NAMA Â Â Â Â Â : ENI FADILAH
NO.UKG Â Â Â : 201503076215
Â
Â
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
SMP NEGERI 3 PULOSARI
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Pertama
Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang
Tujuan yang ingin dicapai
Tujuan yang ingin di capai dari PPL ,yaitu layanan Bimbingan Klasikal dengan topik memilih kegiatan ekstrakurikuler di harapkan peserta didik Mampu merencanakan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minat
Penulis
Eni Fadilah, S.Pd
Tanggal
10 Desember 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dari aksi PPL Â yaitu berdasarkan observasi langsung dari guru BK, bahwa:Â
- Peserta didik bingung dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler
- Peserta didik masih belum memahami bakat dan minat dalam menentukan jenis kegiatan ekstrakurikuler di sekolah
- Peserta didik masih ikut-ikutan teman sejawat dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler
Praktik ini penting untuk dibagikan karena menurut saya pemberian layanan klasikal dengan metode projek based learning pada topik memilih kegiatan ekstrakurikuler peserta didik di harapkan mampu memilih kegaiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat.Peran Guru BK praktik ini adalah memberikan pengetahuan baru atau informasi mengenai memilih kegiatan ekstrakurikuler melalui layanan bimbingan klasikal bidang karir dengan pendekatan projek based learning. Tanggung jawab Guru BK dalam praktik ini khusunya dalam memberikan layanan bimbingan kalsikal secara professional agar tujuan praktik berjalan optimal.
Â
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan dari aksi PPL Â tidak adanya jam masuk kelas khusus bagi guru BK untuk melaksanakan layanan bimbingan klasikal sehingga perlu kolaborasi dengan guru mapel lain terkait perizinan menggunakan jamnya untuk melaksanakn kegiatan bimbingan klasikal.Â
Melibatkan peserta didik pada waktu akhir semester menjadi tantangan tersendiri karena untuk mengumpulkan peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan klasikal perlu kesepakatan waktu peseta didik untuk mengikuti kegiatan bimbingan klasikal karena di akhir semester anak banyak melakukan kegiatan KTS Dan remidi.
Pembuatan projek yaitu membuat mind maping yang menyita waktu lama sehingga batas waktu 1x 40 menit di rasa kurang maksimal karena terkendala waktu di tahap membuat projek ( mind maping ). Sementara itu pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPL Â yaitu siswa OSIS yang saya pilih untuk bisa berpartisipasi dalam layanan bimbingan klasikal karena lebih mudah untuk saya kondisikan dan rekan sesama guru dalam membantu proses perekaman gambar/video
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang di lakukan untuk menghadapi tantangan dalam pelaksanaan aksi PPL  yaitu,membuat perangkat pembelajaran klasikal yang inovatif sehingga di harapkan  untuk menumbuhkan kemampuan berfikir kritis dan berprofil pelajar pancasila peserta didik.
Mempersiapkan sarana dan prasarana yang di perlukan,laptop,LCD,kamera HP ,Internet dan ruangan yang terbaik dalam pelaksaann layanan sehingga mampu mendorong peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran serta melaksanakan kegiatan PPL yang telah di rancang.Â
Strategi yang di gunakan adalah adalah penerapan model Projek based learning ( PJBL ).proses dari PJBL yaitu : (a) penentuan pertanyaan dasar (b) mendesain perencanaan projek (c) menyusun jadwal kegiatan (d) memantau siswa dan kemajuan projek (e) menguji hasil karya (f) evaluasi pengalaman. Materi yang di gunakan dalam pelaksanaan aksi PPL 1 yaitu materi tentang memilih kegiatan ekstrakurikuler ynag di kutip dari : http://www.kajianpustaka.com/2019/01/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-ekstrakurikuler.html
 Dan di tambahkan tampilan power point canva yang di buat agar lebih menarik perhatian layanan bimbingan klasikal.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Langkah-langkah yang di lakukan untuk mengetahui efektivitas dan tindak lanjut hasil aksi PPL Â yaitu dengan menyusun instrumen evaluasi proses dan evaluasi hasil,kemudian mengisi instrumen evaluasi proses dan evaluasi hasil,kemudian mengisi instrumen tersebut.
Setelah itu mengoreksi dan mengolah data evaluasi proses dan evaluasi hasil,menyajikan dan menginterpretasikan efektivitas pelaksanaan aksi PPL Â dan dari hasil tersebut maka dapat terlihat dampak pelaksanaan aksi PPL .yaitu munculnya kesadaran diri peserta didik untuk memahami bakat dan minat dalam memilih jenis kegiatan ekstrakurikuler.kemudian perlu di lakukan tindak lanjut bagi peserta didik yang membutuhkan dengan berupa pemberian layanan bimbingan kelompok.
Faktor keberhasilan dari strategi yang di lakukan adalah penguasaan guru BK dalam melaksankan setiap langkah -- langkah kegiatan,penguasaan guru BK terhadap tekhnik yang di pakai serta peran aktif peserta didik dalam mengikuti kegiatan bimbingan klasikal.
Adaapun faktor ketidak berhasilan dari strategi yang di lakukan yaitu masih ada beberapa orang dari keseluruhan peserta didik yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan klasikal. Jadi kesimpulan dari pelaksanaan aksi PPL yaitu bimbingan klasikal dilihat dari analisi data evaluasi hasil dan evaluasi proses bahwa dengan pemberian layanan bimbingan kalsikal dengan model pembelajaran projek based learning ( PJBL ) di nilai efektif digunakan untuk menumbuhkan kesadaran peserta didik tentang memilih kegiatan ekstrakurikuler dan dapat memahami bakat dan minat dalam memilih jenis ekstrakurikuler di sekolah.
- EVALUASI HASIL
 Â
NO
NAMA
PERNYATAAN
JUMLAH
KRITERIA PENILAI
1
2
3
4
1
AINES PANGESTU
3
3
3
3
12
BAIK
2
ALFA NAIZAL RIZKI
4
3
3
4
14
SANGAT BAIK
3
ANDITA SYAILA
3
3
3
3
12
BAIK
4
ARINA SYAWALIYATUR RIZKI
4
4
4
4
16
SANGAT BAIK
5
CATUR SURYA PRANOTO
4
3
4
3
14
SANGAT BAIK
6
DESI RAHMAWATI
3
3
3
3
12
BAIK
7
GHIAN FIFIE AZKIA
4
3
4
4
15
SANGAT BAIK
8
IYAN MAULANA SAPUTRA
4
4
4
3
15
SANGAT BAIK
9
JIHAN DWI SEPTIANA
3
3
3
3
12
BAIK
10
JIHAN SHAFA SALSABILA
3
3
3
3
12
BAIK
11
KAYLA ARIFATUL MAULIA
3
3
3
3
12
BAIK
12
KHUNAFAU SETIA ASIH
4
4
4
3
15
SANGAT BAIKS
13
MAULANA FAJAR SIDIQ
4
3
4
4
15
SANGAT BAIK
14
MUHAMAD ALVIN FAIZ
3
3
3
3
12
BAIKS
15
NAELA SEPTIYA
4
4
4
4
16
SANGAT BAIK
16
NINDI AULIA PUTRI
3
3
3
3
12
BAIKS
17
NISRINA AINUN NADIROH
4
4
4
4
16
SANGAT BAIK
18
RIANI NUR OKTAFIYA SAFITRI
4
4
4
4
16
SANGAT BAIK
19
TEGUH BUDI SETIAWAN
4
4
4
4
16
SANGAT BAIK
20
ZAENUL MUTAQIN
4
3
3
4
14
SANGAT BAIK
JUMLAH
72
67
70
69
278
RATA-RATA
Â
57,6
53,6
56
55,2
SANGAT BAIK
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H