PARADIGMA BARU ATASI PERMASALAHAN TRANSPORTASI PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA
Virus corona merupakan salah satu wabah yang menjadi perhatian dunia. Virus ini merupakan sebuah keluarga virus  yang ditemukan di tubuh manusia dan hewan. Virus ini dapat menginfeksi manusia dengan berbagai gejala seperti demam dan bahkan ada yang tidak memiliki tanda-tanda gejala covid 19 akan tetapi terinfeksi virus ini. Sebenarnya virus ini merupakan virus yang sering dijumpai. Penyakit yang sering muncul akibat dari virus ini adalah gejala flu hingga MERS dan SARS.Â
Sebenarnya virus ini tidak membahayakan manusia jika manuasia tersebut tidak memiliki penyakit bawaan yang lumayan parah seperti sesak nafas, penyakit jantung dan kanker dsb. Virus ini menyebar melalio cairan yang keluar nadi manusia baik dari mulut dan hidunng saat manusia yang terinfeksi batuk atau bersin dan mengenai manusia yang lain. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan China pada tanggal 8 Desember 2019.Â
Namun menurut laporan dari saah satu dokt er di China dalam laman Jurnal Medis The lancet dari salah satu rumah sakit di Jin Yin-tan di Wuhan menyebutkan bahwa infeksi pertama kaali yang ditemukan di kota Wuhan adalah pasien yang dirawat pada tanggal 1 desember 2019. Awalmula munculnya virus covid 19 ini terus berjalan hingga pada tanggal 16 desember 2019 doketr dari salah satu rumah sakit di Wuhan mengirim sampel untuk kemudian diteliti. Hingga pada akhirnya virus ini menyerupai syndrome pernapasan akut parah yaitu Severe Acute Respiratory Syndrome / SARS).
Kemudian pada tanggal 30 desember 2019. Kepala depaetemen dari rumah sakit tersebut yaitu dokter Ai Fen menggunngah gamber dari virus tersebut di media sosial Tiongkok. Postingan tersebut diambil dari hasil gambar dari laboratorium. Kemudian postingan dari dokter Ai Fen di postng ulang oleh dokter laian yaitu dokter Li Wenliang. Namun, postingan tersebut mendapat teguran dari pemerintah tiongkok hingga kemudian ditegur dan dianggap sebagai penyebar dasas-desus.Â
Kemudian pada tanggal 15 Desember 2019 angka penyeberan virus ini mencapai 27 orang yang terinfeksi pada penduduk China. Pada tanggal 17 Desember angka penularan virus ini mencapai dua digit perhariya. Menurut data dari Johns Hophkins University mencatat jumlah pasien positif virus corona mencapai 1.015.403 0rang dengan total angka kematian 53.030 orang dan 210.579 orang yang terpapar virus ini dan berhasil sembuh.Â
Bagaimana virus ini bias menyebar ke berbagai Negara hingga menjadi trending topic dunia? Ternyata virus ini penularan yang diakibatkan oleh warga imigran yang singga di berbagai Negara atau disebut dengan kasus impot dari luar wilayah taupun transmisi local antar penduduk.
Pada tanggal 13 januari2020 kasus pertama kali dialporkan di Thailand.kemudian pada tanggal 29 Januari 2020 virus ini sudah sampai di Timur tengah dengan jumlah kasus yang semakin hari semakin bertambah dan menyebar di berbagai Negara. Namun kasusnya tidak berasal dari warga dari Negara tersebut melainkan kasus daru impor atau dibawa oleh turis asing yang singgah di Negara tersebut. Tak hanya itu perancis juga menjadi Negara yang disinggahi virus ini.Â
Pada tanggal 25 januari 2020 Perancis mengonfirmasi tiga kasus positif covid 19. Pada tanggal yang sama benua Australia juga melaporkan kasus yang sama pula. Pasien nya berasal dari kota wuhan yaitu seorang pria yang terbang dari Melbourne dari Guandong pada tanggal 19 januari.Â
Pada tanggal 14 Februari 2020, virus ini juga mulai masuk ke Benua Afrika yaitu Mesir. Kasus ini dinyatakan positif olah WHO dan kementrian kesehatan Mesir Khaled Mogahed setelah melewati tes leboratorium. Â
Pada tanggal 11 Maret virus ini menjajah Indonesia yaitu dua orang yang kontak langsung dengan warga Jepang yang singgah di Indonesia. Kemudian pada tanggal 16 April 2020 data dari gugus tugas percepatan penanganan covid 19 menunjukkan angka kematian pasien mencapai 496 orang yang mati dan 548 pasien yang sembuh.
Hingga saat ini pandemic wabah virus corona su dah menjadi perhatian global. Banyak yang mengatakan bahwa virus ini pertama kali berada diWuhan yang bersumber dari kelelawar.Â
Namun menurut jurnal virology yang berjudul "Two-amino acid change in the nsp4 of SARS coronavirus abolishes viral replication" vol 510 no 265-274 (sciece direct) mengatakan bahwa dalam eksperimen laboratorium yang sudah mereka teliti virus corona yang ada saat ini adalah virus dengan modifikasi assam amino.Â
Jika ingin virus corona ini berhenti menyebar, hilangkan asamamino pada virusnya. Covid 19 terus menyebar karena ada tambahan asam amino dalam tubuh virus yang asli. Menurut Prof. Chii Tai Fang dari National Taiwan University penambahan asam amino pada covid 19 adalah buatan manusia di Lab.Â
Biasanya mutasi virus tidak radikal, virus corona saat ini memiliki empat asam amino sehingga penyebarannya cukup pesat. Sejak munculnya virus ini banyak Negara yang dirugikan akibat dari virus ini.Â
Jika melihat perbandingan data dari angka kematian covid dengan penyakit lainnya yaitu kanker ,HIV/AIDS , Diare, TBC, dan malaria prosentase angka kematian dikarenakan virus covid 19 pada periode 1 januari- 10 mei (131 hari) hanya mencapai 1,3%. Berikut table data jumlah kematian di dunia yahun lalu vs covid tahun ini dengan jangka waktu yang sama.
Jumlah Kematian Di Dunia Tahun Lalu Vs Covid Tahun Ini Periode 1 Januari- 10 Mei (131 Hari)
TotalÂ
20,987,847 orang
131 hari
100%
KankerÂ
3,011,009 orang
131 hari
14,4%
HIV/AIDS
616,309 orang
131 hari
2,9%
Diare
586,184 orang
131 hari
2,8%
TBC
530,981 orang
131 hari
2,5%
MalariaÂ
359,610 orang
131 hari
1,7%
Covid 19
280,443 orang
131 hari
1,3%
Sumber : PBB, World Mortality 2019
Sedangkan data di Indonesia yang meninggal dunia karena covid 19 adalah sebagai berikut.
Perbandingan Data Jumlah Kematian Di Indonesia Tahun Lalu Vs Covid Tahun Ini Periode 1 Januari- 10 Mei (131 Hari)
Total kematian
632,061 orang
131 hari *
100%
Diare balita
11,969 orang
131 hari **
1,9%
Kecelakaan lalu lintas
8,445 orang
131 hari ***
1,3%
HIV/AIDS
1,628 orang
131 hari ****
0,3%
Covid 19
959 orang
131 hari *****
0,2%
(*) sumber          : PBB, Departement of Economic & Social Affairs
(**) sumber         : INTERNATIONAL VACCINE ACCESS CENTER (IVAC)
(***) sumber        : KAPOLRI , beriyta media massa Indoonesia
(****) sumber       : BIRO PUSAT STATISTIK
(*****) sumber      : PHOEC KEMENTRIAN KESEHATAN RI
Perbandingan prosentase kematian karena covid memiliki perbandingan yang cukup signifikan. Namun mengapa saat ini covid menjadi perhatian dunia hingga mengakibatkan dampak yang bergitu besar pada ekonomi dunia?Â
Menurut investigasi 101 dalam youtube channelnya "FE 101 channel" mengatakan bahwa wabah virus ini hampir mirip dengan scenario yang ditulis oleh Rockefeller pada tahun 2010 pada "Rockefeller Vakfi'mn Mayts 2010 :'Scenarios for the Future of Technoligy and International Development" yang dapat di unduh dalam laman academia.edu dalam bukunya tersebut mengatakkan bahwa
- Ada wabah "flu baru' yang sangat memetiikan
- Ekonomi lumpuh, industry mati, rantai suplai hancur
- Toko dan kantor tutup, karyawan menjadi pengangguran
- AS kena dampak, China akan lockdown dan sembuh lebih awal
- Penduduk dunia pakai masker dan cek temperature di pintu masuk
- Meski wabahnya hilang, control otoriter akan terus berjalan dan bahkan ditingkatkan
- Rakyat dubia seperti tawanan di penjara dan lama kelamaan akan pasrah dan menyerah.
Tidak diduga bahwa tulisan dari Rockefeller mirip dengan kondisi yang dialami oleh dunia saat ini. Dampak dari adanya wabah covid 19 ini sangat berdampak buruk bagi perputaran ekonomi didunia. Semua mata uang menjadi merosot dan hutang Negara semakin naik. Tidak terkecuali dengan Indonesia. Hutang Indonesia saat ini mencapai Rp 20 Triliun. Wabah pandemic covid 19 ini sangat berdampak pada sirkulasi perputaran ekonomi di indonesia.Â
Akibat adanya kebijakan social  distancing dan lockdown banyak pusat-pusat perekonomian seperti puas perbelanjaan hingga pabrik diberhentikan akibatnya ekonomi di Indonesia semakin melemah. Tidak hanya itu ppendemi virus ini berpengaruh pada perputaran ekonomi di bidang jasa transportasi baik jasa angkutan umum atau massal maupun kargo. Padamasa pandemic saat ini banyak isu tranpotasi yang muncul akibat dari pandemic virus ini antara lain adalah sebagai berikut:
- Penetapan psycal dan social distancing menyebabkan perubagan pada penggunaan suatu ruang;
- Di daerah perkotaan penggunaan angkutan umum akan lebih dikuragi dan lebih memilih kendaraan yang ramah lingkungan seperti sepeda dan jalan kaki. Namun akan tetapi di Indonesia akan dikhwatirkan peninngkatan jumlah kendaraan pribadi semakin meningkat misalnya saja sepeda motor;
- Infrastruktur yang ada dalam kurun jangka waktu yang pendek akan berubah seiring berubahnya pula moda transportasi yang digunakan;
- Logistik akan terputus dikarenakan pola lama dengan sistem berjenheng dengan perbanyak star up yang menumbuhkan perani dengan kondumen di kota.
- Secara spasial dengan kondisi Indonesia yang memiliki banyak pulau akan terjadi pembenahan sistem transportasi. Peer to peer merupakan salah asatu sistem yang perlu didorong khisusnya dalam menghubungkan antara dua zona hijau. Dengan interaksi antar daerah tetap terjaga namun dengan catatan tetap menggunakan protocol kesehatan yang berlaku yaitu menggunakan masker, jaga jarak dan cucu tangan.
Dampak yang sangat berpengaruh pada mosa transportasi darat, laut dan udara. Dampak tersebut adalah sebagai berikut.
- Dampak coviid bagi transportasi laut
- Bisnis maritiim
- Adanya disrupsi ekonomi dunia;
- Mempengaruhi industry maritime;
- Tidak terlayaninya sekitar 17 juta TEUs pengiriman container diseluruh dunia;
- Kerugian yang diterima pelabuhan dan terminal mencapai 80 juta TEUs;
- Kerugian yang diterima pada sektor maritime mencapai 17 milliar US$
- Operasi Kapal
- Penumpukan dokumen tambahan dan keterlambatan operasional akibat dari penerapan wajib pelaporan kesehatan crew;
- Keterlambatan jasa pemanduan;
- Tidak adanya pelayanan dry docking dan layanan perbaikan yang diterima oleh kapal.
Tidak hanya itu ada hal-hal yang perlu diubah dalam ekosistem transportasi laut. Hal-hal tersebut antara lain adalah
- Sistem transportasi yang haru sberadaptasi dengan cepat;
- Pendangan holistil dari sistem transportasi dapat memestikan ketahanan transportasi;
- Digitallisasi dan konektivitas .
- Dampak covid bagi transportasi udara
- Trafik penumpang
- Penurunan hampir 40% penurunan trafik penumpang akibat dari pelarangan perjalanan dan lockdown;
- Penurunan trafik diperparah dengan adanya supply dan demand pada sektor atau kegiatan ekonomi
- Trafik kargo
- Dalam jangka pendek dan menengah mengalami penurunan dan melemahnya ekonomi secara global;
- Dalam jangka panjang, lemahnya permintaan kergo udara.
- Pendaptan dan biaya
- Total yang diperkirakan mencapai 77 miliar USD pad atahun 2020.
- Dampak covid bagi transportasi darat
- Pada transportasi darat mengalami dampak baik dan buruk dampak baiknya adalah menurunnya anga kecelakaan sedangkan dampak buruknya adalah menurunya penggunaan transportasi sehingga merun pula pendapatan pada sektor usaha transportassi massal.
Dampak yang ditimbulkan pada masa pandemic Covid-19 ini adalah menimbulkan gaya baru mobilitas masyarakat diantaranya adalah perilaku mobilitas dan kondisi kesehatan masyarakat.
- Perilaku mobilitas masyarakat
- Work from home dan study from home;
- Pembelajaran jarak jauh;
- Belanja online;
- Menghabiskan waktu bersama saudara dan keluarga dirumah
- Kegiatan diluar rumah semakin berkurang;
- Cenderung menghindari transportasi umum
- Kondisi kesehatan masyarakat
- Dapat menyebabkan stress, kebosanan dan depresi;
- Dapat mengganggu kesehatan fisik akibat kurangnya bergerak
- Gangguan keseharan dapat berupa obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.
Sehingga paradigma baru transportasi menurut tim dari bapak sugiharto adalah
- Transportasi non motorized vehicle atau green transpoprtation;
- Transportasi modern (green and hi-tech transportation)
Namun dalam perwujudan paradigma baru terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi yaitu Kultur masyarakat Indonesia,Industry otomitif, Ruas jalan sepeda, Ketersediaan sepeda, Keteladanan. Menurut ibu Militia selaku bisnis Damri, dampak yang diperoleh cukup parah. Pada masa pandemic covid 19 ini aktivitas menusia di hentikan sejenak atau dalam atian di pause dalam waktu yang belum ditentukan. Dengan adanya pendemi covid 19 ini sistem tranportasi harus diubah dan mampu beradaptasi dengan cepat dengan scenario transportasi sebagai berikut.
- Skenario 1
- Perusahaan cenderung maintain strategi bisnisnya selama krisis covid ini;
- Menggunakan cash reservesnya untuk pembiayaan.
- Skenario 2
- Akibat dari krisis berkepanjangan perusahaan harus menerapkan retrenchment strategy;
- Perusahaan cenderung memotong biaya hidup untguk tetap berada pada situasi normal.
- Scenario 3
- Krisis lebih panjang seperti permanen;
- Bisnis worldwide harus berbasis pada the aspek2 HSE dan menggunakan inline bussibess strategies.
- Scenario 4
- Krisis permanen
- Exit strategy
Tidak hanya itu muncul paradigma baru yang muncul diantaranya yaitu:
- Paradigma pergerakan
- Dalam paradigma pergerakan terdapat konsep brupa pemenuhan kebutuhan. Pada massa pandemisaat ini terdapat dua perspektif dalam mobilitas yaitu melakukan pergerakan dan tidak melakukan pergerakan. Diharapkan pada masa pandemic ini tidak melakukan pergerakan dan mobilitas  yang berjalan adalah jasa pengangkutan.
- Manajemen krisis distribusi logistic kemanusiaan
- Quality Risk
- Pengendalian lokasi produksi;
- Pengawasan proses supply chain logistic.
- Quantity Risk
- Pengontrolan jumlah kebutuhan lapangan;
- Pengendalian ketidakadilan proses pelayanan.
- Time Risk
- Pengontrolan ketepatan waktu distribusi logistic;
- Pengontrolan gangguan sistem IT dalam distribusi berbasis online.
Tidak hanya itu pada sistem transportasi padamobilitas orang dan logistic mengalami dampak. Pada mobilitas logistic rumah tangga yaitu berupa bahan baku pokok beras. Pada supply beras terbilang belum terdata dengan baik.Â
Persediaan beras pada gudang jika masih penuh maka beras yang ada pada kargo dan kapal barang tidak bias dibongkar muat. Alhasil hal ini berdampak pada buruh dan sopir yang tidak mendapatkan penghasilan. Untuk itu penerapan konsep baru yaitu "New Norm Transportation" yang menjadi paradigma baru untuk menanggulangi maslah tersebut baik pada angkkutan barang maupun angkutan orang.
- New norm transportation pada angkutan orang
- Perbaikan data base
- Perbaikan ini mencakup perbaikan sistem yang dipakai dalam menginput data.
- Pemerintah memiliki pengawasan berupa sistem online dalam perjanjian baru dapat di masukkan point intervensi dari pemerintah untuk mengatur jumlah mitra online.
- Penerapan teori antrian yang mengatur tentang kedisiplinan yang digunakan sebagai acuan yang digunakan pada semua moda transportassi
- Pengaturan jumlah kendaraan umum sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak ada penumpukan transportasi massal.
- New norm transportation pada angkutan barang
- Perbaikan sistem pada data base
- Data statistic beras hanya diinterpretasikan pada GIS. Yang artinya pendataan dilakukan secara online dengan pengecekan di kondisi eksisting yang kemudian dimasukkan data kedalam GIS.
- Perbaikan sistem BULOG.
Paradigma baru tersebut digunakan untuk menangani dan sebagai solusi pada saat situasi yang ada saat ini. kita tidak tahu berapa lama pandemic ini akan berakhiir sehingga perlu adanya penanganan awal yang harus dilakukan. Terutama pada sistem mobilitas yang menjadi faktor utama penunjang kegiatan dan kehidupan masyarakat saat ini.Â
Untuk itu saat ini yang harus kita lakukan adalah ikuti anjuran dari pemerintah dan tetap patuhi peraturan yang ada. jangan panik dan jaga kesehatan untuk meminimalisir penularan covid 19. Hingga saat ini obat dari virus ini belum ditemukan. Sehingga yang bisa dilakukan hanya stay safe dan jangan panic untuk tetap menjaga kestabilan imun.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI