Mohon tunggu...
Enjang Warman
Enjang Warman Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gekbrong 1 Kec. Gekbrong

Berbagi itu indah, hidup menjadi berkah dan berfaedah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Contoh Jawaban Esay Seleksi Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak

24 Mei 2023   09:48 Diperbarui: 24 Mei 2023   09:51 7264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak

Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut? 

Keadaan dunia pendidikan saat ini saya rasakan dan perhatikan sudah banyak mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh perkembangan jaman era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menuntut saya harus meningkatkan kompetensi dan kwalitas diri self improvement sesuai dengan bidang keilmuan, kemampuan personal dan potensi yang saya miliki harus mengikuti perkembangan jaman dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diharapkan dapat mendukung profesionalitas kinerja saya agar semakin baik dan berkembang. saya sebagai guru di sekolah dasar masih banyak kekurangan yang harus saya perbaiki dan tingkatkan. sehingga saat ini saya merasa tergugah dan terdorong untuk mengikuti program guru penggerak angkatan 6 ini. Untuk meminimalisir kekurangan saya ini saya berupaya dan mengambil langkah dengan terus mengikuti kegiatan-kegiatan dan program-program pengembangan diri dengan mencari informasi dan berdiskusi dengan teman sejawat maupun narasumber baik secara langsung maupun melaui forum grup media sosial, menimba ilmu dari pengawas sekolah (stakeholder pendidikan), dari media sosial, dan dari teknologi informasi internet.

Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

Selain motivasi internal saya yang kuat untuk mengikuti program guru penggerak angkatan 6 ini, kelebihan kelebihan dibidang perofesionalitas pendidikan yang saya miliki untuk mendukung peran sebagai guru penggerak nantinya setalah saya masuk ke tahap berikutnya, seperti pengalaman pendidikan dan pelatihan-pelatihan dibidang pendidikan yang pernah saya ikuti selama beberapa tahun kebelakang baik ditingkat kabupaten, tingkat provinsi, mapun tingkat nasional diantaranya : 

1. Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2013

2. Workshop Lesson Setudy GURU PAI SD Tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2013

3. Pelatihan Guru Sasaran Kurikukum 2013 Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2014

4. bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SD Tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2015

5. Pelatihan Instruktur Nasional Guru Pembelajar (Region Jawa Barat-1) tahun 2016

6. IN Mentoring Program Guru Pembelajar (GP) Moda Daring dan Luring (IN-ON-IN) tahun 2016

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun