Mohon tunggu...
Eppy Tetty Sitorus
Eppy Tetty Sitorus Mohon Tunggu... Guru - So boru batak jeges

Alumni SMAN3 MEDAN

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul 3.3. Eksplorasi Konsep

24 April 2022   08:36 Diperbarui: 24 April 2022   08:43 14100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

3.3. Ekspolorasi konsep.

Jenis Kegiatan atau program apakah yang dideskripsikan tersebut? Apakah intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler?Dalam setiap situasi, identifikasilah dibagian mana dan bagaimana guru mencoba mempertimbangkan ‘suara’; ‘pilihan’; dan ‘kepemilikan’ murid untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid.  Jelaskan jawaban Bapak/Ibu.

No

Situasi 1-7

Suara

Murid

Pilihan

Murid,

Kepem

ilikan

Murid

              Intrakurikuler

Ko-kurikuler

                  Ekstrakurikuler

Kesimpulan Jawaban

1.

Ibu Dian mengajar di kelas 1 SD mengajak siswa kerja kelompok membuat layout di kelas, saling berpendapat  (suara,pilihan. kepemilikan) , memberi pilihan tempat, dan menghargai pilihan siswa dilakukan refleksi sumbang saran siswa dilakukan refleksi guru dan siswa  diubah Kembali menjadi lebih efektif dan baik.

√

√

√

√ di kelas kolaborasi dalam layout kelas dalam kreasi diri, kelompok, pilihan siswa dalam dipimpin dan memimpin rekannya membuat baik di kelas akhirnya refleksi guru dan siswanya saling dengar pendapat untuk kesimpulan Bersama.

 

 

Jelas karena Ibu Dian melakukan student agency dalam groth minset siswa dalam karya indah kelas layout untuk cerdas, mampu kemitraan dengan rekannya sehingga wellbeing situasi kelas menjadi harapan kepemimpinan murid dan profil pelajar pancasila. Jadi Program yang berfokus pada kepemimpinan murid

2.

Murid-murid Pak Waluyo sedang mempelajari dan kerja pesawat sederhana dengan konsep gaya fisika Pak waluyo mengajak siswa mendiskusikan, riset, eksperimen secara kelompok dan individu untuk aksi nyatanya. Luar biasa satu murid yang gemar berenang memaparkan idenya dalam aksi nyata fisika sederhana yaitu balok star kolam renang dekat rumahnya miring dan licin  sehingga tidak aman dan Menyusun alasan dan argument temu dengan pengelola kolam dan siswa tersebut mempresentasikan kekhawatirannya dan rekomendasi perbaikan  balok star kolam renang, melihat ide dan karya pemikiran siswa tersebut akhirnya dilakukan kemitraan kepada pihak pengelola kolam renang untuk dengar pendapat. akhirnya pengelola kagum dengan siswa yang berani mempresentasikan bahaya balok star yang miring dan licin.

√

√

√

√

√ Mengunjungi pihak pengelola kolam renang dan izin siswa dan timnya  mempresentasikan langsung kepada pihak pengelola kolam renang tentang kekawatiran terhadap star peluncur dan licin akan berdampak bahaya kepada pengunjung kolam renang. Harapannya dengan temu dengar pendapat pihak manajemen memperhatikaan dan direkomendasikan dari suara siswa itu  untuk dilakukan renovasi meningkatkan titik aman orang berenang  ke masyarakat pengelola kolam dan guru mendampingi

Jadi Program sekolah yang berfokus pada kepemimpinan murid

 

Pihak manajemen salut terhadap presentasi siswa dan timnya dalam menyampaikan ide kekhawatirannya dari sudut mata pelajaran fisika materi prinsip kerja pesawat sederhana di kaitkan terhadap terhadap kerja papan star peluncur miring dan licin kolam renangnya. menanggapi situasi kolam renangnya untuk kebermanfaatan semua pengunjung. Salut juga buat guru pendamping bagus tanggap kemitraannya terhadap lingkungan sekitar Lebih baik lagi di ajak guru penjas kolaborasi ke kolam renang tersebut usai prsentasi siswa dapat berenang sambil bergembira santai dengan waktu yang ditetapkan Bersama. Siswa melakukan student agency dalam groth minsetnya Jadi Program sekolah yang berfokus pada kepemimpinan murid

3.

Ibu Santi guru PAUD karena masih pandemic ibu santi menjadwalkan asinkron dan sinkron dalam belajar seriap hari dengan GM dan ada waktu siswa  belajar mandiri di rumah.dengan 9 papan pilihan/jadwal dari senin sampai sabtu ada instruksi isian dengan Kerjasama orangtuanya dan dilengkapi gambar ada satu dikosongkan agar siswa  dapat menentukan sendiri kegiatan yang mereka lakukan Bersama orangtuanya. Lalu dikirim dengan wa grup orangtua dan setiap paginya GM dengan orangtua siswa dan siswanya diajarkan hal-hal yang kurang dipahami dan bebas memilih mana duluan dikerjakan pekerjaan dari 9 pilihan. Setiap jumat bertemu dengan orangtua murid menjelaskan tugas pelajaran yang harus tercapai mengarahkan pertanyaan yang harus diberikan ke anaknya. Dihari seninnya dilakukan GM untuk meminta refleksi terhadap kegiatan yang dilakukan dihari yang telah lewat.

√

√

√

√

√ Karena kemitraan dengan semua orangtua siswa dan melakukan di rumah rutinitas yang tercatat.Lalu setiap jumat dilakukan temu orangtua dan guru meminta kepada ortu siswa hal apa yang kurang jelas, menerima tugas siswa dan apa yang akan dikerjakan berikutnya oleh anaknya.

 

Bagus cara kerja Ibu Santi sebagai guru PAUD luar biasa membuat program kepada siswanya walau pandemic tetap eksis dengan membangun hubungan kemitraan dengan orangtua siswa dan menjadwal GM dan tatap muka tiap jumat dan seninnya refleksi dengan GM dengan orangtua dan siswa melihat hasil kerja tiap siswa di rumahnya. Karena siswanya PAUD bermitra dengan orangtua menggerakkan mendampingi anaknya untuk google meet dan menyelesaikan tugas 9 papan pilihan yang dikerjakan. (kata pilihan berarti suara, pilihan dan kepemilikan gambar keseharian siswa paud di rumah dan sekitarnya). Contoh program sekolah dam kepemimpinan siswa PAUD

4.

Pak Bahri galau karena ekstrakurikuler dihentikan  karena pandemic. Pak Bahri memgundang osis tuk daring temu kangen dan umpan balik kegiatan pembelajaran mengungkapkan bagaimana osis dapat berjalan  walaupun secara daring. Ternyata siswa osis juga berharap ada kegiatan walaupun daring. Sehingga setelah dengar ide dan pendapat semua siswa osis, ada guru yang melatih ekstra dan ada siswa yang melatih ekstra dan guru mengsupervisi siswa yang melatih tersebut dari jadwal yang telah disepakati dipromosikan ke semua siswa dan animo murid terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler itu besar. Pak Bahripun merasa senang dapat menggerakkan saling share ide dalam  siswa osis berkarya walau pandemik.

√

√

√

 

√

√

Bagus ide dan pemikiran nyata pak Bahri mampu menggerakkan siswa osis aktif kembali walau pandemic. Dengan ide membuat GM (mendengar suara, pilihan dan kepemilian siswa dalam goole meet osis) dan meminta ide dari siswa osis apa kira-kira kegiatan yang dilakukan osis dalam pandemic untuk tetap siswa aktif dalam ekstrakurikuler. Ternyata banyak ide siswa suara, pilihan dan kepemilikan dari osis dalam kegiatan dan animo siswa lainnyapun tinggi sehhingga semangat Kembali siswa osis, siswa lainnya dan Pak Bahri. Namun ide itu dalam daring belum dijelaskan. Semisalnya dapat juga dilombakan membuat poster dengan berbantuan canva atau pixellab bebas kreasi dan unsur kriteria ditetapkan osis terinci. Program yang berfokus pada kepemimpinan murid

5.

Sekolah SMK ini melakukan pembelajaran terintegrasi berbasis proyek terkait BI, TIK, sebagai adaktif dn mata pelajarn produktif TPK (guru TPK menantang murid mengidentifikasi potensi pakan ternak organic menciptakan ayam ayam boiler di sekolah dari lingkungan dan masyarakat sekitar dan permasalahannya) kemudian menawarkan  solusi  untuk pengembangannya. Yaitu pemaparan siswa dalam presentase teknis dinilai oleh guru  TIK dan secara content dinilai guru Bahasa Indonesia. Siswa dalam proyeknya menemukan pakan ternak yang cocok dan ekonomis skala produksi saat itu adalah cacing sutra yang cukup banyak diternak oleh masyarakat sekitar.

√

√

√

√

√

 

Kesimpulannya bahwa daging ayam boiler dengan pakan ternak campuran cacing sutra lebih banyak massa daging dan lebih manis. Sehingga sekolah bermitra dengan TV local untuk ditayangkan dan menarik waralaba ayam goreng internasional di daerah mereka menguji ayam boiler yang pakan ternaknya dari cacing ulat sutra layak di konsumsi dan siswa mengajak masyarakat sekitar untuk beternak ayam boiler dan menggunakan pakan ternak siswa dan mengajak menjual ayam boilernya ke waralaba tersebut (disini suara, pilihan milik dan kepemilikan siswa sangat kreatif prodktif) ini profil Pancasila Jadi Contoh program sekolah dan  yang melibatkan peran serta masyarakat

6.

Ide melihat seorang ibu sulit memarut kelapa, sehingga muncul ide membuat parutan dari barang bekas, idenya di sampaikan kepada Ibu Sri dan setuju silahkan mencari tau mecin kerja parut sederhana. Sehingga siswa tersebut bekerja sama dengan beberapa siswa dengan bimbingan guru tersebut dalam waktu seminggu siswa dalam kelompoknya sudah dapat membuat mesin parut sederhana diuji coba Bersama di hadapan  gurunya dilakukan refleksi Bersama menyampaikan ide baru dalam pengembangan ada yang masih kurang dan akhirnya berhasil membuat 2 mesin parut sederhana dan baik. Satu mesin diserahkan kepada ketua lingkungan setempat. Akhirnya karya siswa bermanfaat dan diminta untuk berbagi keterampilan kepada pemuda karang taruna dan pihak RT/RW menyediakan fasilitas dan peralatan untuk Kerjasama dalam berbagai keterampilan kepada pemuda di lingkungan sekitar sekolah.

√

√

√

 

√

√

Siswa yang memiliki ide dan Kerjasama (suara, pilihan, kepemilikan siswa) dengan gurunya Ibu Sri dan termotivasi membuat mesin patur kelapa sederhana 2 buat. Diserahkan 1 kepada ketua pemuda setempat mewakili RT/RW dan dengan melihat hasil kerja siswa dapat dimanfaatkan untuk Kerjasama dengan pemuda karang taruna setempat dan di faslitasi bahan bahan dan tempat untuk pemudanya dapat membuat mesin parutan kelapa sederhana yang dapat meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat sekitar. Hal Ini menumbuhkan  meningkatkan ekonomi kreatif diri siswa dan pemuda untuk produktif. Contoh program sekolah dan guru yang melibatkan peran serta masyarakat sekitar

7.

Video situasi 7 ini menggambarkan ada Kerjasama seluruh stakeholder untuk membuat seperti pasar di sekolah untuk meningkatkan ide, kreatif siswanya dalam jual beli di pasar dengan didampingi guru kelasnya dan guru matapelajaran sehingga tiap pos dituntun gurunya agar aktif dalam jual beli di pasar seperti layaknya pasar. Sungguh pengalaman baru buat siswa dan mengesankan. Muncul rasa senang, kreatif dagang, belajar antri,untuk teratur dalam dagang, belajar mempromosikan dagangannya belajar komunikasi baik dalam jual beli.Pokoknya keren.

√

√

√

√

√

√

Bagus sekali ide kreatif mengajarkan siswa jual beli di pasar semua unsur terlibat dan reflektif. Ini pantas di tiru dan ini memunjulkan jiwa ekonomi kreatif, keberanian dalam diri, keteraturan, menghargai penjual lainnya dan mau dipimpin dalam satuan pasar. Jelas terlihat siswa dalam jual beli menyuarakan dagangannya dan pembeli memberikan pilihannya atas suatu yang di minati dalam kepemilikan.  Keren student agensinya ini semua mengena dan hidup. Akhirnya siswa mampu mandiri, kreaif, Tangguh, inovatif, Kerjasama dan harapannya karakter baik. Contoh program sekolah dan melatih kepemimpinan siswa menjadi profil Pancasila.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun