejelasan. Mereka mungkin juga memiliki konsekuensi yang signifikan.

THE PANOPTICON JEREMY  BENTHAM

BIOGRAPHY

Lahir di Houndsditch di Kota London pada tahun 1748, Jeremy adalah anak sulung dari Alicia dan Jeremiah Bentham. Ayahnya, seorang pengacara dan juru tulis yang sukses di Scriveners Company, menghasilkan banyak uang dengan berdagang real estat. Jeremy adalah anak berbakat yang juga takut pada kegelapan, hantu, dan hobgoblin. Dia memiliki kecerdasan yang luar biasa tetapi juga rentan terhadap mimpi buruk. Dia harus sering mengalami realitasnya yang menakutkan seperti mimpi buruk. Thomas, William, Alicia, Rebecca, dan Anne, kelima adiknya, semuanya meninggal dunia di usia muda. Hanya saudara laki-laki mereka yang lahir pada tahun 1757, Samuel, yang berhasil hidup. Ibu mereka meninggal ketika Jeremy adalah n. Bentham diganggu oleh kematian anak-anak selama sisa hidupnya. Yeremia menikah dengan seorang janda beranak dua tujuh tahun setelah istrinya meninggal. John Farr Abbot, salah satu saudara tirinya, meninggal dunia pada tahun 1794; Charles Abbot, yang lainnya, bangkit menjadi pengacara dan politikus yang sukses dan terkenal. Dalam narasi panoptikon, ia memiliki peran yang signifikan. Bentham memiliki hubungan yang tenang dan hati-hati dengan ibu tirinya, tetapi dia mulai menghormati Charles Abbot dengan hati-hati; mereka adalah sekutu tetapi bukan teman dekat.

Namun, kehidupan awalnya tidak semuanya tragedi. Ayahnya memperlakukannya dengan bangga dan hangat, kasih sayang yang berlebihan karena dia adalah anak yang sangat dicintai dan orang tuanya menikah dengan bahagia. Bentham belajar selama kunjungan ke anggota keluarga di pedesaan bahwa salah satu karakternya adalah kekaguman penuh hormat pada kucing karena mereka sangat menarik. Ia bersekolah di Westminster School saat berusia 7 tahun. Karena kecerdasan awalnya, dia mendaftar di Queen's College di Oxford ketika dia berusia 12 tahun dan memperoleh gelarnya di sana pada tahun 1764. Ayahnya memiliki harapan yang tinggi untuk putranya yang berbakat, dan baik di sekolah maupun di universitas dia disarankan untuk membentuk keteguhan hati.

hubungan dengan aristokrasi.

Sejak awal dia menunjuk putranya untuk berkarir di bidang hukum, ayahnya memimpikan ketenaran dan kekayaan, bahkan mungkin menjadi Kanselir Tuhan. Bentham awalnya memberi kesan sebagai anak yang bertanggung jawab, bahkan penuh hormat, tetapi tekanan tanpa henti untuk meraih kesuksesan di dunia luar berdampak buruk. Kepahitan yang intens terhadap ayahnya yang berada di ambang penghinaan bercampur dengan kasih sayang lahiriah. Belakangan, Bentham mencibir dengan ganas atas simpati Jacobite-nya: "Ayahku dibesarkan dengan prinsip-prinsip itu.". Ayah saya religius, tetapi kesalehannya terfokus pada kekuasaan dan orang yang memilikinya. Pemindahan dilakukan dari Stuarts ke Gwelfs tanpa menimbulkan biaya pengangkutan yang signifikan. Setelah mendapatkan gelar universitasnya, Bentham dengan tegas menolak untuk mengikuti instruksi ayahnya. Dia dipenjarakan oleh Yeremia di Chambers, tetapi dia tidak dapat meyakinkannya untuk pergi berlatih. Bertahun-tahun kemudian, di era yang berbeda, Bentham ditunjuk sebagai Bencher of Lincoln's Inn, tetapi jalannya ke posisi itu sangat berbeda dari yang dipilih oleh ayahnya.

Bentham melihat kembali profesi hukum di tahun 1770-an dengan muak. Pendapatnya adalah bahwa sistem tersebut pada dasarnya cacat dan bahwa kepentingan pengacara secara langsung bertentangan dengan kepentingan klien mereka dan publik. Ini adalah konspirasi melawan kesejahteraan umum; sistem hukum mendukung penundaan dan pengingkaran keadilan dan menyembunyikan kesalahannya di bawah patina sombong yang saling mengagumi. Semakin banyak penundaan, ambiguitas, dan ketidakadilan yang dilakukan oleh pengadilan, semakin tinggi bayaran mereka. Mengingat emosi ini, dapat dimengerti mengapa dia tidak dapat memaksa dirinya untuk menggunakan keahlian hukumnya sebagai sarana prostitusi. Mengenai satu brief, gugatan ekuitas, dia menawarkan nasihat, dengan mengatakan "gugatan sebaiknya diakhiri, dan uang yang akan terbuang percuma dalam kontes disimpan.". 3 Dia lebih suka mengejar kehidupan belajar dan menulis, bertahan dari tunjangan ayahnya dan pendapatan sporadis dari jurnalismenya. Terlepas dari kekecewaannya yang jelas, Yeremia berbaik hati untuk terus memberikan dukungan. Bentham tidak pernah merasa perlu memaksanya melakukan pekerjaan yang bergaji tinggi. Samuel, adik laki-lakinya, berada dalam situasi yang berbeda karena kekayaannya; dia adalah pria dengan bakat yang sangat berbeda yang kreatif dan pragmatis. Dia memulai karirnya sebagai insinyur, penemu, tentara, dan pengusaha pada usia 14 tahun, ketika dia magang di pembuat kapal. Selain menjadi guru, mentor, dan temannya, Jeremy mengembangkan cinta yang mendalam untuk saudara laki-lakinya dan memberinya nasihat tentang segala hal mulai dari melakukan eksperimen kimia hingga merayu wanita muda.

WHAT (APA ITU PANOPTIKON)

Lembaga pemasyarakatan panoptikon, dinamai menurut kata Yunani untuk "semua" dan "melihat", didasarkan pada teori adik laki-laki Jeremy, Samuel, yang, saat bekerja di Rusia untuk Pangeran Potemkin, menciptakan "prinsip inspeksi pusat", yang memudahkan pengrajin terampil untuk melatih dan mengawasi pekerja tidak terampil.

Ide ini akhirnya membuat Jeremy mengadaptasinya untuk penjara imajinernya, sebuah "Rumah Inspeksi", yang dia bayangkan sebagai struktur melingkar dengan sel-sel penahan yang diatur di sekitar dinding luar dan menara inspeksi yang mendominasi bagian tengah.

Inspektur penjara dapat melihat sel kapan saja dari gedung ini dan, dengan menggunakan sistem "tabung bicara" yang canggih, berkomunikasi dengan para narapidana di sana, meskipun mereka tidak pernah terlihat oleh para narapidana.

Bentham percaya bahwa, karena gubernur yang sangat berkuasa selalu mengawasi mereka, "cara-cara baru untuk mendapatkan kekuatan pikiran atas pikiran, dalam jumlah yang sampai sekarang tanpa contoh," akan menjamin bahwa para tahanan akan mengubah perilaku mereka dan menambah beban. upaya untuk menghindari hukuman. dan menjauhi hukuman.

Meskipun gagasan pengawasan yang konstan dan mengganggu meresahkan, Bentham percaya bahwa panoptikon dan prinsip inspeksi pusatnya akan memiliki sejumlah keuntungan.

"Moral direformasi, kesehatan dipertahankan, industri dihidupkan kembali, instruksi menyebar, beban publik diringankan, ekonomi duduk, seolah-olah, di atas batu karang, simpul gordian Hukum Miskin tidak dipotong, tetapi dilepaskan — semua dengan ide sederhana dalam arsitektur!".

Dalam wasiatnya yang terkenal, filsuf Jeremy Bentham meminta agar tubuhnya dibedah dan ditampilkan di depan umum. Ini terjadi, dan hasilnya, kerangkanya sekarang disimpan dalam kotak kaca di University College London. Dia mengenakan kepala lilin, rompi, dan jaket, dan dia duduk di bangku kayu sambil menatap ke dalam kelas.

Salah satu pendukung utama pemisahan gereja dan negara, kebebasan berbicara, dan hak hukum individu, Bentham dipuji karena mendirikan utilitarianisme. Selain itu, hingga akhir-akhir ini, jenazahnya telah dilengkapi dengan webcam yang mengalirkan video gerakan penonton secara online sebagai bagian dari proyek PanoptiCam di UCL, yang antara lain menguji algoritme pengawasan. Pasangan muda sedang menyeberangi lorong saat saya mengetik ini dengan tangan di punggung mungilnya.

Untuk secara akurat mengidentifikasi dan menghitung berbagai orang dalam gambar diam, kamera digunakan, menurut Prof. Melissa Terras, direktur UCL Center for Digital Humanities. Namun, fakta bahwa webcam ini terpasang pada kotak Bentham bukanlah suatu kebetulan. UCL berharap ini akan memancing pembicaraan tentang pengawasan modern. Sebuah bangunan kelembagaan yang dikenal sebagai "panopticon", yang telah lama mendominasi peninggalan Bentham, direferensikan dalam proyek PanoptiCam.

THE PRINCIPLE IN CENTRAL INSPECTION

Disiplin dan Menghukum, sebuah buku tahun 1975 oleh filsuf Prancis Michel Foucault, menghidupkan kembali minat pada panoptikon. Foucault menggunakan panopticon sebagai contoh bagaimana masyarakat yang berdisiplin cenderung memperlakukan warganya sebagai properti.

Dia menjelaskan tahanan panoptikon sebagai target pengawasan asimetris sebagai berikut: "Dia melihat, tetapi dia tidak melihat; dia adalah objek informasi, tidak pernah menjadi subjek dalam komunikasi.

”.

Oleh karena itu, narapidana berjuang sendiri karena takut akan hukuman.

Schofield memberi tahu saya bahwa "prinsipnya adalah inspeksi pusat.". "Anda dapat menggunakan CCTV untuk melakukan pemeriksaan terpusat. Struktur melingkar tidak diperlukan untuk ini. Dari lokasi pusat, awasi komunikasi elektronik, yaitu panoptik. Prinsip utama teori panoptik Bentham adalah bahwa beberapa aktivitas lebih baik dilakukan dibawah pengawasan.".

Menara pengawas pusat panoptikon, yang merupakan mesin yang sengaja terlihat oleh mata manusia tetapi tersembunyi dari pandangan, dalam banyak hal dapat dibandingkan dengan kamera yang dipasang di gedung kita saat ini.

Jika kita menggesek antar sel di layar ponsel cerdas kita, apakah kita masih menjadi "objek informasi"? Kemiripan antara panopticon dan CCTV mungkin sudah jelas, tetapi apa yang terjadi ketika Anda memasuki dunia pengawasan digital dan pengumpulan data?

BERBEDA DENGAN PANOPTICON, WARGA TIDAK TAHU BAHWA MEREKA SEDANG DIAWASI

Jake Goldenfein, seorang rekan peneliti di Pusat Hukum Media dan Komunikasi, Universitas Melbourne, menyarankan saya untuk mempertimbangkan panoptikon Bentham sebagai metafora kontemporer untuk pengawasan sambil mengingat niat korektifnya.

Saat kami mempertimbangkan apakah bentuk visualitas modern (yang pada dasarnya digital dan digerakkan oleh data) dapat disamakan dengan gagasan menara pusat, utilitas metaforis panoptikon mulai berkurang. Misalnya, apakah visualitas semacam ini asimetris dan - yang lebih penting, menurut saya - telah diapropriasi untuk aktivitas politik yang sama. Apakah fakta bahwa kita tidak menyadari bahwa kita sedang diawasi berarti bahwa kita telah menjadi "normal" dengan cara panopticon bertujuan memperbaiki perilaku?

Seperti yang ditunjukkan Goldenfein, paparan asimetris terhadap tahanan di gedung Bentham berbeda dari metode pengawasan yang digunakan oleh organisasi seperti GCHQ. Penghuni panoptikon selalu sadar bahwa mereka sedang diawasi, itulah intinya, tetapi pengawasan negara secara online tidak terlihat; tidak ada menara yang perlu ditakuti dan tidak ada mata mati yang mengintip Anda setiap kali Anda mengetikkan URL.

NSA dan GCHQ tidak diketahui sampai Snowden mengungkapkan ruang lingkup operasinya. Ketika kami menyadari hal ini, sistem menjadi lebih panoptik pasca-Snowden, tetapi itu belum menjadi retorika resmi. Fokus awalnya adalah, dan terus berlanjut, bukan untuk mendorong perilaku yang lebih baik, melainkan untuk menawarkan keamanan, khususnya dari teroris.

Intangibilitas relatif dari data kontrol juga merupakan perbedaan yang signifikan. Dengan panoptikon Bentham dan beberapa derajat CCTV, ada perasaan terpapar secara fisik di depan pihak berwenang.

Saya tidak merasa terekspos saat menjelajah di ruang pribadi saya, dan saya tidak merasa tubuh informasi saya sedang diteliti karena saya tidak tahu dari mana itu dimulai dan berhenti. Sebagian besar hidup kita dihabiskan untuk online, dan kita berbagi banyak data, tetapi kita tidak merasakan keterikatan emosional yang sama dengan data kita seperti yang kita rasakan pada tubuh kita. Saya tidak merasionalisasi perilaku saya karena saya tidak memiliki kepemilikan yang sebenarnya dan rasa keterpaparan yang berbeda. Sebenarnya, saya bertindak sebaliknya karena pengakuan anonimitas online saya.

Tapi pemerintah saya dan bisnis yang mendapat untung besar dari menggunakannya bukan satu-satunya yang melihat data saya. Selain itu, pemerintah dan bisnis akan segera memiliki akses ke lebih banyak data, yang berarti panoptikon mungkin sekali lagi menjadi model. Kami akan kembali berinteraksi dengan tubuh kami, itulah sebabnya.

PANOPTICON PANDEMONIUM: MENGHIDUPKAN PENJARA BENTHAM YANG BELUM TEREALISASI

Sebuah permainan komputer bernama Panopticon Pandemonium dengan jelas menggambarkan kerumitan dan ambiguitas desain penjara Bentham. Untuk pertama kalinya, dia menyaksikan pembangunan panoptikon yang hampir selesai. Pemain berperan sebagai gubernur penjara dan, dengan bantuan Bentham sendiri, harus mencapai keseimbangan antara ekonomi operasi panoptikon dan manfaat sosial dari visi Bentham — kebahagiaan, rehabilitasi, dan kerja — serta fungsi dari disiplin, hukuman, dan pengawasan.

APAKAH ADA PANOPTICONS YANG DIBANGUN?

Penjara berikut, banyak di antaranya tidak lagi beroperasi, adalah contoh bagaimana Bentham membayangkan Panopticon. Namun, tidak satu pun dari mereka yang cocok dengan gambar rumit atau teori manajemen Bentham; rahasianya adalah pemeriksaan rahasia. Galeri seni Tate Britain, terletak di properti yang dibeli Bentham untuk penjaranya, adalah salah satu hasil jangka panjang dari rencananya untuk mendirikan dan menjalankan penjara panopticon.

Banyak penjara, termasuk Penjara Kilmainham di Dublin, yang meniru Penjara Pentonville yang sangat berpengaruh, dibangun di London pada tahun 1842, konon dibangun dengan cara "panoptik", menurut klaim bahwa desainnya adalah "panoptik".

Panopticon juga merupakan nama yang diberikan untuk struktur yang dibangun untuk tujuan lain, dan karena denah melingkarnya, struktur lain memiliki desain yang sama dengan Panopticon.

HOW (STUDI CASE WARISAN PANOPTICON)

Sebuah karya seni dalam arsitektur, panopticon memungkinkan seorang penjaga untuk mengawasi orang-orang di dalam tanpa orang-orang di dalamnya menyadari bahwa mereka sedang diawasi. Pada paruh kedua abad ke-20, metafora panoptikon menjadi alat yang andal untuk memantau kecenderungan kontrol masyarakat yang kaku. Apakah ini masih merupakan cara yang bermanfaat untuk mendekati pengawasan di era NSA dan GCHQ?

Sebuah menara pusat dikelilingi oleh sel-sel dalam desain panoptikon dasar Bentham. Seorang penjaga ditempatkan di menara tengah. Bergantung pada penggunaan gedung, ada pekerja, anak-anak, atau tahanan di dalam sel. Cahaya yang datang dari menara sangat kuat sehingga para penjaga bisa melihat semua orang di dalam sel. Tetapi karena mereka tidak dapat melihat para penjaga, orang-orang di dalam sel berasumsi bahwa mereka terus-menerus diawasi.

"Bentham tidak membuat Panopticon sendiri. Menurut Philip Schofield, seorang profesor sejarah pemikiran hukum dan politik dan direktur Proyek Bentham di UCL, itu milik saudaranya.

Untuk mengawasi apa yang sedang terjadi, saudaranya Samuel, yang bekerja di Rusia di perkebunan Krichev dan memiliki tenaga kerja yang sebagian besar tidak terampil, duduk di tengah pabrik. Semua orang melakukannya.”.

Ketika Bentham mengunjungi saudaranya pada akhir 1780-an, dia mengamati apa yang dia lakukan dan sampai pada kesimpulan bahwa kontrol terpusat dapat digunakan di berbagai tempat, termasuk pabrik, sekolah, dan rumah sakit selain penjara.

Bentham berhasil meyakinkan William Pitt the Younger, perdana menteri, untuk memberikan dukungan keuangan untuk Penjara Nasional Panopticon, tetapi serangkaian masalah akhirnya memaksa pengabaian proyek tersebut. Bentham belum pernah dalam hidupnya menyaksikan pembangunan Panopticon. Namun, baru pada tahun 1920-an hal yang paling dekat dengan penjara panoptikon dibangun: kompleks Presidio Modelo di Kuba, terkenal karena korupsi dan kekejaman dan sekarang ditinggalkan. Sejumlah penjara sejak itu memasukkan elemen panopticon ke dalam desain mereka.

ANTHONY GIDDENS BIOGRAPHY

sumber gambar || https://www.researchgate.net
sumber gambar || https://www.researchgate.net

Tony Blair, yang bernama lengkap Anthony Charles Lynton Blair, adalah pemimpin Partai Buruh Inggris dan perdana menteri negara itu dari tahun 1997 hingga 2007. Ia lahir di Edinburgh, Skotlandia, pada 6 Mei 1953.

Masa jabatannya selama 10 tahun sebagai perdana menteri adalah periode berkelanjutan terlama kedua dalam lebih dari 150 tahun (setelah Margaret Thatcher), menjadikannya perdana menteri termuda sejak 1812 dan pemimpin terlama Partai Buruh.

Blair, putra seorang pengacara, belajar di St. Tapi sebelum dia bertemu Cherie Booth, calon istrinya, dia tampaknya tidak terlalu tertarik dengan politik. Dia menerima gelar Oxford pada tahun 1975, dan tahun berikutnya dia diterima di bar. Dia fokus pada ketenagakerjaan dan hukum komersial, tetapi dia juga semakin terlibat dalam politik perburuhan. Pada tahun 1983, dia memenangkan pemilihan House of Commons untuk Sedgefield, kubu Partai Buruh yang aman di timur laut Inggris yang erat. Sedgefield dulunya adalah distrik pertambangan. Masuknya ke dalam politik terjadi pada saat Partai Konservatif memiliki pengaruh politik yang lama (mulai tahun 1979) dan Partai Buruh kalah dalam empat pemilihan umum berturut-turut (antara 1979 dan 1992).

Blair menjadi pemimpin partai yang paling vokal menyerukan Partai Buruh untuk pindah ke pusat politik dan mengurangi dukungan tradisionalnya untuk kontrol negara dan kepemilikan publik atas sektor ekonomi tertentu setelah bergabung dengan kabinet bayangan Partai Buruh pada tahun 1988. Blair ditunjuk sebagai sekretaris rumah bayangan John Smith setelah dia terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh pada tahun 1992. Blair memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh kematian mendadak Smith pada Mei 1994, dan pada bulan Juli dia terpilih sebagai pemimpin partai dengan 57 persen suara. Pemilihannya mengejutkan karena banyak yang mengharapkan Gordon Brown, kanselir bayangan Menteri Keuangan, untuk mengambil posisi tersebut. Brown dan Blair telah bekerja sama untuk membawa Buruh ke garis depan politik, tetapi karena saham Blair di partai tersebut tumbuh, Brown dengan enggan setuju untuk mundur. Namun, tidak sebelum keduanya mencapai kesepakatan bahwa Blair akan mendukung Brown sebagai penggantinya. Blair telah mengubah platform Partai Buruh pada pertengahan 1995. Dia memutuskan hubungan dengan serikat pekerja, meninggalkan komitmen partai untuk nasionalisasi ekonomi (dengan berhasil berjuang untuk mengubah Klausul IV konstitusi partai, yang mengikat partai untuk "kepemilikan bersama atas alat produksi, distribusi, dan pertukaran"), dan memenangkan komitmen yang belum pernah dibuat sebelumnya. promosi integrasi Inggris ke dalam Uni Eropa (UE), tindakan anti-inflasi, dan pencegahan kejahatan yang agresif. Anggota partai Blair sendiri sering menentang reformasinya, yang diakhiri dengan menyebut partai tersebut sebagai "Buruh Baru". Di bawah arahannya, Partai Buruh menang telak atas Konservatif dalam pemilihan kota nasional Mei 1995 dan pemilihan umum Mei 1997 setelah menjalankan kampanye yang berpusat pada slogan "Hal-hal hanya bisa didapat. lebih baik.".

TEORI PENATAAN ANTHONY GIDDENS 

Anthony Giddens bersikeras untuk memisahkan struktur dan tindakan, setidaknya dalam teori.Struktur dan tindakan, menurut sosiolog, saling eksklusif. Struktur hanya berasal dari tindakan sosial, yang merupakan satu-satunya hal yang dapat menciptakannya. Ia menggunakan kata “strukturasi” untuk menggambarkan interaksi antara kedua istilah tersebut (Gezgin, 2016). Ilmuwan menekankan sifat ganda struktur: struktur makna memfasilitasi tindakan sosial, dan tindakan sosial menciptakan struktur bersama.

Anthony Giddens memisahkan dua kategori struktur—sumber daya dan aturan—dalam kehidupan sosial. Prosedur yang dapat diikuti orang dalam kehidupan nyata tersirat oleh aturan. Penafsiran peraturan ini terkadang dapat berbentuk peraturan perundang-undangan atau peraturan administratif (Gezgin, 2016). Anggota komunitas dapat membuat aturan struktural dan mengubahnya melalui tindakan. Kategori kedua, yang terdiri dari sumber daya, juga merupakan hasil aktivitas manusia dan juga dapat diperbaiki oleh manusia. Mereka dapat dilokalkan atau tidak pandang bulu; yang pertama mencakup hal-hal seperti tanah, sumber daya, dan hal-hal lain yang dapat ada tanpa manusia.

Yang terakhir menunjukkan bahwa orang menjadi sumber daya yang dapat digunakan oleh orang lain jika individu mendominasi orang lain (Gezgin, 2016). Jadi, hanya ketika sumber daya diciptakan melalui kerja sama manusia barulah sumber daya arogan menjadi mungkin.

Anthony Giddens menjelaskan ciri-ciri struktur dan pranata sosial. Sistem sosial merupakan gambaran dari hubungan sosial yang ada pada waktu dan tempat tertentu, menurut sosiolog (Gezgin, 2016). Perlu dicatat bahwa negara dan birokrasi dipandang sebagai pola perilaku sementara. Sesuai dengan sifat ganda institusi, sistem, dan struktur yang terhubung dengan aktivitas manusia (Gezgin, 2016). Mereka biasanya disebut sebagai agen oleh sosiolog untuk menekankan peran aktif mereka. Akibat dari pengetahuan agen tentang masyarakat, menurut Anthony Giddens, struktur mempengaruhi perilaku masyarakat. Agen dapat berinteraksi dengan lingkungan dan menavigasi kehidupan sehari-hari berkat ini. Selain itu, mereka menggunakan sumber daya material secara sembarangan, yang merupakan komponen fundamental masyarakat.

Ilmuwan juga berasumsi bahwa manusia terdorong untuk mencapai tingkat stabilitas tertentu dalam kehidupan sosialnya. Menurut prediksinya (Gezgin, 2016), aspek ini mungkin terkait dengan kekhawatiran bawaan tentang keamanan fisik. Pengetahuan umum dan kebutuhan akan keamanan meningkatkan produksi pola yang telah ditentukan sebelumnya dalam kehidupan sosial. Pola perilaku sering berulang, dan sebagai hasilnya, sistem, struktur, dan institusi sosial tercipta. Ide tentang dualitas struktur memungkinkan kesimpulan dari perdebatan antara determinis, yang berpikir bahwa takdir menentukan bagaimana sesuatu akan terjadi, dan voluntaris, yang berpikir bahwa orang bertindak sesuai dengan kehendak bebas mereka sendiri. Fakta-fakta yang disebutkan di atas dengan demikian berfungsi sebagai dasar teori strukturasi Anthony Giddens.

menggunakan kosakata terpilih untuk memahami teorinya Struktur. Hubungan antara aktor dan kekuatan sosial mungkin tidak menjadi jelas segera tetapi dalam bab ini kami akan menjelaskan bagaimana dia menggunakan ini istilah dalam hubungannya dengan teorinya Penataan, berbagai bentuk struktur (kekuatan sosial) dan bagaimana hubungan antara keduanya digunakan untuk memahami realitas kita bersama.

KEMUNGKINAN PERBAIKAN DAN APLIKASI PRAKTIS

Fenomena aktivitas Anthony Giddens menunjukkan bahwa peneliti menggunakan pendekatan interdisipliner. Karena itu ia dapat dikatakan memiliki teori yang paling lengkap. Karena menggabungkan banyak sudut pandang pada satu topik, tidak perlu perbaikan yang signifikan. Sebaliknya, patut diperhatikan bagaimana ide ini diterapkan dalam praktik. Dianjurkan untuk bertindak dalam batas-batas struktur, mematuhi aturan formal dan informal, memanfaatkan semua sumber daya yang ditawarkan dalam situasi tertentu, dan memikirkan kembali jadwal harian. Dengan cara ini, seseorang mereplikasi kebiasaan sosial tertentu yang membentuk kerangka yang membuat seseorang tidak melakukan aktivitas tertentu.

Menyelidiki praktik individu setiap orang di dunia modern dapat dilakukan dengan baik menggunakan metode ini. Ini akan sangat bermanfaat dalam menjelaskan bagaimana perilaku tertentu dan rangkaian hasil yang dapat diprediksi yang mengikutinya bergabung untuk menciptakan gambaran dan tren yang komprehensif dari evolusi sistem sosial. Selain itu, metodologi ini memungkinkan untuk menentukan faktor struktural mana yang memengaruhi strategi perilaku seseorang dan bagaimana fungsinya.

  • STRUCTURAL

Identifikasi adalah dasar dari teori struktural. interaksi antara seseorang dan kekuatan sosial eksternal yang membentuk kita. Peran aktor dimaksudkan untuk diseimbangkan dalam teori struktural Giddens. Bermainlah dengan pilihan terbatas mereka untuk posisi historis dan sosial. mereka menemukan diri mereka sendiri. Giddens berpendapat bahwa individu tidak dalam teori. memiliki kebijaksanaan penuh atas tindakan mereka, dan mereka hanya memiliki pengetahuan yang terbatas. Namun, mereka adalah komponen yang menata ulang struktur sosial dan. untuk membawa perubahan sosial (Craib, 1992, hal. 33).

Diusulkan bahwa masalah struktural memiliki dua, sama seperti masalah teoretis lainnya. ontologi dan epistemologi, dua konsep filosofis penting. Sebuah teori ontologi mendalilkan realitas dari beberapa fenomena.

Selain itu, teori pengetahuan filosofis ditekankan oleh epistemologi. menyelidiki definisi untuk suatu fenomena, menemukan penyebabnya, dan. memberlakukan batasan (Cloe, 1991, hal. 95). Lebih tertarik daripada Giddens. menunjukkan perbedaan antara struktur dan agensi. mendefinisikan faktor-faktor spesifik yang berkontribusi atau mempertahankan keberadaannya. Struktur dan agensi, menurutnya, tidak dapat ada tanpa satu sama lain.

Dalam apa yang disebut Giddens sebagai "dualitas", mereka saling berhubungan struktur'.Penciptaan kita hanya dimungkinkan oleh aktor manusia. struktur masyarakat melalui nilai-nilai, norma, atau penguatan yang mendarah daging. melalui penerimaan sosial. Namun orang-orang dibatasi dalam beberapa hal. oleh organisasi sosial kita. Seseorang tidak dapat memilih orang tuanya. atau periode waktu apa yang ada. Giddens menggunakan analogi berikut untuk menggambarkan struktur.

dia disebut sebagai modalitas; sebagai kelompok dari apa yang dijelaskan di bagian berikut. sumber daya dan hukum yang melibatkan tindakan manusia. Dia menjelaskan aturannya. tindakan dibatasi, tetapi sumber daya membuatnya lebih mudah. Dia juga melakukannya sebagai hasilnya. Membedakan antara struktur dan sistem interaksi.

  • TIPE STRUCTURAL

Giddens mengklasifikasikan sistem sosial ke dalam tiga kategori struktur: signifikansi,. legitimasi dan dominasi. dalam model stratifikasi struktural. Giddens berusaha menjelaskan bagaimana struktur dan sistem saling terkait. interaksi (Jacobs, 1993). Signifikansi adalah tipe pertama dari struktur. yang menciptakan makna melalui jaringan linguistik (semantik) terstruktur. kode, teknik interpretasi, dan pola wacana). memanfaatkan sebagai basis. interaksi agen menggunakan contoh ucapan yang disebutkan sebelumnya. dapat diatur karena beberapa persepsi realitas dapat. signiied dalam bahasa kita melampaui kata-kata dan makna dasarnya pikiran.(Cloke, 1991). 103).  Q  Giddens membesar dalam situasi ini. kemampuan untuk menguraikan dan menggunakan bahasa terstruktur sebagai bagian dari pekerjaan mereka sebagai actor ditafsirkan dengan cara tertentu.

Legitimasi model stratifikasinya, dimensi kedua, menghasilkan. Tatanan moral dicapai melalui naturalisasi norma, nilai, dan standar masyarakat. Agen individu menunjukkan secara sadar dan tidak sadar ketika mereka berinteraksi atau makna yang disetujui secara tidak sadar, seperti yang dikatakan Giddens.

Mengorganisir titik. perilaku. Norma sosial tercipta melalui interaksi seperti ini. ditimbang dibandingkan dengan pedoman moral struktur. Akibatnya, apakah atau. Dalam tatanan sosial yang terdiri dari, tidak ada tindakan yang dianggap legal. unsur legitimasi ini. Dominasi adalah subjek utama dari komponen terakhir. Kekuasaan diciptakan (dan digunakan), dan kendali adalah asalnya. Giddens mencatat bahwa dominasi dan penyerahan adalah kekuatan yang kuat saat ini. dinamika kekuatan halus yang dijelaskan dengan terkenal oleh Karl Marx.  Seperti Marx, Giddens berpikir bahwa sumber daya adalah sarananya kekuatan. Marx, bagaimanapun, lebih fokus pada hubungan antara. 'alat produksi' dalam masyarakat kapitalis, sedangkan tujuan Giddens adalah. memahami dinamika kekuasaan sebagai bentuk interaksi. pemain dan struktur. Sumber daya dapat digunakan sebagai bentuk dalam interaksi ini. otoritas seperti yang ditunjukkan oleh hubungan antara bos dan karyawan. Aset bisa. Itu juga dapat diterapkan pada hal-hal seperti distribusi kekayaan atau properti lainnya.

  • AGENCY

Dimungkinkan untuk mendefinisikan perilaku dasar manusia dalam kaitannya dengan aktivitas yang mengikutinya. 'Agensi' seperti yang didefinisikan oleh Gidden memiliki kemampuan. Giddens luar biasa. antara tindakan yang berkembang terpisah dari tindakan lain dan tindakan yang sedang berlangsung skala kecil, keterlibatan agen manusia otonom (Cloke,1991, hal. 99). Itu dapat merangsang tindakan, menurut Giddens.

orang yang ingin melihat apa yang dia lakukan; tindakan pemeriksaan diri dikenal sebagai pemantauan reflektif (Giddens,1984, hal. 5). Ilustrasi model aksi Gidden menunjukkan tiga komponen tindakan, pengawasan refleksif, pembenaran, dan inspirasi. Tindakan Setiap komponen dari keseluruhan proses tindakan memainkan peran yang unik. Kami berinteraksi dalam lingkungan yang mendorong pengambilan keputusan secara independen. dipengaruhi oleh dampak yang tidak disengaja dan tidak diakui.

keadaan tindakan mereka. Kondisi yang tidak diketahui hadir aliran gangguan yang konstan berfungsi sebagai sumber motivasi tak sadar oleh agen khusus di seluruh dunia (Cloke, 1991, p. 101). baik keterampilan atau tindakan. Kekuasaan selalu berinteraksi dengan tindakan dengan hak pilihan. Teori struktur menunjukkan bahwa komponen mendasar dari semua ciptaan adalah hak pilihan Mengubah Perubahan dapat dibandingkan dengan tindakan langsung bergerak melalui ruang berinteraksi dengan lingkungan baru, kondisi yang berubah, atau situasi yang menantang sebagai suara untuk meloloskan legislatif yang akan membuat undang-undang baru yang dimodifikasi rutin di masyarakat. baik sengaja maupun tidak sengaja, dengan memilih untuk mengambil Tindakan bukan dengan mengubah agensi dan struktur yang sudah ada dampak (Mestrovic, 1998, hal. 182).

UNSUR UNSUR TEORI STRUCTURAL

Teori  Strukturasi sebagai  bagian  dari  contoh  hasil perdebatan atas hubungan agen-struktur (di Eropa), danhubungan makro-mikro (diAmerika) (Ritzer, 203:471-505). Giddens  menawarkan    konseptualisasi  ulang antara  ‘makro’  dan  ‘mikro’  berkaitan  dengan  cara  bagaimana  interaksi  dalam konteks  pertemuan  muka  dilibatkan  secara  struktural dalam  sistem-sistem perentangan ruang dan waktu yang luas, dengan kata lain, bagaimana sistem-sistem seperti  ini  menjangkau  sektor-sektor  luas  dari  ruang  dan  waktu  (Giddens, 1984:xxvii). Teori Strukturasi muncul berasal dari  kekosongan teori aksi  dalam ilmu-ilmu sosial (Giddens, 1979:xiii).Isu utama yang diperdebatkan adalah seputar bagaimana konsep-konsep tindakan, makna  dan subjektivitas harus dijelaskan  dan bagaimana kaitannya  dengan gagasan-gagasan tentang struktur dan kekangan. Jika sosiologi interpretatif didasarkan  atas imperialisme subjek, fungsionalisme   dan strukturalisme  mengetengahkan  imperialisme  objek  sosial.  Salah tujuan  utama merumuskan  teori Strukturasi adalah mengakhiri masing-masing imperialisme ini (Giddens, 1984: 3)

HOW (CASE)

Sosiolog terkenal lainnya yang karyanya tampaknya sangat penting di bidang ini adalah Erving Goffman. Dia orang Kanada dan merupakan anggota sosiolog generasi kedua School of Chicago. Meskipun perspektif mereka berbeda, dia menawarkan pendapatnya sendiri tentang topik yang sama dengan Anthony Giddens dalam Theory of Social Action-nya. Pertama-tama, Erving Goffman menegaskan bahwa "perilaku manusia bergantung pada skenario dan hubungan pribadi" (Exploring Your Mind, 2017, paragraf 6), berbeda dengan para ilmuwan yang disebutkan sebelumnya.

Setiap orang perlu memperhitungkan citra yang mereka tampilkan kepada orang lain. Interaksi yang dimiliki setiap orang dengan lingkungannya, sebagai akibatnya, “mendorong mereka untuk mencari definisi dari setiap situasi dengan tujuan untuk mencapai kendali atasnya” (Exploring Your Mind, 2017, hlm. 7). Orang sering menggunakan kontrol atas persepsi yang akan mereka sampaikan dengan cara ini.

Cara orang berperilaku dalam masyarakat adalah aspek lain dari teori yang membedakan mereka. Menurut Exploring Your Mind (2017, paragraf 8), program tersebut seperti sebuah drama: "Bisa dibilang kami adalah aktor yang memainkan peran kami di depan penonton satu atau lebih orang.". Akibatnya, orang mencoba memproyeksikan gambar sebaik mungkin. Orang bertekad untuk membuat dampak yang dapat menyebabkan gangguan publik. Pola perilaku ini didasarkan pada gagasan bahwa orang yang menciptakan gambar mungkin memperoleh keuntungan darinya. Oleh karena itu jelas bahwa teori mengambil berbagai pendekatan untuk masalah tindakan sosial.

DAFTAR PUSTAKA

Abhijit, B., Sendhil, M., Rema, H. 2012. NATIONAL BUREAU OF ECONOMIC RESEARCH 1050 Massachusetts Avenue, Cambridge, MA 02138

Dwi, M. 2019. KORUPSI: STUDI PERBANDINGAN BERDASARKAN DUNIA TIMUR TENGAH KUNO DAN PERJANJIAN LAMA. Bandung

            Mukunda Lamsal, 2012. The Structuration Approach of Anthony Giddens. Himalayan Journal of Sociology & Antropology-Vol. V (2012)

            Moch Syahri. 2015. TUGAS MATAKULIAH PENUNJANG DESERTASI TEORANTHONY GIDDENS DAN TEORI STRUKTURASI. Surabaya

            Philip Steadman. 2012. Samuel Bentham’s Panopticon. Bartlett School (Faculty of the Built Environment), University College London

https://www.theguardian.com/technology/2015/jul/23/panopticon-digital-surveillance-jeremy-bentham

https://aclc.kpk.go.id/action-information/exploration/20220411-null

https://www.ucl.ac.uk/bentham-project/who-was-jeremy-bentham/panopticon

https://studycorgi.com/anthony-giddens-and-the-theory-of-structuration/

https://academic.oup.com/book/8327/chapter/153967833

https://www.britannica.com/biography/Tony-Blair


https://www.researchgate.net/figure/Discourse-and-structuration-theory-Source-Adapted-from-Giddens-1984_fig1_245940278

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun