Mohon tunggu...
ENI FADILAH
ENI FADILAH Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Metode STAR

20 Januari 2023   19:57 Diperbarui: 20 Januari 2023   20:30 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

NAMA          : ENI FADILAH

NO.UKG       : 201503076215

 

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMP NEGERI 3 PULOSARI

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang

Tujuan yang ingin dicapai

Tujuan yang ingin di capai dari PPL ,yaitu layanan Bimbingan Klasikal dengan topik memilih kegiatan ekstrakurikuler di harapkan peserta didik Mampu merencanakan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minat

Penulis

Eni Fadilah, S.Pd

Tanggal

10 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dari aksi PPL  yaitu berdasarkan observasi langsung dari guru BK, bahwa: 

  • Peserta didik bingung dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler
  • Peserta didik masih belum memahami bakat dan minat dalam menentukan jenis kegiatan ekstrakurikuler di sekolah
  • Peserta didik masih ikut-ikutan teman sejawat dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler

Praktik ini penting untuk dibagikan karena menurut saya pemberian layanan klasikal dengan metode projek based learning pada topik memilih kegiatan ekstrakurikuler peserta didik di harapkan mampu memilih kegaiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat.Peran Guru BK praktik ini adalah memberikan pengetahuan baru atau informasi mengenai memilih kegiatan ekstrakurikuler melalui layanan bimbingan klasikal bidang karir dengan pendekatan projek based learning. Tanggung jawab Guru BK dalam praktik ini khusunya dalam memberikan layanan bimbingan kalsikal secara professional agar tujuan praktik berjalan optimal.

 


Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan dari aksi PPL  tidak adanya jam masuk kelas khusus bagi guru BK untuk melaksanakan layanan bimbingan klasikal sehingga perlu kolaborasi dengan guru mapel lain terkait perizinan menggunakan jamnya untuk melaksanakn kegiatan bimbingan klasikal. 

Melibatkan peserta didik pada waktu akhir semester menjadi tantangan tersendiri karena untuk mengumpulkan peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan klasikal perlu kesepakatan waktu peseta didik untuk mengikuti kegiatan bimbingan klasikal karena di akhir semester anak banyak melakukan kegiatan KTS Dan remidi.

Pembuatan projek yaitu membuat mind maping yang menyita waktu lama sehingga batas waktu 1x 40 menit di rasa kurang maksimal karena terkendala waktu di tahap membuat projek ( mind maping ). Sementara itu pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPL  yaitu siswa OSIS yang saya pilih untuk bisa berpartisipasi dalam layanan bimbingan klasikal karena lebih mudah untuk saya kondisikan dan rekan sesama guru dalam membantu proses perekaman gambar/video

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang di lakukan untuk menghadapi tantangan dalam pelaksanaan aksi PPL  yaitu,membuat perangkat pembelajaran klasikal yang inovatif sehingga di harapkan  untuk menumbuhkan kemampuan berfikir kritis dan berprofil pelajar pancasila peserta didik.

Mempersiapkan sarana dan prasarana yang di perlukan,laptop,LCD,kamera HP ,Internet dan ruangan yang terbaik dalam pelaksaann layanan sehingga mampu mendorong peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran serta melaksanakan kegiatan PPL yang telah di rancang. 

Strategi yang di gunakan adalah adalah penerapan model Projek based learning ( PJBL ).proses dari PJBL yaitu : (a) penentuan pertanyaan dasar (b) mendesain perencanaan projek (c) menyusun jadwal kegiatan (d) memantau siswa dan kemajuan projek (e) menguji hasil karya (f) evaluasi pengalaman. Materi yang di gunakan dalam pelaksanaan aksi PPL 1 yaitu materi tentang memilih kegiatan ekstrakurikuler ynag di kutip dari : http://www.kajianpustaka.com/2019/01/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-ekstrakurikuler.html

 Dan di tambahkan tampilan power point canva yang di buat agar lebih menarik perhatian layanan bimbingan klasikal.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Langkah-langkah yang di lakukan untuk mengetahui efektivitas dan tindak lanjut hasil aksi PPL  yaitu dengan menyusun instrumen evaluasi proses dan evaluasi hasil,kemudian mengisi instrumen evaluasi proses dan evaluasi hasil,kemudian mengisi instrumen tersebut.

Setelah itu mengoreksi dan mengolah data evaluasi proses dan evaluasi hasil,menyajikan dan menginterpretasikan efektivitas pelaksanaan aksi PPL  dan dari hasil tersebut maka dapat terlihat dampak pelaksanaan aksi PPL .yaitu munculnya kesadaran diri peserta didik untuk memahami bakat dan minat dalam memilih jenis kegiatan ekstrakurikuler.kemudian perlu di lakukan tindak lanjut bagi peserta didik yang membutuhkan dengan berupa pemberian layanan bimbingan kelompok.

Faktor keberhasilan dari strategi yang di lakukan adalah penguasaan guru BK dalam melaksankan setiap langkah -- langkah kegiatan,penguasaan guru BK terhadap tekhnik yang di pakai serta peran aktif peserta didik dalam mengikuti kegiatan bimbingan klasikal.

Adaapun faktor ketidak berhasilan dari strategi yang di lakukan yaitu masih ada beberapa orang dari keseluruhan peserta didik yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan klasikal. Jadi kesimpulan dari pelaksanaan aksi PPL yaitu bimbingan klasikal dilihat dari analisi data evaluasi hasil dan evaluasi proses bahwa dengan pemberian layanan bimbingan kalsikal dengan model pembelajaran projek based learning ( PJBL ) di nilai efektif digunakan untuk menumbuhkan kesadaran peserta didik tentang memilih kegiatan ekstrakurikuler dan dapat memahami bakat dan minat dalam memilih jenis ekstrakurikuler di sekolah.

  • EVALUASI HASIL

  

NO

NAMA

PERNYATAAN

JUMLAH

KRITERIA PENILAI

1

2

3

4

1

AINES PANGESTU

3

3

3

3

12

BAIK

2

ALFA NAIZAL RIZKI

4

3

3

4

14

SANGAT BAIK

3

ANDITA SYAILA

3

3

3

3

12

BAIK

4

ARINA SYAWALIYATUR RIZKI

4

4

4

4

16

SANGAT BAIK

5

CATUR SURYA PRANOTO

4

3

4

3

14

SANGAT BAIK

6

DESI RAHMAWATI

3

3

3

3

12

BAIK

7

GHIAN FIFIE AZKIA

4

3

4

4

15

SANGAT BAIK

8

IYAN MAULANA SAPUTRA

4

4

4

3

15

SANGAT BAIK

9

JIHAN DWI SEPTIANA

3

3

3

3

12

BAIK

10

JIHAN SHAFA SALSABILA

3

3

3

3

12

BAIK

11

KAYLA ARIFATUL MAULIA

3

3

3

3

12

BAIK

12

KHUNAFAU SETIA ASIH

4

4

4

3

15

SANGAT BAIKS

13

MAULANA FAJAR SIDIQ

4

3

4

4

15

SANGAT BAIK

14

MUHAMAD ALVIN FAIZ

3

3

3

3

12

BAIKS

15

NAELA SEPTIYA

4

4

4

4

16

SANGAT BAIK

16

NINDI AULIA PUTRI

3

3

3

3

12

BAIKS

17

NISRINA AINUN NADIROH

4

4

4

4

16

SANGAT BAIK

18

RIANI NUR OKTAFIYA SAFITRI

4

4

4

4

16

SANGAT BAIK

19

TEGUH BUDI SETIAWAN

4

4

4

4

16

SANGAT BAIK

20

ZAENUL MUTAQIN

4

3

3

4

14

SANGAT BAIK

JUMLAH

72

67

70

69

278

RATA-RATA

 

57,6

53,6

56

55,2

SANGAT BAIK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
  19. 19
  20. 20
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun