PENDIDIKAN PANCASILA FASE E / KELAS X
INFORMASI UMUM
Identitas Modul
Penyusun                   : Endang Winarsih,S.Pd
Sekolah                     : SMK Manahijul Huda
Mapel                      : Pendidikan Pancasila
Fase/Kelas                   : E / X
Domain                     : Pengenalan Konstitusi dalam Pengalaman Hidup Sehari-hari
Alokasi Waktu               : 2X2 jp
Komponen Inti
Elemen
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
Indikator Capaian pembelajaran
Pertemuan I
Mengidentifikasi pengenalan kostitusi dalam pengalaman hidup sehari-hari (A2)
Berperilaku sesuai dengan pengenalan konstitusi dalam pengalaman hidup sehari-hari (A2)
Menganalisis pengenalan konstitusi dalam pengalaman hidup sehari-hari (C3)
Mendemonstrasiakan pengenalan konstitsi dalam pengalaman hidup sehari-hari (C5)
Pertemuan II
- Mengidentikasi sejarah amandemen konstitusi di Indonesia (A2)
- Menaganalisis fungsi amandemen di Indonesia (C4)
- Medemonstrasikan  fungsi amandemen di Indonesia (C4)
- Menyimpulkan fungsi amandemen di Indonesia (C4)
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
- Peserta didik Mampu mengidentifikasi pengenalan kostitusi dalam pengalaman hidup sehari-hari (A2)
- Peserta didik mampu besikap yang sesuai dengan konstitusi dalam kehidupan sehari-hari (A2)
- Pesertadidik mampu menganalisa penerapan konstitusi dalam pengalaman hidup sehari-hari (C4)
- Peserta didik mampu mendemonstrasikan penerapan kostitusi dalam pengalaman hidup sehari-hari (C5)
Pertemuan II
- Peserta didik Mengidentikasi sejarah amandemen konstitusi di Indonesia (A2)
- Â Peserta didik Menaganalisis fungsi amandemen di Indonesia (C4)
- Melalui kegiatan presentasi peserta didik mampu menyajikan Sejarah dan fungsi amandemen di Indonesia (C5)
- Setelah Pembelajaran peserta didik mampu menyimpulkan sejarah dan fungsi amandemen di Indonesia (C4)
Konsep Utama
Pertemuan I
Pengenalan Konstitusi dalam Pengalaman Hidup Sehari-hari
Pertemuan II
Sejarah dan fungsi amandemen di indonesia
Kompetensi Awal
Pertemuan I
Pengetahuan awal
Pengetahuan awal peserta didik tentang definisi Konstitusi, tujuan Konstitusi, jenis Konstitusi, sejarah perubahan Konstitusi UUD NRI Tahun 1945.
Keterampilan awal
peserta didik mengaitkan dengan pasal     atau ayat dalam Konstitusi UUD NRI Tahun 1945 yang dirasakan terkait dengan pengalaman hidup sehari-hari, seperti pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya
Pertemuan II
Pengetahuan Awal
Pengetahuan awala peserta didik tentang pengertian amandemen sejarah amandemen,fungsi amandemen
Ketrampilan awalÂ
Peserta didik mengkaitan perubahan atau mandemen di Indonesia dengan dampak bagi kehidupan masyarakat indonesia
Â
Profil Pelajar Pancasila
bergotong royong, kreatif, dan bernalar kritis.
Pemahaman Bermakna
Pertemuan I
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini diharapkan peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan dan membuat kesimpulan penting terkait dengan  materi yang dipelajari, yakni definisi Konstitusi, tujuan Konstitusi, jenis Konstitusi, sejarah perubahan Konstitusi UUD NRI Tahun 1945.
Pertemuan II
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini diharapkan peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan dan membuat kesimpulan penting terkait dengan  materi yang dipelajari, yakni pengertian amandemen, fungsi amandemen dan sejarah amandemen di indonesia
Pertanyaan Pemantik
Pertemuan I
- Apakah kalian pernah mempelajari definisi Konstitusi,
- Apakah kalian mengetahui sejarah perubahan Konstitusi UUD NRI Tahun 1945.?
Pertemuan II
Apa yang kalaian ketahui tentang amandemen
Target Peserta didik
Peserta didik reguler/tipikal            : 30 orang
Peserta didik dengan kesulitan belajar    : 3 orang            Â
Peserta didik dengan pencapaian tinggi   : 27 orang
Model Pembelajaran
Pertemuan I
Project based learning dengan metode demonstrasi dan diskusi
Pertemuan II
problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi
Sarana Prasarana
Sarana          : Laptop/HP, Google form,  Youtube.,proyektorÂ
Prasarana       : LKPD, alat tulis, buku, pulpen, jaringan internet, bahan tayang,papan tulis
Â
Â
Kegiatan Pembelajaran
Pertamuan I
Â
 Â
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Mengawali
Pembelajaran
Peserta didik dan guru memulai pembelajaran dengan berdoa bersama
Guru menyapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran peserta didik
Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum pelajaran dimulai
Peserta didik bersama dengan guru membahas tentang kesepakatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai kepada peserta didik
Asesmen Diagnostik
Guru menanyakan kesiapan kelas dari kondisi siswa dan kondisi kelas sebelum pelajaran dimulai
Guru memberikan pertanyaan pemantik kepada siswa
Kegiatan Inti
Kegiatan 1 Orientasi peserta didik kepada masalah
Guru memotivasi peserta didik dengan cara menyampaikan
definisi Konstitusi, tujuan Konstitusi,
 jenis Konstitusi, sejarah perubahan Konstitusi
serta pasal yang terkait dengan hak dan kewajiban warga negara UUD NRI Tahun 1945
Guru memberikan masalah pada LKPD Â kepada peserta didik, dan memberikan penjelasan umum tentang masalah-masalah yang terdapat pada LKPD
Assesmen formatif
Guru memberikan penialain formatif kepada peerta didik, dengan melihat sikap siswa selama preses menerima pembelajaran, dan penialain ketrampilan dalam meaparkan hasil laporan
Kegiatan 2 Mengorganisasikan peserta didik
Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri atas 4-5 orang. Anggota kelompok dipilih dengan memperhatikan sebaran kemampuan (heterogen)
Guru menjelaskan cara kerja dalam kelompok belajar, yaitu membaca sumber belajar yang diperlukan secara individu (namun dalam situasi kerja kelompok), dilanjutkan dengan berdiskusi untuk menyelesaikan project dan menyiapkan laporan hasilnya
Kegiatan 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Peserta didik mengidentifikasi data-data kunci dalam permasalahan dan merumuskan apa yang hendak diselidiki  dan dihasilkan dengan dibimbing guru
Peserta didik  memilih   strategi   yang   digunakan   dalam menyelesaikan masalah dengan dibimbing guru.
Peserta didik melaksanakan strategi penyelidikan yang dipilih  dalam rangka menyelesaikan laporan
Peserta didik mengecek kesesuaian dan  kecukupan hasil
penyelesaian proyek dengan tuntutan hasl laporan.
Kegiatan 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Peserta didik merumuskan jawaban masalah pada lembar jawaban dan juga pada kertas plano untuk dipaparkan kepada peserta didik lain
Peserta didik menyampaikan hasil penyelesaian permasalahan dan memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi dan memberi pendapat terhadap
Presentasinya
Kegiatan 5 Menganalisa dan mengevaluasi proses    pemecahan masalah
Dengan dibimbing guru, peserta didik melakukan analisis proses  pembuatan proyek yang telah dilakukan.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses penyelidikan dan jawaban yang diperoleh dalam penyelesaian masalah.
Guru memberikan penguatan pemahaman materi untuk
peserta didik
Â
Kegiatan Penutup
Refleksi
- Guru bersama peserta didik baik secara individual   maupun kelompok         melakukan     refleksi     hasil
Pembelajaran
Guru meanyakan apakah pembelajaran yang telah berlangsung sudah sesuai yang diinginkan
Guru menanyakan kepada siswa apakah pemberian materi mudah dimengerti/ belum dimengerti
EvaluasiÂ
Guru melakukan asesmen sumatif melalui google form
https://forms.gle/ruqnB68Uij2PTRzJ6
 dengan memberikan soal yang terkait dengan definisi Konstitusi, tujuan Konstitusi, jenis Konstitusi, sejarah perubahan Konstitusi UUD NRI Tahun 1945
Penutup
Doa penutup
Diakhiri salam
Â
Pertamuan II
Â
 Â
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Mengawali
Pembelajaran
Peserta didik dan guru memulai pembelajaran dengan berdoa bersama
Guru menyapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran peserta didik
Peserta didik bersama dengan guru membahas tentang kesepakatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran
Asesmen Diagnostik
- Guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk mendapatkan gambaran awal kesiapan non kognitif peserta didik
(asesmen diagnostik non kognitif)
Guru memberikan pertanyaan pemantik kepada siswa
Kegiatan Inti
Kegiatan I
Stimulation (Stimulasi/ Pemberian rangsangan)
- Guru memotivasi peserta didik supaya peserta didik focus dalam menerima pelajaran
- guru menyampaikan materi sejarah amandemen, alur amandemen, dan fungsi amandemen
Kegiatan II Problem statement (Identifikasi/ pernyataan masalah)
Guru memberikan masalah pada LKPD Â kepada peserta didik, dan memberikan penjelasan umum tentang masalah-masalah yang terdapat pada LKPD
Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 5 kelompok
Guru menjelaskan cara kerja dalam kelompok belajar, yaitu membaca sumber belajar yang diperlukan secara individu (namun dalam situasi kerja kelompok), dilanjutkan dengan berdiskusi untuk menyelesaikan project dan menyiapkan laporan hasilnya
Assesmen formatif
Guru memberikan penialain formatif kepada peerta didik, dengan melihat sikap siswa selama preses menerima pembelajaran, dan penialain ketrampilan dalam meaparkan hasil laporan
Kegiatan III
Peserta didik melaksanakan strategi penyelidikan yang dipilih  dalam rangka menyelesaikan laporan
Peserta didik mengecek kesesuaian dan  kecukupan hasil penyelesaian proyek dengan tuntutan hasl laporan.
Kegiatan IV
Peserta didik merumuskan jawaban masalah pada lembar jawaban dan juga pada kertas plano untuk dipaparkan kepada peserta didik lain
Peserta didik menyampaikan hasil penyelesaian permasalahan dan memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi dan memberi pendapat terhadap
Presentasinya
Kegiatan Penutup
Refleksi
- Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun
kelompok melakukan refleksi hasil pembelajaran
Apakah saya sudah bisa beranjak ke materi berikutnya?
Berdasarkan asesmen dan pemetaan, rencana perbaikan apa yang akan saya
lakukan dalam pembelajaran berikutnya?
Evaluasi
- Â Guru melakukan asesmen sumatif melalui google form
   https://forms.gle/ruqnB68Uij2PTRzJ6
 dengan memberikan soal yang terkait dengan definisi Konstitusi, tujuan Konstitusi, jenis Konstitusi, sejarah perubahan Konstitusi UUD NRI Tahun 1945
Penuup
Doa penutup
Diakhiri salam
Asesmen
- Asesmen diagnostik
Asesmen diagnostik non kognitif
Asesmen diagnostik non kognitif dilakukan dengan cara tanya jawab dengan peserta didik. Beberapa informasi dan pertanyaan kunci yang ditanyakan sebagai berikut.
Asesmen diagnostik kognitif
- Tujuan pembelajaran yang dinilai
Pesera didik dapat melaksanakan penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa sekarang ini secara kritis dan kreatif
- Waktu pelaksanaan asesmen pada awal pembelajaran dimulai
- Teknik asesmen
Teknik asesmen yang digunakan: tes
- Instrumen asesmen
- Assesmen formatif
- Guru memberikan asssesmen formatif pada saat pembelajaran berlangsug, bisa diambil dari preses pelaksaan presentasi berlangsung
RUBRIK ASESMEN PRESENTASI HASIL DISKUSI KELOMPOK
INSTRUMEN PENILAIAN: PROSES DAN PRODUK
Penilaian ketrampilan Penilaian proses diskusiÂ
Pedoman penilaian
N
o
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Menjawab (berargumentasi)
Memberi masukan/saran
Mengapresiasi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Keterangan       : diisi dengan tanda cek (v)
Katerori penilaian : 4= sangat baik, 3=baik, 2=cukup, 1=kurang Nilai = Skor perolehan:16x100
Pedoman penskoran (rubrik)
No
Aspek
penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan Menjawab (berargumentasi)
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3
Memberi masukan/saran
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
4
Mengapresiasi
Skor 4, apabila selalu memberi pujian
Skor 3, apabila sering memberi pujian
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi pujian
Skor 1, apabila tidak pernah memberi pujian
Penilaian proyek
Pedoman penilaian
No
Nama Peserta Didik
pengelolaan
relevansi
keaslian
kreativitas
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Keterangan       : diisi dengan tanda cek (v)
Katerori penilaian  : 4= sangat baik, 3=baik, 2=cukup, 1=kurang Nilai = Skor perolehan:16x100
Pedoman penskoran (rubrik)
No
Aspek
penskoran
1
Pengelolaan
Ketentuan
mengelola waktu dengan baik mencari informasi dengan baik penulisan laporan denagn baik
Skor 4, apabila memuat tiga ketentuan
Skor 3, apabila memuat dua dari ketentuan
Skor 2, apabila memuat satu ketentuan
Skor 1, apabila tidak memuat ketentuan
2
Relevansi
Ketentuan
Kesesuaian dengan topik Akurasi
Kesesuaian dengan KD
Skor 4, apabila memuat tiga ketentuan
Skor 3, apabila memuat dua dari ketentuan
Skor 2, apabila memuat satu ketentuan
Skor 1, apabila tidak memuat ketentuan.
3
Keaslian
- Skor 4, apabila hasil karya siswa sendiri
- Skor 2, apabila hasil karya siswa dengan bantuan pihak lain
4
Kreativitas
Skor 4, apabila hasil karya belum pernah ada sebelumnya
Skor 3, apabila hasil karya merupakan modifikasi dari karya sebelumnya
Skor 2, apabila mencontoh hasil karya sebelumnya
- Assesmen sumatif
- Â Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah perta- nyaan berikut.
- Apa yang kalian ketahui tentang Konstitusi dan UUD NRI Tahun 1945?
- Â Sebutkan contoh-contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang ter- kait langsung dengan kehidupan sehari-hari!
- Apa yang akan kalian lakukan agar implementasi UUD NKRI Tahun 1945 dapat  sesuai dengan pandangan ideal peserta didik?
- Silahkan kalian menuliskan pendapat anda apakah kalian sudah mengimplementasikan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari
- Apakah dengan adanya amandemen berulang ulang memiliki pengaruh yang baik bagi kehidupan
- Kisi-kisi Assesmen sumatif
No
- Elemen
- Materi pokok
- Indikator soal
- Level kognitif
- Bentuk soal
- 1
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
- Pengenalan Konstitusi dalam Pengalaman Hidup Sehari-hari
- Menganalisa Konstitusi dan undang undang dasar
- C3
- essay
- 2
- Menganalisa implementasi pasal pasal dalam kehidupan sehari hari
- C4
- essay
- 3
- Menegaskan implementasi UUD dengan peserta didik
- C3
- essay
- 4
- Mengkaitkan UUD 1945 dengan kehidupan sehari-hari
- C3
- essay
- 5
- Menganalisa manfaat adanya amandemen
- C4
- essay
     Â
Mengetahui                                        Pati,  Juni 20
Kepala SMK Manhaijul Huda                        Penyusun
Drs. H. Masrukan                                   Endang Winarsih,S.Pd